Scrapman On The Blog

TERNYATA JADWALPUN BELUM CUKUP

Posted in Fresh by scrapman on Mei 3, 2006

Pertamanya adalah sebuah tawar menawar diruang kafe disuatu siang, kemudian ada kesepakatan dan ahkirnya dimulailah masalah itu.

Aku sedang berbicara tentang kerja dan proses mencari uang. Tanpa sadar kesibukan pesanan design, website, pemasangan jaring yang dulu kuanggap main-main aja sekarang butuh yang namanya penjadwalan. Keharusan karena waktuku menjadi berkurang secara drastis hanya mengurusi itu semua. Seluruh order yang ditawarkan kuterima dan sekarang aku yang sulit membagi waktunya. Disana-sini dicaci jika tak tepat waktu karena bagaimanapun aku sudah terikat pada satu kesepakatan, ada Dpnya lagi. Inilah yang menuntut aku membuat Jadwal.

Ternyata Jadwalpun belum cukup. Semua butuh keteraturan, profesionalisme, kejujuran sampai kecurang, investasi, pengembangan usaha dan aku baru sadar aku tel;ah masuk sebuah pernagkap dari sistem yang mematikan itu, kapitalisme.

Untuk menyatakan stop secara langsung aku tak akan bisa, ini menyangkut hajat hidup perusahaan orang. Tapi untuk meneruskan, ahh aku tak mau menjadi mesin pencari uang.

Dan hasilnya sudah bisa ditebak, karena aku setengah-setengah yang terjadi justru sesuatu yang gawat. Aku dicap tak konsisten, tak bertanggung jawab dan segala macmnya. Ia benar aku memang salah dan aku tak akan mengulangi lagi kesalah ini, bekerja dengan sistem paksaan seperti ini. Aku hanya butuh uang kalian untuk makan dan beli buku. Tapi kalau semua itu harus ditukan dengan kebebasanku untuk hidup… akan aku koreksi ulang tindakanku itu……… memang dilematis.

Mungkin untuk beberapa waktu aku harus menyelesaikan semuanya. Dan kemudian jika suatu saat ditawari Order lagi aku akan bilang, berapa kamu membayarku? Dan tak semua Orderan akan kuterima. Biarlah aku miskin daripada diperbudak oleh sesuatu yang yang aku benci „ Uang“

Tinggalkan Balasan

