Scrapman On The Blog

Bebas

Posted in Fresh by scrapman on Mei 3, 2006

Bebas, aku tak mengerti arti bebas sekarang. Banyak buku membahas arti bebas, kebebasan atau kata yang paling tidak jelas artinya itu Demokrasi. Semakin banyak membaca tentang itu aku semakin tak mengerti artinya, terutama setelah kulihat dunia tempat mataku bisa melihat secara langsung; jalan, mall, alun-alun, masjid. Semua menentang kebebasan, atau jangan jangan aku salah menafsirkan?

Aku sendiri memaknai kebebasan dengan caraku sendiri, bebas memilih pakaian, bebas keluar malam, bebas berteriak, menyanyi, naik gunung dan lainnya. Tanpa kusadari kebebasan yang kudefinisikan itu adalah keseragaman, mungkin penyeragaman. Ironisnya itu kuketahui baru-baru ini setelah aku menggelandang di sudut-sudut kota Jakarta.

Betapa tidak, tas pinggang, kaos oblong hitam Ghotic, celana robek, sepatu panjang, semua assesoris yang kukenakan dikenakan mereka. Kalaupun ada yang mengenakan style lain pasti diikuti oleh rombongan yang punya kemiripan nyaris seragam. Lihat cewe-cewe itu, rambut, celana, bau parfhum semuanya… gilaa nyaris sama. Apa yang menyebabkan semua ini?

Ada rombongan yang berjenggot dengan celana terangakat keatas sedikit, baju safari, karyawan, dari berbagai perusaan, cat gedung, caffe. bentuk bangunan, mobil, angkot, semua punya seragam masing-masing.

Ketika pulang kuliah naik KRL, keseragaman itu kulihat lagi. Disana di perumahan yang pintunya terbuka sehingga TV-TV mereka terlihat, menonton sinetron yang sama, antena diatasnya menghadap arah yang sama. Indah sekali, seperti toko elektronik yang menampangkan TV-TV dengan gambar yang sama.

Sepertinya memang kebebasan itu semacam pilihan ganda, disana tetap ada keseragaman, pilihan-pilihan bahkan tidak memilih sekalipun. Aku sih bukan apa-apa, hanya mulai berpikir sulit sekali sih tampil beda! Tapi bagaimana jika semua orang ingin tampil beda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: