Scrapman On The Blog

Antasari Terancam Langgar Kode Etik

Posted in Peristiwa by scrapman on Mei 21, 2009

Dalam berita lainnya, Jawapos menyebutkan, posisi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Antasari Azhar semakin terjepit. Sekalipun bisa lolos dari kasus pembunuhan berencana terhadap Nasrudin Zulkarnain, hukuman lain masih menantinya. Itu terkait dugaan pelanggaran kode etik KPK yang dilakukan Antasari.

Peneliti hukum Indonesian Corruption Watch (ICW) Febri Diansyah mengungkapkan, Antasari diindikasikan melanggar pasal 36 UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Dalam pasal itu disebutkan, pimpinan KPK dilarang bertemu dengan tersangka kasus korupsi atau pihak lain yang terkait yang bisa memunculkan konflik kepentingan.

Febri mengatakan, banyak sinyalemen yang menunjukkan Antasari melanggar kode etik. Ia lantas menyebutkan, Antasari yang mengaku bertemu dengan Nasrudin dalam kasus korupsi di PT Rajawali Nusantara Indonesia yang disebut sebagai pelapor. Kemudian, informasi pertemuan Antasari dengan seorang pengusaha di Batam. Ancaman hukuman untuk Antasari karena pelanggaran kode etik adalah lima tahun penjara berdasar pasal 65 UU KPK.

Anggota badan pekerja ICW itu mengapresiasi langkah KPK yang membentuk komite etik yang bakal menyidangkan dugaan pelanggaran etik Antasari. Namun, dia meminta proses tersebut tidak memakan waktu lama. Secara terpisah, Wakil Ketua KPK Bibit Samad Riyanto mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil kerja deputi pengawasan internal yang menggali informasi dugaan pelanggaran etik Antasari. Menurutnya, komite etik itu menungu hasil laporan PI (pengawasan internal).

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. pimpii said, on Mei 21, 2009 at 8:54 am

    satu lagi, Melanggar Kode Etik KPK karena Antasari ternyata main golf bersama pihak lain — yang ditabukan bagi ketua KPK

    http://dreamindonesia.wordpress.com/2009/05/14/duniasini-olah-raga-golf-dilarang-di-indonesia/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: