Scrapman On The Blog

Ditemukan! Ular 100 Kaki di Kalimantan

Posted in Fuck Of by scrapman on Maret 6, 2009

Beberapa hari ini di Internet, berhembus kabar menyegarkan…eh, maksudnya menegangkan tentang foto ular gede yang diambil dari udara di Kalimantan Utara (Serawak). Kalo mau liat foto ular itu, klik aja disini cuy. Karena penasaran maka gw langsung men-googling aja tadi pagi, berharap ada berita yang lebih tajam dan dalam tentang kejadian itu. Tapi, apa hendak dikata…nasi telah menjadi dubur bubur, kayaknya isi beritanya sama semua. Males gw. Baik di jurnal, surat kabar online, forum maupun blog-blog beritanya kurang lebih bunyinya sama. Payah!! Kira-kira beginilah kutipannya:

Heboh! Gambar Ular Sepanjang 100 Kaki di Kalimantan Penduduk desa yang tinggal di sepanjang sungai Baleh di Borneo (Kalimantan) merasa yakin bahwa makhluk mitos yang disebut Nabau berkepala naga dan memiliki tujuh lubang hidung dengan panjang 100 kaki telah kembali ke sungai tersebut. Mengutip Daily Mail, Kamis (19/2) ketakutan warga akan hal itu berdasarkan sejumlah foto yang menampilkan keberadaan ular raksasa yang tengah berenang di sepanjang aliran sungai. Foto-foto tersebut diabadikan oleh seorang anggota tim monitoring bencana banjir saat berada di sebuah helikopter. Keaslian akan foto-foto tersebut telah menjadi perdebatan yang hangat. Bahkan surat kabar di Kuala Lumpur, New Straits Times meminta para pembaca agar memutuskan sendiri keaslian foto-foto tersebut. Saat ditunjukkan foto-foto itu, sejumlah warga desa mengklaim pernah melihatnya dan kata mereka itu adalah monster Nabau, seekor monster laut purba yang menurut kepercayaan mereka berubah wujud menjadi berbagai jenis hewan. Orang yang dimintai tanggapannya menepis dugaan bahwa ular itu adalah sebatang balok kayu. “Balok kayu tidak akan bisa meliuk seperti itu, ” ujar seorang warga. Sementara itu, ada yang beranggapan foto-foto tersebut adalah hasil rekayasa komputer. Yang lainnya menilai itu adalah sisi dalam sungai Baleh yang bewarna cokelat keruh. Apapun tanggapan mereka, penduduk desa merasa yakin bahwa benda yang ada di dalam foto itu meliuk mengikuti aliran sungai. Sebelumnya di awal tahun ini, para ilmuwan telah menemukan fosil seekor ular besar yang mampu menelan bus (Baca Fenomena Harian Global Edisi Sabtu 14/2) dan blog saya temuan fosil ular raksasa. Monster sepanjang 45 kaki yang diberinama Titanoboa itu sangat besar dengan berat 1,25 ton di hutan tropis Amerika Selatan 60 juta tahun silam, persisnya 5 juta tahun pasca punahnya dinosaurus.

Yah, sebagai orang Kalimantan (Borneo) asli gw akan menelaah benar nggak sih ada Ular sebesar itu!! Menurut cerita-cerita yang beredar di daerah gw sih ular-ular sebesar itu memang benar-benar ada cuy. Tapi, benar-benar langka dan tempat menemukannya pun biasanya jauh di pedalaman hutan belantara. Ini antara lain ceritanya:

  • Teman gw pernah cerita kalo kakeknya dan teman-teman kakeknya semasa mudanya dulu menelusuri hutan perawan di perbatasan antara RI dan Malaysia di utara Kalimantan. Karena capek, mereka pun beristirahat sambil duduk-duduk di atas sebuah pohon yang tumbang melintang di tengah hutan. Ada seorang diantara mereka yang iseng-iseng mengayunkan parang (pisau gede) di pohon yang tumbang itu. Eh, pohon itu ngeluarin darah. Parah!! Nggak tahunya pohon tumbang itu ternyata adalah ular gede yang lagi baring-baring. Tanpa tendeng aling, ular itupun akhirnya dibantai. Nyamiiii…wkwkwkw
  • Pernah juga ada beberapa saksi mata yang ngeliat seekor Ular yang besar menyebrangi aliran sungai Kapuas di Sanggau, salah satu kabupaten di Kalimantan Barat. Panjang ular itu mencapai sepanjang bentangan sungai Kapuas. Wuih….
  • Di dekat rumah gw di Kalimantan Barat ada tuh tetangga yang pernah ngeliat Ular Tadung (Sanca/Cobra) yang gedhe banget. Tetangga gw itu sampe pingsan ngeliatnya.

Nah, begitulah kira-kira cerita-cerita tentang ular besar yang gw tau. Sekedar untuk meluruskan, sebenarnya arti kata Nabau (Nabo) menurut kepercayaan orang-orang Dayak adalah seekor Ular yang telah mencapai ukuran yang terbilang besar (biasanya diukur dengan sepelukan orang dewasa) dan dikeramatkan kehadirannya. “Keramat” dalam artian ini bukan berarti seperti Basilisk dalam legenda Yunani Kuno yang bisa membunuh mahluk hidup bila melihat matanya, namun lebih pada frekuensi kehadirannya yang terbilang sangat langka dilihat oleh masyarakat.

sumber: http://engeldvh.wordpress.com/2009/02/23/ular-100-kaki-di-kalimantan-biasa

About these ads

27 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Hejis said, on Maret 8, 2009 at 8:14 am

    Maaf, saya belum yakin terhadap foto ular itu. Foto binatang raksasa di danau Lochness aja dipalsukan. Padahal saat itu belum ada teknologi canggih spt skrg. Kayaknya ngramput aja ya itu foto.. .wkwkwkwk.

    Salam hangat, salam kenal. Blog yang bagus!

  2. antonysyahputra said, on Maret 8, 2009 at 12:34 pm

    lagi photonya di udara,.. coba photo pakai sedotan pasti ga panjang 100 kaki ,. heheheh.

    • suazo said, on Juni 11, 2010 at 1:41 pm

      ah itu cuma bo’onga mana ada ular kaya bijiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  3. ibaldoang said, on Maret 11, 2009 at 9:27 am

    wah gawat juga tuh kalo bener2 ada…tapi gue tetep ja percaya gak percaya….masalahnya orang-orang pedalaman sangat mempercai yang namanya mitos dan segala macam cerita dari orang tua….he…he…he

  4. sibolish said, on Maret 29, 2009 at 6:16 am

    Gw tinggal di kalimantan & kalo liat sungai & hutannya perasaan itu bukan di Kalimantan.
    Lebih keliatan kayak di Amazon.

    Jangan dilebih2in lah… kasihan orang luar lebih takut lagi mau datang ke Kalimantan…

    next apa lagi?? orang dayak makan orang???

  5. HANK said, on Maret 30, 2009 at 1:18 am

    koplak kabehhhh…wkkk…ga ada edukasinya…tapi cukup menarik perhatian…wkkk..jangan2 ntar ada monyet raksasa lagi..tapi yg foto siapa ya???wkk

  6. dodod said, on April 3, 2009 at 6:52 am

    fake…fake..fake..kutukupreet…

  7. nyeza said, on April 12, 2009 at 4:48 am

    wah…wah….
    koq pda ribut sih…
    aku cuma mu beri saran jha…
    klo kalian ga prcya,,,,dtangin jha sungai tu…
    kalian buktikan ndiri,bnar apa gak tu foto…
    bres khan…..

  8. BimA said, on April 14, 2009 at 9:38 am

    aneh baa………tapi asik yang gitu2…wkakakaka

  9. muna said, on April 23, 2009 at 2:55 am

    wauoh,,,,,,,,,,, hebat bangeeeeeeeet
    tapi fotonya kurang jelas.

  10. Abbas akup said, on April 26, 2009 at 3:39 am

    Yah.. Percaya g percaya..??! Tp bkin penasaran.. Coba klu ularnya sambil nelan gajah..mgkn fotonya keren juga..wkakakakak!!

  11. ika said, on Mei 9, 2009 at 3:42 pm

    wkwkwkwkwwk…
    lucu juga, ya percaya ga percaya jg cie
    tp siapa tw emg benar2 ada ular besar kayak gtu di sungai kalimantan,kan banyak cerita2 dr org tua dulu yang ngeliat ada ular besar. ga mungkin ada asap kalau ga ada api kan???
    masalah foto yg katanya diambil dari hellikopter itu aq terus terang az ga percaya, kan bisa az di manipulasi. sekarang kan teknologi udh canggih bgt.

  12. Teguh HS said, on Juni 1, 2009 at 1:08 pm

    Wah…!kalo aq sich percaya gk percaya.Coba serahin ama ahli Telematika,Geografi dan para Ilmuwan.Ni Berita yg bener2 seru Pren,Saya jg pernah liat Ular Sepanjang 45 meter,saya sempat ketakutan N nyaris pinksan Bro,Dan Setelah aku sadar dari pingsan,betapa kagetnya aq bro,TERNYATA SEMUA Itu hanya mimpi.!he…he…he…!Kacian dech Lo.wakakak.!Kabuuur!

  13. diahkurniadewisubroto said, on Juni 22, 2009 at 6:42 pm

    yang kagak percaya ya nggak apa2, yang percaya juga nggak apa2. Lah Tuhan itukan menciptakan makhluk dengan berbagai ukuran. ular raksasa itu bukan hanya ada di film fiksi saja. pada saat saya berada dimaluku utara tepatnya di daerah pedalaman ibu, dimana disana hutannya masih sangat heterogen. waktu itu kami berkendaraan truk dan melintasi jalan yang menghubungkan kampung jailolo – akelamo – akediri sampai ke daerah ibu. dengan tidak sengaja kendaraan truk kami melindas badan dari ular besar yang dikira pohon tumbang. jadi kalo menurut saya jelas yang namanya ular besar seukuran pohon kelapa ato bahkan lebih besar sebenarnya masih ada di daerah- daerah pedalaman di wilayah indonesia maupun di belahan dunia lainnya, namun memang mereka hidupnya jauh dari tempat yang banyak manusianya. Ya tau sendiri manusia itu kan lebih buas dibanding makhluk yang terbuas di muka bumi….

  14. Ekha Maulidia N. said, on Juli 3, 2009 at 6:48 am

    iihh………….
    TAKUTTT…!!!

  15. stainless tanks said, on Oktober 30, 2009 at 7:46 am

    saya sangat percaya ular itu panjang nya sampai 33 meter,karna saya perna melihat lansung ular piton(sawah)panjangnya mencapai 19 meter di kampung terpencil di hutan sulteng.dan ular sejenis itu adalah piton.

  16. friska (ikha) said, on November 1, 2009 at 9:00 am

    emang ada yach ular yang panjangnya 100 kaki,,,,,kalau memang ada, mungkin bukan ulang tuh mungkin itu anakonda kali yang dari luar negri,,,hehehehehe,,,kayak film anakonda yang udah berkali-kali tayang……… syukur-syukurlah kalau dia hanya jalan-jalan sekedar lewat tapi kalu mau cari mangsa apalagi manusia bisa gawat itu,,,,
    so……………….hati-hati ajah………waspadalah

  17. Iwan Pirdaus said, on November 5, 2009 at 4:04 am

    Mungkin aja ada coy karena di kalimantan masih banyak hutan yang belum terjamah sama manusia. . . . coy

  18. sheehan said, on Desember 6, 2009 at 5:01 pm

    ilmu kita seberapa sih …. dibandingin kenyataan yang ada…. seandainya fotonya emang orisinil lho ….

  19. amoye said, on Desember 13, 2009 at 5:55 am

    gue pikir bisa aja, soalnya banyak kejadian aneh di zaman dunia yang makin tua ini!!!

  20. goben said, on Desember 28, 2009 at 10:09 am

    hbat juga sich,v percaya ga percaya sicih..

  21. ferzzz said, on Februari 19, 2010 at 3:33 am

    kalimanatan,,kalimanatan,tau ga hutan terbesar di indonesia,ada di kalimanatan,,jd segala kemungkinan bs ada di dalam hutan tersebut,,aku bkn tdk percaya ada ular spjng 100 m,,cm aku bs cmd,mungkin ada ular gede di dalam hutan kalimantan tp ngak sampe 100 m,,klu pun ular 100 m itu ada,90% ular tersebut ga bs berjalan lg,,,,,aku jg tinggal di kalimantan

  22. hadi said, on Maret 13, 2010 at 3:07 am

    yang penting selidikilah terus kebenarannya kerena benar atau tidak sama-sama tak ada bukti

  23. stifler said, on Maret 30, 2010 at 10:13 am

    klu gw sih percaya aj, krn ular dapat hidup n bekembang sangat besar bahkan ular piton atau sejenisnya memang bisa besar tanpa ada yg tahu maksimal besarnya.

  24. nama said, on Juli 18, 2010 at 4:44 pm

    Aku percaya itu asli n bkn rekayasa..tp kayaknya panjangnya ga nyampe 30m…ya 15-20m

  25. Sonny said, on Agustus 5, 2010 at 6:24 am

    uler sepanjang 100 kaki itu besar..
    uler yang sering beraktivitas/bergerak-gerak adalah uler yang sering dijumpai pada umumnya.. yang berukuran 2-3m..
    uler berukuran seperti itu bisa meliuk-liukan badanya dengan mudah.. krn berat tubuhnya ringan..
    sedangkan di foto itu uler besar yg diperkirakan 100 kaki meliuk-liukan tubuh…
    wow !!
    foto ini cm nyari sensasi… =P
    tapi dunia ini penuh misteri..
    jadinya.. gak percaya.. percaya.. gak percaya

  26. midi hendra said, on Desember 4, 2011 at 10:20 am

    aku percya ma ular raksa2 tau panjang ya 100kaki..
    tapi aku gx percya ma foto yang di tampilkan..

    kenap coba di foto kenapa gx di vidio?
    kan kalau di vidio lebih jelas dan lebih meyakinkan..
    mustahil juga gx bisa di vidio.. :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: