Scrapman On The Blog

Ramalan Nostradamus yang Termasyur di Sepanjang Zaman

Posted in Ghotic by scrapman on November 20, 2006

Tak peduli bagaimana orang-orang membicarakan Nostradamus dan astrologi, buku ramalannya telah dicetak ulang selama lebih dari 400 tahun. Ini mungkin terasa mengejutkan, tetapi kata “Nostradamus” adalah salah satu nama yang paling dicari di Internet, bahkan lebih populer dibanding Osama Bin Laden atau Madonna. Apa yang ingin diketahui orang-orang di abad 21 tentang Nostradamus dan ramalannya?

Peneliti Sejarah, ahli yang paling terkemuka dalam karya Michel de Nostredame di Rusia, Alexey Penzensky, mengatakan bahwa selama lebih dari 400 tahun penelitian resmi tidak menunjukkan perhatian apa pun terhadap karya-karya Nostradamus. Nostradamus tenggelam dalam sejarah hanya sebagai seorang peramal. Kita mengetahui sedikit tentang ramalan Leonardo da Vinci tetapi mengetahui dengan sempurna dan baik tentang pengobatannya, kebudayaan dan prestasi-prestasi teknik mesin dan rancang-bangun; bagi Nostradamus, ia dikenal hanya dalam hubungan dengan kebatinan.

Paranormal amatir dengan seketika menyadari bahwa mereka mempunyai kesempatan yang sangat bagus untuk menganggap apa yang mereka inginkan dari setiap pernyataan Nostradamus. Pada akhir abad yang ke-16, ada upaya untuk menggunakan pernyataan Nostradamus demi tujuan politik. Tergantung atas kepentingan politik, sebagian orang sering menafsirkan beberapa ramalan seperti yang telah dibuat oleh Nostradamus.

Alexey Penzensky mengatakan bahwa sebagai tambahan terhadap ramalan Nostradamus juga telah disusun syair-syair, tetapi orang-orang menemukan syair-syair itu aneh karena gaya telegraf yang tidak biasa dari Nostradamus. Itu hanyalah pada abad-abad yang lalu dimana syair-syairnya mendapat penghargaan atas tren baru dalam literatur yang muncul pada masa itu.

Guillaume pollinaire, salah satu penyair terbesar Perancis abad ke-20 menyebut Nostradamus sebagai penyair agung. Akhirnya, ahli bahasa dan sejarawan menyadari bahwa ramalan-ramalan Nostradamus adalah sebuah karya besar sepanjang jaman. Tak peduli bagaimana orang-orang membicarakan Nostradamus dan astrologi, buku ramalannya telah dicetak ulang selama lebih dari 400 tahun yang mana memberikan banyak inspirasi kepada kita.

Para peneliti telah berusaha melakukan studi ilmiah terhadap hasil karya Nostradamus sejak dahulu, bahkan sebelum Revolusi Perancis. Baru-baru ini, para peneliti yang mempelajari karya-karya Nostradamus menemukan beberapa penerbitan tanpa nama pada sebuah majalah Perancis dimana ramalan-ramalan Nostradamus ditelaah dalam konteks jaman dan kebudayaan dimana ramalan-ramalan tersebut dibuat dengan tidak berhubungan dengan masa depan.

Apakah maksud utama dari ramalan-ramalan Nostradamus? Banyak peneliti telah mengambil suatu kesimpulan bahwa Nostradamus ingin menekankan bahwa sejarah berulang.

Hanya sedikit karya ilmiah mengenai Nostradamus. James Randi dengan The Mask of Nostradamus: The Prophecies of the World’s Most Famous Seer (Ramalan-ramalan dari Peramal Paling Terkenal Dunia) adalah salah satunya tetapi buku tersebut tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia (juga bahasa Indonesia– red). Randi menyatakan bahwa Michel Nostradamus adalah seorang dukun atau orang gila dan tidak mempercayai dirinya sendiri terhadap apa yang dilakukannya. Bagaimanapun juga, tulisan-tulisan yang ditinggalkan oleh Nostradamus setelah kematiannya menunjukkan dia tidaklah gila sama sekali.

Ketika Uni Soviet runtuh pada awal tahun 1990, media Soviet melaporkan bahwa menurut dugaan, Nostradamus telah meramalkan bahwa Uni Soviet akan berakhir setelah 73 tahun 7 bulan. Tentu saja, dalam sebuah pesan kepada King Henry II, Nostradamus meramalkan muncul Anti-Kristus di suatu hari dekat dengan tanggal gerhana 12 Oktober 1605. Dan Nostradamus bukan satu-satunya orang yang meramalkan adanya anti-Kristus pada periode itu.

Dalam karyanya, Nostradamus tidak memakai permainan huruf dan kata-kata atau nama-nama rahasia. Sering terjadi ketika seorang tukang penyusun huruf merancukan nama-nama perkotaan kecil dan desa. Yang mengejutkan adalah Nostradamus tidak menyebutkan misalnya tempat-tempat seperti Novgorod, Berlin, Warsawa atau Krakow pada saat ketika orang-orang sudah mengetahui tempat-tempat itu. Tetapi peramal menyebutkan banyak perkotaan kecil dimana sangat sulit untuk ditemukan pada peta-peta detail sekarang ini.

Nostradamus mempunyai sebuah perpustakaan terdiri dari sekitar 50 jilid buku atau lebih yang mana tidak khas bagi orang-orang yang bukan berasal dari bangsawan. Ia mempunyai suatu buku petunjuk yang menyebutkan perkotaan-perkotaan kecil di Perancis. Sayangnya, banyak komentator tidak berhasil menemukan nama-nama yang disebutkan di dalam karya-karya Nostradamus adalah nama-nama asli dari kota-kota di Perancis.

Untuk beberapa alasan, dunia tahu sedikit tentang nabi biarawan Rusia Avel yang memprediksikan penggulingan keluarga Kerajaan Romanovs lebih dari satu abad sebelum terjadian nyata. Alexey Penzensky mengatakan bahwa ramalan-ramalan tentang legenda Avel tidak ditulis selama masa hidupnya sehingga mereka tidak dapat mempelajari secara ilmiah. Sangat banyak ramalan-ramalan legenda di Barat. Adalah penting bahwa ramalan-ramalan Nostradamus dipublikasikan pada tahun 1555. Pada waktu yang sama, banyak ramalan-ramalan yang dipublikasikan telah dilupakan di Barat. Penata tulisan Nostradamus membuat karya Nostradamus menjadi sangat populer.

18 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. toto said, on Juni 4, 2007 at 1:51 am

    yang saya perhatikan orang indonesia terlalau memperhatikan ramalan orang luar yang dipercaya dan dicari setelah orang tsb wafat. sedangkan banyak di Indonesia orang seperti dia tapi sayang tidak di ketahui orang banyak. Dan disayangkan pula banyak orang mengaku seperti itu. baiknya kita berfigur pada orang yang masih hidup karena kebenaranya bisa kita lihat sendiri. bukan fiktif dan tidak difiktifkan.

  2. Mai said, on November 23, 2007 at 12:13 pm

    Kita terlalu mudah percaya dengan ramalan, padahal itu hanya buatan manusia. Kalo percaya tuhan kita punya iman, sgala sesuatu yang akan terjadi sudah direnanaknNYA.. Tinggal tunggu waktu pasti terjadi. Ramalan itu bisikan setan,krn manusia tdk ada yg tahu apa yang akan terjadi,krn itu mrpkn rahasia illahi

  3. datuk yo said, on Desember 2, 2007 at 3:44 pm

    beraattttttttttttttttttttttttttttttttttttt

  4. ..Shaka.. said, on Februari 14, 2008 at 12:15 pm

    Allah.. Adam.. Alam.. adalah 3 manifestasi kehidupan, yang semuanya bersumber dari yang Satu!
    Lahir.. Tumbuh.. Mati.. adalah kecerdasan alam yang berasal dari yang Satu!
    Kita semua yang hidup adalah pemenang dari sodara2 kita, kita masih berjuang mancari ovum. Dan Tuhan juga sudah mengizinkan kita hidup sampai saat ini.
    Jadi kenapa kita mesti ragu untuk menghadapi hidup ini, meskipun terkadang terdapat ramalan2 yang benar terjadi, itu hanya sebagai petunjuk kepada Tuhan ternyata Dia Maha lebih Cerdas dari kita!
    sudah sepantasnya kita hanya menyembah Dia, dan itu tidak hanya dilakukan melalui seringnya kita beribadah a/ seringnya kita berdoa.. tetapi semua akan lebih sempurna jika kita dapat melakukan kebaikan tanpa memlakukan kerusakan..
    Tersenyum di pagi hari, ketika kita menjumpai orang dimanapun. Berkata baik ketika berbicara, dan tidak terlalu sombong untuk menghadapi hari ini.. karena kemarin itu adalah kenyataan, dan besok masih mimpi.
    Tuhan adalah sentral dari segalanya, jadi kenapa kita harus lari dari dia.. Bukankah apa pun yang kita minta Tuhan akan mengabuli permintaan kita! Hanya Dia Dzat yang paling bercahaya untuk selamanya.. Amien..

  5. Panjul said, on Mei 7, 2008 at 9:54 am

    Ramalan yang jelas itu ramalane mbah bejo, bunyinya gene:
    ” Le, ( sebutan buat anak laki-laki kecil ), mbesok yen kowe wis gedhe, bakal menangi ono wong wadon susune enem. Lan ono jaman, ono wong golek banyu sangu banyu”
    artinya jaman ini sekarang: adanya perselingkuhan dan penyuapan merajalela

  6. Dayak said, on Mei 21, 2008 at 2:28 pm

    Aduh gue ngeri euy, tapi gue sangat percaya sama yang maha kuasa dari segalanya yang bakal terjadi di dunia ini, jadi gue enjoy aja menghadapi segala sesuatu yang bakal terjadi, karena gue hamba Allah dan cinta Rosulullah yang mana sampai akhir jaman pun ga ada orang yang lebih tahu dari pada Nya. Hanya dia lah yang maha tahu segalanya yang bakal terjadi dikemudian hari….
    catatan : Di ingat selamanya bahwa tidak akan ada lagi manusia yang menyamai Nabi Muhamammad apalagi melampauinya……(yang ga tahu silahkan baca mukzizat-mukzizat beliau jadi tidak ada sedikitnya pun apalagi hanya sekedar seorang mustradamus)

  7. daru said, on Mei 30, 2008 at 4:19 am

    meramal pada hakekatnya adalah upaya manusia…semua jenis ramalan selalu didasarkan pada tanda-tanda…dan tanda-tanda ini harus dibaca agar tahu maknanya…dan kita semu tahu yang diajarkan pertama kali oleh Allah SWT adalah Iqra! Bacalah! Trus apa yang dibaca? ya semua yang ada di dunia ini…kitab besar dan kitab kecil…alam dan sesisinya…termasuk bintang-bintang…dari sisi ilmiah…setiap benda mengandung energi..dan setiap pergerakan materi selalu ada sinergi…maka mustahil kalau dalam pergerakan benda-benda angkasa yang sedemikian besar energinya tidak mempengaruhi ruang disekelilingnya…termasuk manusia…gambaran mudahnya..disaat kita berada di ruangan yang panas..maka kita akan cepat marah…ada kaitan logis antara materi dan psikis..bisa dibayangkan saat Planet Mars atau Jupiter melintas/konjungsi dengan bumi..pasti ada pengaruh perubahan medan magnet di bumi..yang akan secara sistematik mempengaruhi alam pikiran dan psikis manusia di bumi…itu hanya contoh…memang tidak semua mampu membaca tanda-tanda Ilahi…semua ada tingkatan-tingkatannya…Oleh karenanya..meramal bukanlah sesuatu yang di larang…tapi apa hasil ramalan itu merupakan tingkat kemampuan membaca sang peramal…

  8. mBah Bejo said, on Juni 23, 2008 at 3:30 am

    nich ramalan negeri Indonesia ….
    le sesuk ono akeh haji ndolilak … ndase gundul peline galak ! artinya haji berkepala gundul/polos penisnya galak (tukang kawin) cruuut !!! tukang korup and tukang pengumpul harta haram

  9. etnan said, on Juli 15, 2008 at 6:25 am

    nambahin… yang aku lihat …kita memang harus belajar sejarah juga tapi pilih yang baik dan bermutu…
    menurut aku RAMALAN buat kita lebih waspada aja… akan zaman ini
    aku lebih suka kata kata nubuatan / sesuatu yang harus terjadi dan akan terjadi…
    di bible yang beneran yang pake bahasa apa aja… ditulis..
    tanda tanda AKHIR ZAMAN akan ada=
    1.orang akan LEBIH CINTA HARTA(anak bunuh ortunya sendiri hanya karna unga 1000RP,
    2.TIDAK PEDULI AKAN AGAMA(di kota kota besar lihat aja ibadahnya di klup malam,discotik dll),
    3. PERMUSUHAN/bangsa akan bangkit melawan bangsa,suku bangkit melawan suku (lihat yang pernah terjadi di negara kita aja dayak vs madura ,timur-timur vs INDONESIA, dll),
    4. MATA UANG AKAN DISATUKAN(lihat yang satu ini…ALKITAB ditulis uda lama banget tapi lihat mata uang eropa sekarang sudah DISATUKAN,kita tunggu ASIA udah ada rencana,hala yang sulit dibayangkan tapi tergenapi),
    5. bangsa pilihan ALLAH ISrael
    (orang ISLAM & KRISTIANI pun tahu seharusnya sejak dari ZAMAN NABI MUSA) bangsa ini bangsa yang kecil di dalam peta Dunia… cek sejarah tahun 1816 bangsa ini menghilang tapi lagi lagi ditulis dalam Bible Bangsa ini akan disatukan… cek lagi dalam sejarah tahun berapa PEta dunia memunculkan lagi Bangsa ini sampe sekarang ribut terus ama tetangga tetangganya…tapi ingat lagi… bangsa ini tetap bangsa pilihan ALLAH sampe sekarang barang siapa mengutuk bangsa ini kutuk itu akan kembali terbukti… negara negara yang mengutuk bangsa ini termasuk bangsa kita kena dampaknya waktu mau bekerja sama dangan bangsa ini tapi di tentang keras.ya lihat krismon,lumpur lapindo,masalah terus bertubi tubi.. menghantap negara ini.ALLAH benci Dosa tapi DIA SUDAH BERFIRMAN dan menubuatkan DUNIA akan berpusat pandangn ke timur tengah…
    kenapa AMERIKA seakan akan bantuin Israel … karna bangsa amerika tahu ISRAEL bangsa pilihan ALLAH sejak dulu…

    mistery BUMI INI/miteri ILLAHI

    WASALAM/SHALLOM…

    • Julia Billiart said, on April 25, 2011 at 11:19 am

      setuju!!!

  10. Primbon said, on September 17, 2008 at 12:30 am

    gak percaya gak percaya, pokoknya aku gak akan perah percaya dengan ramalan apapun alasanya. tetaplah bertakwa kepada tuhan yang maha esa agar kita selamat dunia ahirat, amiiin

  11. anta said, on September 21, 2008 at 2:19 pm

    Aku orang yang percaya dengan tuhan, dan aku mengerti TUHAN gak mau untuk dinomor2kan, tapi sebagai orang beriman kita juga harus tau mengapa ada orang yang meramalkan sesuatu, itu karena tingkat pemahaman tentang iman mereka tinggi.
    Tiap orang boleh percaya dan tidak, begitu juga dengan kejadian dari hasil ramalan itu, bisa benar dan tidak, sejauh ini aku merasa ramalan dari para peramal sudah terjadi sama seperti yang diramalkan.
    Sebagai seorang beriman kita haruslah mengerti mengapa TUHAN mengutus seseorang untuk memberitahukan tanda-tanda itu agar kita lebih siap menghadapi akhir zaman, maupun dunia akhirat.
    Walaupun kita percaya dengan ramalan itu, kita lebih baik untuk mendekatkan diri dengan TUHAN YME, agar mendapat tempat disisinya kalaupun ramalan yang buruk sekalipun terjadi di dunia/planet bumi ini.

  12. St.Evan said, on Oktober 11, 2008 at 7:10 am

    belum ada yang sepenuhnya benar di dunia ini, orang terdahulu hingga kini hanya mempelajari sebuah kesalahan yang dapat mengubah hakikat manusia sepenuhnya, bukalah mata kalian karena dunia takkan seperti ini selamanya.

    mulai dari sekarang.

  13. opa tyan said, on Maret 7, 2009 at 9:31 am

    ra percaya ramalan.

  14. arfree said, on April 25, 2009 at 4:35 am

    mangkanya bang,,, kl yg muslim baca dong al qur’an, yg nasrani baca dong alkitab…. banyak penjelasan baik implisit maupun eksplisit tentang masa depan manusia dan alam semesta… nostradamus sih kecillll,,,, bukti terjelas adalah : DIA MATI sama seperti manusia lainnya…. jd gak usah diambil pusing..

  15. david said, on September 23, 2009 at 6:22 pm

    Ramalan Nostradamus itu kita tdk boleh percaya..Tp kita harus tw bahwa ada org yg diberi anugerah utk mendapatkan penglihatan itu..Di ajaran nasrani memang hampir sma dgn yg dikatakan nostradamus..Ada 7 sangkakala atu terompet yg dibunyikan oleh malaikat..sekarang sudah dibunyikan yg pertama..Buktinya tampak Bencana alam dimana2,kekacauan dan peperangan..Tp ingat itu baru permulaan dari penderitaan..Jadi kita jgn menanti2 kedatangan hari Tuhan,,karena di jaman itu terjadi suatu penderitaan diatas bumi yg sangat besar yg mana belum pernah terjadi diatas bumi..OLeh krn itu kita harus tetap tekun berdoa dan melakukan apa yg Tuhan inginkan..Jgn buat Sang Khalik itu murka atas kelakuan kita..Salam sejahtera buat saudara2 sekalian

  16. Samyer said, on November 23, 2009 at 5:37 pm

    Aq mendengar.Aq melihat.Aq mengerti.Aq fahami.Aq renungkan.Aq lakukan.Karena aq percaya dan aq pny kekuatan untuk bisa melihat dan mengerti apa yg aq lihat….Jika ada orang yg gak percaya ama ramalan.Bukan salah dia.Karena dia tidak cukup akal.Nalar dan kekuatan untuk memahaminya.Butuh sesuatu yg lebih untuk memahami hal yg bukan semestinya

    • aris said, on April 3, 2010 at 2:24 pm

      SOK TAU SOK NGERTI SOK PAHAM KAPAN KAMU MATI TAUKAH ? NGEDABRUS


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: