Scrapman On The Blog

Kebiadaban Agama dan Ideologi

Posted in Fresh by scrapman on Mei 3, 2006

Kebiadaban Agama dan Ideologi

Ada dua “institusi” yang selalu berdebat dan mengklaim sebagai pemilik kebenaran, agama dan ideologi. Tapi agama tak pernah tunggal, ia sangat banyak dan semakin hari terasa makin banyak jumlahnya. Ideologi dengan segala macam derivasinya mengalami nasib sama, meledak berkeping-keping. Tak ada yang tahu persis berapa jumlah agama dan aliran ideologi sekarang.

Ledakan besar agama dan aliran ideologi itu, tak selamanya dikarenakan faktor eksternal, bahkan lebih banyak terkoyak karena pengikutnya sendiri. Kemudian kita tahu “pemilik kebenaran” itu kini sedang belajar mempertanyakan dirinya. Agama dilahirkan untuk membagi dunia menjadi dua kategori; benar dan salah, hitam dan putih. Ideologi, walapun sedikit malu-malu memaksakan diri mengkategorikan dunia sesuai dengan basis pemikirannya. Polarisasi tak terhindarkan, akhirnya benturan tak terelakan.

Ini terjadi tidak saja agama vs ideologi, tapi agama vs agama lain, ideologi vs ideologi lain. Tak terhitung jumlah korban yang diakibatkan oleh pertikaian tersebut. Bahkan bebarapa bukti menunjukan bahwa kedua aktor yang berebut kebenaran itulah biang keladi tragedi pembantaian manusia dalam sejarah. Sungguh ironis, agama menjanjikan perdamaian, kesejahteraan manusia tapi justru bidan kebiadaban. Ideologi yang konon ingin memanusiakan manusia, penjaga manusia tapi juga sekaligus penjagal manusia.

Nampaknya tak banyak yang bisa diharapkan dari kedua institusi ini. Setiap ideologi atau agama yang berhasrat “menyelamatkan” seluruh manusia wajib dicurigai. Disana pasti ada kerangka bahkan paket yang sudah siap dipakai, segala sesuatu seperti nampak jelas dan dapat dijelaskan dalam sekali click. Kemudian yang terjadi adalah doktrinasi, ideologisasi sekaligus rencana-rencana besar yang memang pada umumnya sudah built-in didalamnya.

Saya berkesimpulan, jika ingin mendidik seseorang menjadi pembunuh, suruh dia belajar agama dan ideologi., kalau perlu diluar negeri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: