Scrapman On The Blog

MARJINAL a.k.a ANTI MILITARY

Posted in Interview, Lirik by scrapman on Januari 6, 2007

Dibawah ini adalah wawancara dengan Marjinal, band yang terkenal sebagai band yang memiliki semangat perlawanan yang kuat… Wawancara ini dikutip dari KEMERDEKAAN ZINE
Pertanyaan yang sangat membosankan, tolong ceritakan awal berdirinya band kalian, MARJINAL dan siapa saja tukang protes didalamnya………. Awal kami membentuk band itu pada tahun 1997, dengan bersandang nama ANTI ABRI, dimana secara kebetulan kami anti kekerasan, dan ABRI salah satu kuat membudayakan kekerasan. Kami sering bermain pada event-event bebas. Disaat-saat selalu bersama-sama (dadakan), lantas kami buat ANTI-MILITARY, karena ABRI sudah diganti. Yang album pertama pada tahun 1999, album kedua pada tahun 2000 dengan personil yang selalu berganti-ganti dan kami suka itu. Dan yang terdata, ROMY JAHAT (biduan), CHE MONKEY (ritem), BOB Oi! (bas), STEVE (dram), MIKE (melodi), ACAY LEE (dram), EKAL (vokal), SISI (vokal), ABLEH (ritem), ASEP (vokal) dan ARIEF (dram)…..yang sekarang…..lalu, kami keluarkan MARJINAL. Semua tukang protes.

Dulu nama band kalian adalah ANTI-MILITARY, mengapa kalian merubah nama band kalian menjadi MARJINAL, tolong ceritakan latar belakang kalian merubah nama band kalian………. Kebutuhan kami membuat nama MARJINAL dikarenakan masih memiliki hubungan dengan Anti ABRI dan Anti Military….. dan perlu digaris bawahi kami tidak mengganti nama tapi kami membuat dan menggunakan nama MARJINAL sebagai proses titik balik untuk menjawab persoalan-persoalan obyektif. Agar, minimal diketahui oleh khalayak banyak seperti istilah Anti ABRI, Anti Military. Kenapa harus anti dan istilah MARJINAL, siapa itu ‘Marjinal’, bagaimana terjadinya marjinalisasi dan lain-lain. Demikian kawan!

Dalam lirik kalian sebelumnya (Anti-Military), banyak sekali konsep pemikiran budaya perlawanan khususnya Anarkis serta variannya. Tolong ceritakan cara pandang kalian tentang konsep pemikiran tersebut………. Kami lebih memfungsikanAnarkisme dan variannya adalah sebatas referensi, bukannya mengadopsi mentah. Kami lebih mengupayakan melihat, merasa, mendengar dan meraba situasi serta kondisi yang mempengaruhi kami.

Dalam bermusik, tentu kalian lebih mengutamakan lirik. Sejauh mana pandangan kalian tentang konsep lirik tersebut dan bagaimana juga cara kalian dalam merealisasikannya dalam masyarakat………. Sejauh mataku memotret kejadian, sejauh aku mengepakkan sayap dan merambat. Dan sejauh roda gerigi otak-otakku bekerja. Dengan banyak cara dan kami percaya dan yakini ada 1001 macam aksi yang dapat kami lakukan. Adalah sebuah kontradiksi, untuk membantu menciptakan sebuah pemikiran yang notabene masyarakat kita selalu diorientasikan dalam pemikiran yang seragam dan searah. Masyarakat yang berdiri diatas nilai-nilai kemanusiaan, tolong-menolong, si kaya bantu si miskin, kuat bantu lemah, saling menghormati dan menghargai. Kami tidak bisa mendeteksi hal itu, terserah! …..Yakin, karena manusia itu adalah berfikir secara rasional.

Bagaimana pandangan kalian tentang politik dan punk, apakah bisa berjalan/ seimbang, sedangkan secara obyektif punk yang selama ini merupakan Counter-Culture (budaya perlawanan), sekarang ini telah mengalami dekadensi dan pola gerakan mereka yang cenderung berjalan sendiri-sendiri dan bergerak secara elitis. Malahan cenderung menciptakan suatu kontradiksi di dalamnya. Contohnya antara apolitikal dan politikal, bagaimana pandangan kalian dalam hal ini………. Pandangan kami dalam hal ini bahwa politik bisa berjalan seimbang dengan punk, karena punk itu sendiri adalah politik dan politik yang melahirkan punk. Tanpa politik takkan melahirkan punk, dan bila hanya punk hanya itu hanya sebuah kata tidak melahirkan tindakan, karena politik (POLI dan TIK = banyak cara. Pandangan kami dalam kontradiksi di dalam punk adalah sesuatu yang wajar dan kami melihatnya sebagai proses pendewasaan (kontradiksi melahirkan dialektika).

Menanggapi masalah globalisasi yang sudah masuk ke negara-negara dunia ketiga (khususnya Indonesia), yang berbasis pada industrialisasi dan ekonomi secara struktural, cara-cara apakah yang relevan untuk membendung ruang gerak mereka selama ini………. Bentuk sel-sel baru, untuk menggempur lawan dengan syarat terjun ke kantong-kantong masyarakat untuk belajar dan bekerja sama-sama. Yakini tanpa mereka (masyarakat) tidak akan pernah menciptakan perubahan.

Proses reformasi dan demokratisasi yang selama ini diagungkan oleh rakyat Indonesia, tidak berjalan seperti yang mereka impikan. Bagaimana tanggapan kalian dalam hal ini? Dan tatanan masyarakat yang bagaimana yang kalian inginkan………. Ya, jelaslah…..proses reformasi dan demokratisasi hanya menjadi terminologi untuk mengantar sebuah kekuasaan baru. Jadi impian masyarakat mengenai demokrasi hanya sekedar impian tok, jikalau sistem yang masih dikuasai oleh segelintir kaum minoritas. Tatanan masyarakat yang berasakan nilai kemanusiaan. Manusia makhluk yang sosial, manusia makhluk yang berpikir, makhluk yang merdeka, yang bukan gembala dan yang berakal budi pekerti yang tinggi.

Oke, kembali berbicara tentang MARJINAL, terpikir tidak dalam diri kalian untuk bergabung dengan major label dengan tujuan untuk mensosialisasikan ide-ide penikiran kalian dalam jangkauan masyarakat luas dan secara tidak langsung memberikan penyadaran kepada mereka. Contoh seperti RAGE AGAINST THE MACHINE, CHUMBAWAMBA ataupun IWAN FALS (seperti album lamanya), bagaimana menurut kalian………. Terpikir sih, tapi kami tidak tertarik tuh, dengan disiplinier recording Indonesia khususnya. Biasanya yang menciptakan teman-teman menjadi obyek, berbeda dengan CHUMBAWAMBA, R.A.T.M dan IWAN FALS. Mereka telah memenangkan pasar. Oleh sebab itu, mari kita ciptakan kerjasama yang kuat dilingkungan kita, pada khususnya. Dengan ciptakan masyarakat yang kreatif dan produktif sebagai perlawanan terhadap kapitalisme.

Mendengar kabar bahwa salah satu album kalian, dirilis juga oleh salah satu rekord di Australia. Bisa ceritakan hal itu………. Tepatnya kami tidak tahu rekord tersebut. Tetapi yang kami tahu kaset kami akan dibajak disana oleh sekelompok kawan yang tergabung didalam komunitas sosialis di Australia.

Untuk menutup interview ini, ada yang kalian ingin sampaikan untuk semua yang membaca interview ini………. Jangan hanya untuk percaya saja karena manusia diciptakan untuk berpikir.

MARJINAL//ANTI-MILITARY
P.O. BOX 7735 JKS LA, JAKARTA 12077 INDONESIA.
e-mail : taringbabi@yahoo.com

326 Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. NicoZ said, on Februari 16, 2007 at 3:48 am

    sip buat marjinal

    keren abizzzz

  2. boy from the south said, on Februari 23, 2007 at 9:21 pm

    halaaaaah anti military…marjinal…anak2 politik yg memperkosa dan memanfaatkan punk…..dibayar berape luu….sama komunitas kiri buat ngerusak punk….ujung2 nye masuk tipi juga…sama aje luu cuman mo ngetop doank….

  3. emon said, on Maret 8, 2007 at 7:05 am

    T O P B G T dehhhhhhh!!!!!!!!

  4. secret said, on Maret 10, 2007 at 11:51 am

    sebenernya gw bingung…nt nt pade kan udah pade dewasa, trus katanya ga mau komersil, tp kenyataannya kok bisa di ekspos oleh media, ga tanggung2, tv lagi yang mengeksposnya….comment nt?

  5. armstrong said, on Maret 11, 2007 at 3:16 pm

    “masuk tv=komersil”..??? piece of shit..
    ngasih informasi kok dibilang komersil.katanya ga ada pengkotak-kotakan??!
    yg penting biar pada tau kalau punk itu bukan sejenis penyakit,melainkan madia bagi kita ‘tuk jadi tuan atas diri sendiri.ga tertindas & ga menindas.jadinya ga pada termarjinalkan..hi2.
    oi..!! 2 the world

  6. ligmant...attack said, on Maret 15, 2007 at 6:41 am

    qt sbagi punk sejti tdk harus munafik dalam menjalani hidup………
    bsa hidup dalam kebebasan bkan berarti benci militer….

  7. gatra said, on Maret 15, 2007 at 1:39 pm

    hi knp sich kok cari albumnya marjinal susah banget pdhl gw suka banget pada marjinal……….oiy cantumin juga dunk foto personilmu n’ lagu mu….
    MARJINAL okkkkk Q fans berat mu

  8. reksha said, on Maret 18, 2007 at 2:19 pm

    qrenz bet dah wat marjinal,,,,top gila,,,,vanz bet w ma marjinal,,,,
    lgu na njritt qrenz bet,,,,,,,
    succes yakz to MARJINAL….. I’m Vanz MARJINAL everywhere…………

  9. Decol said, on Maret 23, 2007 at 4:42 pm

    Buat lo..Looo…Semua,yang suka menghina semua orang.terutama mencela marjinal….
    Lo ngaca dulu dongs..jangan suka asal cela,belum tentu lo bisa kaya mereka.
    emang gw akuiin semua orang ga ada yang sempurna.ini bukan kahlil gibran yah.

    To marjinal…(Song is my life)

    Sory kalo gua ngomong kaya gini!!
    coz gw ga mau aj kalo lo tuh dihina ama smua orang.
    orang_orang itu ga ngerti kalo mereka itu ditindas oleh kolonialisme.
    Btw teruskan karya kita_kita orang termarjinalkan
    rapatkan bariskan,kepalkan tangan yakinkan satu tujuan…
    HANCURKAN PENINDASAN DI INDONESIA…..

    • agus said, on Desember 23, 2009 at 3:29 pm

      se7 mending sesama anak punk gak usah saling menghina
      gimana kita bisa diakui masyarakat klo kita ni bukan sekelompok orang kasar
      klo sesama kita ja masih saling menghina
      mari kita satukan fisi dan misi
      kita jalan sejajar karena kita SETARA

  10. anti marjinal sucks said, on April 4, 2007 at 2:32 pm

    hanya satu kata untukmu Marjinal ” FUCKS ”
    itu saja gak lebih…
    kalian masuk tivi-nya baru skrg, knp gak dr dulu?
    udh gak laku di scene diy? hah…

  11. fans'nya STUPIDITY said, on April 4, 2007 at 2:44 pm

    buat saya gak masalah yang masuk TV marjinal, kalo banyak yang mencaci maki wajar aja udah resiko, lagian pake masuk TV bayarannya besar ya Mas??? kalo yang masuk TV STUPIDITY saya pasti kecewa sekalie, karna itu band favorit saya. Dan Kalian bukan band favorit saya…

  12. shit on you !!! said, on April 4, 2007 at 2:53 pm

    MARJINAL…
    go to hell with your reason !!!

  13. HaSka said, on April 11, 2007 at 5:37 pm

    Emang kenape kalo Marjinal masuk tivi. Tayangan Urban di RCTI kemaren jelas membuka mata masyarakat bahwa punk itu bukan cuma maen musik lalu nothing-doing. Marjinal tampil di tivi bicara tentang punk bukan sekadar promosi band seperti kemunculan band-band rock umumnya. Kenapa kita takut berwacana di televisi. Kenapa takut dengan media televisi? Punk kok takut terus ngacir sembunyi dalam D.I.Y yang ditafsirkan di sini jadi katrok. Bukankah Sex Pistols, Rage Against Machine juga masuk televisi? Kalau band mancanegara boleh-boleh aja, kok kalian begitu kejam dengan band Indonesia seperti Marjinal?

    Kalo gue tangkep soch… pasti ada yang sirik, dengki dan iri-hati melihat Marjinal yang nongol di televisi. Kenapa bukan Bunga Hitam atau muka Eko KR yang coa-coa… Soalnya, ketika televisi dari Jerman bikin film pada Desember 2006 yang lalu, dia yang paling getol nempel terus ama reporter dan kameramennya, dan berlagak jadi kru pula ngegotong tripod!! Shit on you! Kenapa dia nggak protes? Toh apa yang dibikin tivi Jerman itu tidak bisa disaksikan publik di sini? Ada hal yang enggak adil di sini kalo lo-lo orang sinis dengan Marjinal. Khusus untuk Eko KR yang mempunyai sifat dengki dan selalu menebar kasus sejak “Jakarta Bersatu”, eh kemana tuh duit hasil tiket? Lagak dan lagunya yang arogan pada gig di Cirebon, nantangin orang berantem segala! Dia yang menyebar SMS yang memojokkan Marjinal, yang menghasut orang. Tapi, yang namanya PUNK itu kan orang yang cerdas. Tidak ada yang terhasut dengan provokasi Eko KR. Capeeekk, deh!

    • t-omm-yyyyyy said, on Juni 17, 2009 at 4:38 am

      wah.. memang itu haknya marjinal mw masuk tv.. emang siapa kalian mw marah!? mending klo ga suka ya bwat jalan lo sendiri.. itu jalannya mereka…

      mnurut gw niat nya sih baik salah nya adalah mereka ini gak megang kendali penuh dalam tayangan itu.
      jadi hasilnya yg muncul.. jadi ada perbandingan
      antara punk negative dan punk positive..
      bukannya smua punk sama?

      hehehe
      cheers!

  14. ipank said, on Mei 10, 2007 at 2:48 pm

    menurut guw marjinal itu grup band punk yang berjiwa anarkis
    makanye guw suka bnget ma marjinal……….

    dari pada ma grup band pop,bisa nya nyanyiin lagu-lagu cengeng bikin otak dan mental kaya kaleng rombeng…..!!!!!!! huuuuuuh

    i love marjinal
    i love marjinal
    i love marjinal
    i love marjinal

    fuck you pop,pop cengeng
    fuck you pop,pop cengeng
    fuck you pop,pop cengeng
    fuck you pop,pop cengeng

    pesan bwat u smua yang berjiwa punk:

    cinta tu pembodohan,deh banyak yang mati karna cinta,hanya u pembunuh nye……!!!!!! deh ye itu aje inget tuh cinta itu pembodohan….

  15. ipank said, on Mei 10, 2007 at 3:00 pm

    monyet2 lo semua yang pada ngina marjinal……!

    lo semua ga tau pa tu punk…!!!!! lo semua tau nya cuma cinta,cinta,cinta
    cinta itu taiiiiiiiiiiiii,,,,,,!!!!!!!

    monyet u semua……

    marjinal i luv u……

  16. ipank said, on Mei 10, 2007 at 3:00 pm

    monyet2 lo semua yang pada ngina marjinal……!

    lo semua ga tau pa tu punk…!!!!! lo semua tau nya cuma cinta,cinta,cinta
    cinta itu taiiiiiiiiiiiii,,,,,,!!!!!!!

    monyet u semua……

    marjinal i luv u……

    ipank yank berjiwa punk

  17. mario said, on Mei 17, 2007 at 6:53 am

    wah marjinal lo gokil,abis gw suka ma lo,semua org yg ngina marjinal pasti org terkutuk,

    salam dari street punk balikpapan

  18. ya saya kanan said, on Juni 2, 2007 at 3:51 pm

    hehehe marjinal para pemerkosa punk dari kirii……

    iya saya kanan…dan bukan orang2 berjiwa kerdil yg pengen ngetop ngajarin orang punk…hehehe

  19. atenx said, on Juni 11, 2007 at 5:30 am

    kunaon atuh para budak punk menghina marjinal? apa karna masuk tv?
    mungkin smua org sdah terbodohi oleh keras’a dunia idealisme!!!
    mungkin klo saya jdi personil marjinal,saya hanya menertawai anjing2 yang menghina marjinal…bersatulah kembali kau marjinal,,,,marsinah masih butuh kau untuk membela’a di atas sna///

  20. sadeli fuck upstairs BaNgsaT said, on Juni 13, 2007 at 11:31 am

    MARJINAL TOP ABIZ w suka gaya nya ank2 majinal apa lagi sama romi jahat makin oK aja suara lo apa ngga takut keselek?ank2 punk MM T.O.P bgt dah ga kaya upstairs gaya nya bikin ank2 kebelet COL! anak gaul ANJING!!!salam o!..Oi…dari ank yang suka make celana nyetritt sering diomelin bpk/ibu.guru padahal kan dah bayaRRR dah dulu ya mike kapan dateNg k kemandoran 1 city

  21. dory/owit sadeli said, on Juni 13, 2007 at 11:48 am

    marjinal w mau beli kst lo tapi kata nya taring b2 dah ga ngeluari lagi kNp sih?oia w mau kirim2 salam bwt:uci,napi,nyemor,ambon,boim,tompel,omponk,nova,ina cintaku kpN kamu mau menerima aku…daN bWt marjinal kapaN maiN k smp 185 karna disana banyak yg suka lagu2 lo…salam dari kemandoran/kemuning singkat nya slipi…

  22. tee said, on Juni 18, 2007 at 8:51 am

    Titi ribettttttttttt

  23. marjilal said, on Juni 18, 2007 at 8:56 am

    marjinal keren tuh….
    kebanyakan orang indonesia ga pernah mau liat tentang dunia bawah tanah tp dengan ada nya marjinal mudah-mudahan pemerintah bisa melihat ke adaan negara nya yg amburadul…
    dan mereka harus bisa membenahhi nya….
    betul tidak…

  24. Iben's said, on Juni 18, 2007 at 9:08 am

    gw mau nanya sama anak2 marjinal….
    1. kenapa mereka harus memperjuangkan kaum marjinal…?
    2. kenapa mereka bukan memberikan yg terbaik utk negara nya dgn karya mereka tp malah menentang nya…?
    3. kapan kaum marjinal bisa sadar bahwa hidup ini bukan untuk di marjilal kan…?
    4. gebrak kan apa yg akan marjinal lakukan agar negara ini bisa menjadi yg di ingin kan kaum marjinal…?

  25. godagainstmachine said, on Juni 26, 2007 at 1:40 pm

    hmmm marjinal masuk tivi, buat gw bodo amat, selama orang2nya masih bersikap wajar n bertanggung jawab ama scenenya, n juga ga lupa ama akar rumputnya,toh semua perdebatan ttg punk ga bakal bisa selesai di publik, kalo gada yg menyelesaikan…simple aja kan, selama lo masih asik ma scene lo, persetan dengan tv dll, gw tetep support kalian!!!
    EKO KR mati aja, kemana tuh duit jakber??7000 tiket kejual, coba lo kali 8000 perak, 56 juta tuh, kemana duitnya?pantes anti music skr keren bets tempatnya di pinggir jalan gandaria, sebelah circle klagi, dr mana pak duitnya??elo tuh penghisap darah2 punk yg seharusnya dimusuhin ama komunitas punk, elo iri liat marjinal kan?sok2an diy,m anti kapitalisme, tp lo sendiri sering makan duit orang, duit orderan orang, itu tuh DIY???makan tuh anarkis

  26. Dot's from brontak sukabumi said, on Juni 26, 2007 at 6:34 pm

    Salut buat marjinal yang pantang menyarah membela negri yang terancam “GLOBALISASI”

    loe yang udah dikin semangat di hidup gw,dan gw gak bakalan ngelupain semuanya “matimu tak sia-sia”

  27. dot_rock said, on Juni 30, 2007 at 12:06 pm

    hi gw dot_rock dari brontak punk sukabumi
    Minta lirik lagu album predator dong

  28. dot_rock said, on Juni 30, 2007 at 12:16 pm

    oi marjinal kapan manggung di sukabuni lagi gw dah kangen nih pengen denger suara aslimu,please bales

  29. dot_rock said, on Juni 30, 2007 at 12:19 pm

    marjinal k’lo ke sukabumi jangan lupa mampir ke SMKN 1 CIBADAK (sekolah gw) soalnya disana ada banyak KORUPTOR!!!

    • kuda cuki said, on September 4, 2010 at 5:49 pm

      emangx marjinal KPK apa.

  30. dot_rock said, on Juni 30, 2007 at 12:23 pm

    hi dimana gw bisa beli poster loe ???

  31. the bastard said, on Juli 1, 2007 at 2:40 pm

    marjinal tak ubahnya pelacur yg manfaatin komunitas tuk cari tenar doang dimana smangat DIY kalian? mang kalian dah jadi alat media?padahal media perpanjangan dari pemerintah dan buat kalian yg mati2an bela marjinal perlu diingat marjinal bukanlah sekelompok orng yg paling bener se indonesia raya !!!!!!

  32. bycrust said, on Juli 2, 2007 at 3:23 am

    semua sama aja dari marjinal sampe bunga hitam atau apa lah…yang jelas jakarta punks ga ada bagus2nya,yang dulu saya sangat mensupport org2 sprti mrk tapi sekarang tidak karena saya sudah tau bgmn mrk sehari-hari,dari yang berlaga sibuk kalo ada band luar yang main di jkt atau kompromi dengan media bullshit,apa uang dari media kalian gunakan untuk kepentingan scene?ga kan?ya jujur saja saya sangat menyesal sekali membantu mengorganize cluster bomb unit,saya tidak tau kalo bakal di putar di saluran tv besar di jerman,ya wlwpun mksdnya bagus meliput kegiatan anak muda di indonesia
    udah jagan saling menjelek2an,yang jelas marjinal tak layak di bilang PUNK,makan semua lyric2 mu,streetpunk yang mengagung-agungkan marjinal dan bunga hitam adalah goblok kalian yang termakan lagu2 yang sama sekali ga merdu dan lyric yang bau pantat ibunya………………
    untuk bunga hitam…senioritas tai pantat

  33. koeman said, on Juli 8, 2007 at 6:24 am

    anjing smua orang yang bilang MARJINAL itu
    punk cimprit.salam dari w koe-man rambutan nn salam bwat punkers indonesie

  34. bhagol said, on Juli 8, 2007 at 6:29 am

    buat ank2 anti militery,salam dari bhagol bahwa sebenarnya cinta itu sangat nyakitin,bikin pusing kaya taiiii…./hanya orang goblok yang punya cinta n salam buat punkers seINDONESIA.RAMBUTAN……

  35. dot_rock said, on Juli 13, 2007 at 11:11 am

    woiiiiiiiii kapan donk liriknya ???……..please

  36. unun_BRONTAK said, on Juli 13, 2007 at 11:26 am

    say hai from unun_BRONTAK

  37. NAMUKAWA said, on Juli 14, 2007 at 5:39 am

    HIDUP PUNK AMPE MAMPUZ!!!!!!!!

    BSA BAGI ALAMAT BAND MARJINAL???

  38. Peminat MARJINAL dari Malaysia said, on Agustus 11, 2007 at 3:34 pm

    Aku suka marjinal… DI MALAYSIA MARJINAL POPULAR..
    HIDUP MARJINAL

  39. wahyu said, on Agustus 26, 2007 at 5:41 am

    SAYA DARI COMUNITI TUBAN RENGEL. BY ANTI PROJECTILE&PRO VONIS

    menurut saya punk adalah musick yang mencerminkan kebersamaan dan menentang ketidak adilan

  40. wahyu said, on Agustus 26, 2007 at 5:46 am

    by: anak comuniti stret rongolawe tuban

    gue semua yang ada di sini demen banget ama yang namanya marjinal & bunga hitam karna dari lirik – liriknya selain mencerminkan apayang terjadi pada kehidupan sehari-hari mereka juga bisa memberikan semangat untuk berjuang

    BUAT POS STAR: KALIAN SEMUA HANYALAH TRENDI BANGSAT, FUCK BUAT KALIAN SEMUA TERKUTUK MENJUAL SENI DEMI KETENARAN (BAJINGAN ANJING NGENTOT AMA BABI)

  41. provonis said, on Agustus 26, 2007 at 6:19 am

    pop star bangsat

  42. aznoize said, on Agustus 26, 2007 at 8:19 am

    lo smua pd kya tai!! klo emank lo komuditas punk sejati lo hargai donk karya2 punk jalanan indoenesia.lo menghina marjinal berarti lo ngehina punk di indoenesia.yg munafik sbenernya lo pa marjinal.lo sirik marjinal msk tipi?

    buat band2 yg suka ngebawain lagu2 cengeng komersil tai lo semua!!!!!!!!!

  43. jarkog said, on Agustus 26, 2007 at 8:50 am

    sesama punk gak boleh saling menghina,toh mearjinal masuk tv juga demi untuk membela komunitas kita……………..ayo dong buka mata,,,yang penting kan marjinal gak maen di major label dan tetep d.i.y……………

  44. nasr said, on Agustus 28, 2007 at 6:04 am

    aku sering dengerin myusick mereka.bagus n gak ada matinya!bener kata jarkog,kita harus buka mata!kita semua bersaudara!!!!!!!!!!!!!!Oi!Oi!

  45. ANKER JENIUZ FROM BANEX said, on Agustus 28, 2007 at 10:00 am

    salut wat marjinal,,jangan patah semangat walaupun banyak yang iri n ingin menghancurkan kebesaranmu…..
    tataplah berkarya n buktikan bahwa kalian tak seperti yang mereka kira…….
    hidup PUNK hidup MARJINAL…..

  46. ANKER JENIUZ FROM BANEX said, on Agustus 28, 2007 at 10:06 am

    HIDUP PUNK…..
    PUNK BUKAN SEKEDAR PERKUMPULAN BIASA……
    PUNK ADALAH ALIRAN DIMANA ORANG2NYA TAK SUKA DENGAN KEMUNAFIKAN…..
    PEMERINTAH MUNAFIK……
    MILITER MUNAFIK…….
    MAHKAMAH AGUNG MUNAFIK……..
    MAHKAMAH KONSTITUSI MUNAFIK……
    MPR MUNAFIK……..
    DPR MUNAFIK………
    INDONESIA JD SEPERTI INI KARNA ORANG2 YANG MUNAFIK………
    PERSETAN DENGAN KEMUNAFIKAN……..
    HIDUP KEBEBASAN………..
    HIDUP PUNK………………….

  47. ANKER JENIUZ FROM BANEX said, on Agustus 28, 2007 at 10:07 am

    MAJU TERUS MARJINAL…………!!!!!!!
    JANGAN HENTIKAN KARYAMU………..!!!!!!!

  48. ANKER JENIUZ FROM BANEX said, on Agustus 28, 2007 at 10:17 am

    INILAH NEGRI KITA…….
    ALAMNYA TERANG TIADA BERBINTANG……..

    CINTA TAK SELEBAR DAUN KELOR…….
    CINTA BUKAN DIBALIK KOLOR……..
    CINTA ITU PEMBODOHAN……….

    YANG KUAT MENGUASAI……..
    YANG LEMAH DIKORUPSI…….
    YANG KAYA SMAKIN KAYA……..
    YANG MISKIN SMAKIN MISKIN……..
    YANG PINTAR BODOHI…..
    YANG BODOH DIBUDAYAKAN……..

    ## ## # ## ## # ### # # #
    # # # # # # # # # # # # # # #
    # # # ### ### # # # # # ### #
    # # # # # # # # # # # # # # #
    # # # # # # ### # # ### # # ###

  49. ANKER JENIUZ FROM BANEX said, on Agustus 28, 2007 at 10:21 am

    KEJAR IMPIANMU………….
    SADARKAN ORNG2 YANG MEMUSUHIMU…..

  50. semprul said, on Agustus 28, 2007 at 1:48 pm

    gw punya pengalaman….pernah gw manggung bawain lagu marjinal.Sehabis gw manggung dilanjutin sama band lain.Dia tuh nyanyi sambil ngehina Marjinal gitu,trus dia ngancem orang2 supaya jgn bawain lgi lgu Marjinal.
    Apa sampe segitu kebencian mereka terhadap Marjinal?

  51. Rebel said, on Agustus 29, 2007 at 3:47 am

    SUPPORT MARJINAL………..

    BANTAI PEMERINTAH BUSUK
    KORUPTOR KEPARAT

  52. kuclux said, on Agustus 31, 2007 at 10:31 am

    oi..oi..oi…ssalutttt…….buat MARJINAL
    kapan maen ke MADIUN….?????

  53. PUNK said, on September 1, 2007 at 3:18 am

    *FUCK*** MARJINAL*

  54. BUNGA HITAM said, on September 1, 2007 at 3:20 am

    #FUCK***MARJINAL#
    #FUCK***MARJINAL#
    #FUCK***MARJINAL#

  55. BUNGA HITAM said, on September 1, 2007 at 3:27 am

    Kota tempat kami tinggal, dii lahir-kan dan tumbuh besar, berjuta harapan berjuta impian,, bergantung dii kota ini,,,,,

    Tanjunk Priok CHAOS 3x
    Tempat kami tinggal

    Tanjunk Priok CHAOS 3x
    Tempat kami dii lahir-kan

    POLUSI 3x
    Membuat kamii giila,,

    ANJINK, BABI, BANGSAT………….
    BABI, ANJINK, BANGSAT………….
    ANJINK, BABI, BANGSAT………….

    bwt para PUNK priok……

    Om.. BOB kpn nii maen k’priok……????????
    Priok dah CHAOS nii om BOB……….???????????

  56. Dinda n dimas rock said, on September 1, 2007 at 7:58 am

    OI….OI… marjinal kapan maen ke kota GRESIK jatim , kita punkers GRESIK menantimu smua

  57. BRONTAK said, on September 4, 2007 at 1:02 pm

    malem bang sorry ngeganggu nih kita mau tanya jadi gak hari minggu manggung di mangkalaya sukabumi ?!
    salam dari anak-anak
    PUNK N’ STREET SUKABUMI

    bolehkan kapan-kapan kita nyetreet ke sana ?!

  58. iyos the tocxit said, on September 4, 2007 at 1:18 pm

    buat para komunity punk, jangan lh kau menyerah hanya untuk menghancurkan para penindas disana,smangat lh untuk mengharum kn bangsa kita,,,basmi para koruptor,fuck inthe police

  59. iyos the tocxit said, on September 4, 2007 at 1:20 pm

    buat para komunity punk, jangan lh kau menyerah hanya untuk menghancurkan para penindas disana,smangat lh untuk mengharum kn bangsa kita,,,basmi para koruptor,fuck inthe police.

  60. vagina noxius said, on September 4, 2007 at 4:03 pm

    buat bang romy, jangan dengarkan apakata mereka tetap jalani semua karyamu.

    NYOK KITE BARENG2 BELAJAR BERKARYA!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    SUKSES BUAT MARJINAL
    FROM VAGINA NOXIUS

  61. vagina noxius said, on September 4, 2007 at 4:09 pm

    MARJINAL bikin acara dong di tempat kite.DI DUREN SAWIT UNDER GROUND.

    KAPAN NGELUARIN ALBUM BARU…………?

    BANG ROMI MINTA TARING BABINYA DONG BUAT KENANG 2AN

  62. harry CHAOS_DIRTY_REBEL said, on September 6, 2007 at 3:51 am

    w dr ank2 PUNX BANJARMASIN TARAKAN PUNX…………..KPAN ATUH MAEN DI BANJARMASIN………………………

  63. harry CHAOS_DIRTY_REBEL said, on September 6, 2007 at 3:53 am

    BANG………OJO DUMEH YO MAEN DI BANJARMASIN…………

  64. bambang nurdiansyah said, on September 8, 2007 at 1:46 pm

    buat kawan2 yang menginginkan kemerdekaan dari penjajahan global yang sekarang sedang/sudah dirasakan negara2 dunia ke 3, maka kita harus melawan untuk mewujudkan revolusi sejati….!!!

  65. abeng said, on September 8, 2007 at 1:49 pm

    salam pembebasan untuk kaum2 ploretar…..

  66. basiru said, on September 11, 2007 at 4:15 am

    udah jangan dengerein kt orang2 punk malang mendukungmu!!!

  67. basiru said, on September 11, 2007 at 4:17 am

    oi! marjinal jangan denger kata mereka punk malang mendukungmu!!!!

  68. mario said, on September 11, 2007 at 5:15 pm

    hidup terus marjinal n fuck to yg nhgina marjinal!!!!!

  69. EmZen KaRanTinA said, on September 12, 2007 at 3:21 am

    walkakakakakakkakaka,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!

    gini neh susahnya hdp di Indonesia,,,,,,,,
    ngmonk klo masyarakatna berpikiran rasional,,,

    tp nyatanya,,,,,,bullshit,,,,,!!!!!!!!!!!!

    ———————————————————-

    bwat marjinal,,,gw salut ma klian,,,,!!!

    tp kykna gak cma gw doank deh,,,,,,,
    ratusan ,,bhkan ribuan orng yg dah mnemukan pa ntu artina punk dan kebebasan,,,,

    pazti bakalan pnya pola pikir yg sama kayak gw,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ———————————————————-

    bwat lw yg gak ska ma comment gw,,,,,
    silakan ngadu bacot ma gw,,,,,,,

    bagi yg suka dan pngn tuker pikiran tntang musik
    mai kita tukar pikiran kita,,,,,

    ne gw ksh alamat fs gw,,,,,,!!!!!
    “emzen_karantina@yahoo.com”

    “keep rock n’ roll ajah deh brow,,,,!!!!!”

  70. hEiNzA_____---_--- said, on September 13, 2007 at 3:35 am

    di rumah rumah sakit brenksex…
    hoe,gue marjinal holic pengen ngaten ma yg ngina marjinal,lo mua tu anjrid,g tau ape2 temtang dunia punk jadi ga sah pada ngina gt,ngaca brow!!!!!!FUCK

    i luv u marjinal

  71. AdaM KaRaNtIna said, on September 13, 2007 at 8:00 am

    gw mang gak tau bnyak tntang marjinal,,,,,

    tp yg jlz, idealisme mrka,,,PATUT DIACUNGIN 4 JEMPOL,,,,,,!!!!!!!!!!!!
    (klo gw pnya 3425 jempol bakalan gw kasih semua bwat mrka,,,,!!!!!)

    ================================

    dan cm orng BEGO yg gak ngrti arti kbebazan yg bklan mnghujat mreka,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!

    Cba deh lw pada pikir make otak,,,,
    (jangan pake dengkul ato pantat,,,,!!!!!)

    klo gak da lgi manusia yg brpikir tntang kbebazan, lw smwa gak kan prnah ngrasain mnghirup oksigen dgn bebaz,,,,,,!!!!!!!!!

    ================================

    Bwat orng2 di luar sana yg bisana cma menghujat dan ngatain MARJINAL doank tnpa make pola pikir yg sehat,,,,,

    gw cma mo ngomong ke lw,,,,,:

    “FUCK U ALL,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!”

    “FUCK U ALL,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!”

    “FUCK U ALL,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!”

    “FUCK U ALL,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!”

    skali lgi ahh,,,biar afdol,,,!!!!

    “FUCK U ALL,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!”

  72. mahendra said, on September 14, 2007 at 8:08 am

    gw ngebaca comment responses lu pada dari awal ampe akhir

    terus terang…..GW KECEWA BANGET!!

    katanya namanya punk tuh mesti bersatu. tidak ada gontok2an,anti peperangan.

    tapi gw ngeliat kok malah gontok2an semua saling ngejelekin 1 ama laen.

    pake bawa2 marjinallah bunga hitam ato stupidity sekalian…

    gw yakin yg lo pada omongin ga kek lo pada.
    baik lo yg sok2 ngebela marjinal ato stupiditylah ato ngehina2 bunga hitam…

    lo semua sadar g sih klo lo tuh cuman jadi makanan kapitalisme doank klo lu gontok2an??

    persetan dengan omongan persatuan!!!

    bullshit lo pada!!

    berak lu ngomong2 sayap kiri-sayap kana segala kayak lo ngerti aj@!!!!

  73. mahendra said, on September 14, 2007 at 8:26 am

    1 lagi…

    lo semua tuh otak udang yg berpikiran sempit!!

    mengkotak2an punk dalam satu band ato satu scene doank!

    ga punya prinsip lo pada!!

  74. Real Punker said, on September 14, 2007 at 9:45 am

    Apa yang lo semua tau tentang Punx’s?
    lo semua cuma ikut-ikutan doang kan? padahal lo semua juga belum tentu ngerti apa itu Punx’s!
    Punx’s tak pernah merendahkan apapun termasuk musik, jadi buat sampah-sampah yang mengatas namakan dirinya kaum Punx’s, Kiss My Ass and Suck My Dick! Anjing lo semua! Punx’s keparat! Punx’s Bangsat! kontol-kontol ngentot…
    memek busuk tai monyet anjing keparat….. …..

  75. lina_rockaholic said, on September 16, 2007 at 10:00 pm

    mungkain gw awam tentang PUNK,tapi gw respect dg idealisme mereka.Tapi yg gwsayangkan adalah mengapa mereka harus saling menghina,menyudutkan,bahkan mereka saling mencari-cari kesalahan scene lain.dan bukankah hal itu akan semakin mengkotakkan dan memarjinalkan mereka.Dan bagaimana mungkin mereka bisa mewujudkan tugas” mulia”[yg katanya ingin menciptakan tatanan yg anti kapitalisme,anti penindasan.dan bla..........bla...........bla.............]jika mereka tdk BERSATU!!!!!!!!!!!!!! ]

    Dan soal punk masuk TV, menurut gw bukanlah sebuah AIB.Karena mereka harus memberitahu orang2 di luar sana[orang2 yg berpikiran dangkal//crang2 yg sok tahu ttg PUNK padahal tak tahu apa2]ttg ”apa,siapa,dan bagaimana ”PUNK itu.karena tak akan banyak berarti kalau mereka hanya memperdengarkan ”cita2/mimpi”-nya hanya sebatas pd komunitasnya[PUNK] saja<<<<<<<>>>>>yg semuanya adalah MAHA KARYA MEDIA.

    ”BIARKAN DUNIA TAHU BAHWA KITA BUKAN SAMPAH……………..BUKAN IBLIS…………BUKAN NAJIS…………..TAPI KITA ADALAH PEMBAWA SETITIK TERANG ……….DALAM KELAMNYA DOSA DUNIA…………….YG SEMAKIN
    MENYESAKKAN URAT NADI DAN SARAF
    KITA……………..!!!!!!!!!!!!!”

    ……….PEACE………..AND………RESPECT……….!!!!!!!

    *maaf…..bukan maksud gw menggurui.

  76. mahendra said, on September 17, 2007 at 4:14 am

    cukup kita pikirkan dalam hati.

    apakah kita bisa hidup tanpa uang??

    apakah suatu kemandirian mutlak bisa bikin kita bertahan hidup??

    manusia pada dasarnya makhluk sosial.
    ga mungkin mengerjakan segala sesuatu sendirian.

    sama aj kyk di scene. suatu scene punk terdiri dari berbagai individu yang kan? mempunyai pikiran yang sama lalu berkumpul menyatukan buah2 pendapat.

    bahkan seorang punker pun butuh uang untuk mempertahankan eksistensinya.

    untuk menyalurkan buah pikirannya.

    jadi kalau kita bisa memanfaatkan media2 “mainstream” untuk mngemukakan eksistensi kita,kenapa tidak??

    sebagai punk kita harus pinter.

    berpikir bagaimana caranya memanfaatkan media2 “mainstream” untuk menunjukkan siapa kita.

    yang gw ga setuju kalo kita dimanfaatkan oleh media.

    gw setuju banget ama kata2 marjinal kalo masuk major kita pasti dikontrol dan dimanfaatkan untuk kepentingan mereka sendiri.

    ini baru yang namanya kapitalisme!

    itu yang harus dihindarin!

    ayo kawan!!
    jangan terjebak oleh idealisme buta!!!

    ayo kita maknai perjuangan kita dengan esensi punk yang sebenarnya!

    “MEMPUNYAI UANG UNTUK HIDUP ITU WAJAR.
    TAPI HIDUP UNTUK UANG ITU AMORAL!!”

  77. EmZen KaRanTinA said, on September 17, 2007 at 5:11 am

    hhhhhmmmppppfffff,,,,,,,,,!!!!!!!!
    *(napas dulu yach gw bentar,,,,!!!!!)

    gw stubuh (eh salah!!!),,,
    gw stuju bgd ma comment,respon ato apalah ntu bahasanya,,,,

    dari sodara kita,,,
    yg katanya seh namanya MAHENDRA,,,!!!!!
    *(gw gak tau tuh nama aslina)

    palagi comment nya yg trakhir,,,
    srius,,,,,
    mngkin ntu yg dmaksud para pndiri pola pikir dan aliran ini dulu wktu mreka brsama2 bikin aliran yg namana “punk”…

    ~~~~~~~~~~~~~~~@_@~~~~~~~~~~~~~~

    yg gw harepin seh gak lebih dan gak kurang ,,,,
    tapi cukup brarti bwat kita smwa,,,,
    khususna orng Indonesia,,,,
    ntuk bersatu bwat ngadepin smwa ini,,,,

    gak da lgi yg namana perkotak2an aliran,,,idealisme,,,kepercayaan,,,ato apalah ntuh namana,,,,!!!!!!!!!

    gak da lgi usaha ntuk sling gontok2an,perang mulut,nyari2 ksalahan orng lain dan permusuhan,,,

    hanya ntuk nyari mana yg hrusna berkuasa,,,
    mana yg hrusna jd pmimpin,,,
    dan mana yg hrusna dipimpin,,,,,!!!!!!!

    dah ckup kita smwa slama ini jdi korban para kaum kapitalis,,,,
    yg mengatasnamakan masyarakat mayoritas dan pemikiran yg konservatif,,,
    yg ujung2nya malah bikin kita smwa trpecah belah (dah kyk keramik,,,!!!!) dan bertebaran kesana kemari,,,,,!!!!!!

    sgitu ajah deh pemikiran dri gw,,,,,,

    bwat yg gak suka dan stuju dgn pemikiran gw,,,,,,
    cobalah ntuk suka dan stuju,,,,,,!!!!
    tnpa hrz gontok2an lgi,,,,

    bwat yg suka dan stuju ma hal2 diataz,,,,,!!!!!!!
    mri bersama2 kita wjudkan dunia yg indah,,,
    *(Ttttssaahhhh,,,,,kesambet,,,!!!!!)

    lw da efes gak,,,???
    neh gw ksh alamat efes gw,,,
    biar kita bsa tuker pikiran,,,,,,

    “emzen_karantina@yahoo.com”

  78. dio said, on September 18, 2007 at 3:42 am

    BUAT MENGHINA,,,TERUTAMA PUNK DIY…biarkan aja marjinal masuk tv,,itu kan kebebasan seseorang…kalo u ngelarang kebebasan orang sama aja u mengekang jiwa seseorang…klo u ngaku freeman hargai kebebesan orang masuk tv..lg pula tv bukan milik investor asing..tv milik semua bangsa indonesia….mari kita sama merubah tv yang katanya media kapitalis menjadi media sosialis……klo saling hina begini,,sia sia sudah perjuangan kita,,,,SADAR KAU WAHAI PEMUDA PERJUANGAN SUDAH DIDEPAN MATA……. communism will shinning!!!!!!!!!

  79. risky prasetyawan said, on September 19, 2007 at 5:15 am

    hidup marjinal
    ooii,,ooii,,ooii
    kapan nich marjinal ke kediri?
    aku anak punk kediri khususnya daerah pare menanti kehadiranmu

  80. adam malik said, on September 24, 2007 at 10:56 am

    kami dari anak medan mengucapkan selamat berpuasa

  81. adam malik said, on September 24, 2007 at 10:57 am

    kami dari anak medan mengucapkan selamat berpuasa kontol senioritas
    anjing bapak militer

  82. Babs said, on September 29, 2007 at 5:32 pm

    MANUSIA HANYA AIR,API TANAH DAN UDARA
    “jadi…! biarlah apa yang terjadi, semua itu hanya butuh disikapi,bukan berarti kita tidak mengerti…! lebih baik menikmati hari dengan strategi yang kita miliki.

  83. anang said, on September 30, 2007 at 3:18 pm

    woi…….orang2 yang tdk mngrti dalm komunitas punk jngan suka mencela orang yg mau maju,,emang lo semua bisa seperti mereka..klo lo emang bisa tunjukin dong!!!!!!!!jangan omong kosong doang..bagi gw marjinal tuh orang yg berpengalaman luas..jangan seperti orang2 yg sekarang hanya bisanya menindas & memperbudak antara sesama

  84. sucker A.A.E said, on Oktober 1, 2007 at 3:39 am

    SeLamatkanlah Saudara saudara kalian………………………………………

  85. STREET REBEL(bayubrujo) said, on Oktober 3, 2007 at 9:24 am

    sebelum itu ku mencoba merenung dan berpikir..dengan jalan hidup yang kita jalani (being punx)..mungkin GOD telah mentakdirkan kita untuk menjadi orang yang berjiwa sosial dan anti terhadap semua bentuk mengatas kepentingan pribadi diatas kepentingan orang banyak…
    bolehlah kawan – kawan yang mempunyai jiwa ‘punx’ mencemooh perbuatan kawan kita MARJINAL dengan mengatai mereka dengan penghianat komunitas…tetapi sesungguhnya bukan seperti itu adanya…coba kita lihat jika sekarang memang komunitas kita (punx) sudah menjadi barang komoditas yang mempunayai nilai jual tapi tak ada nilai guna, tentunya kita sebagai penganut punx D.I.Y akan sangat2 membenci semua itu… lalu jika kita tidak menjelaskan apa arti punx kepada kahalayak ramai tentunya keberadaan komunitas kita akan seperti katak dalam tempurung..kalian hanya akan menjadi virus bagi masyarakat..maka dari itu sudah saatnya kita menatap kedepan dengan uniform atau ideologi yang kita gunakan…dengan punx aku yakin bahwa kita akan dapat menata hidup lebih baik, lebih berguna daripada hanya hidup dengan slogan omong kosong belaka……..
    keep fight bro (marjinal) we all beside u 2 face our life.!!!!!
    VIVA D.I.Y & keep on anrcho!!!!!!!

  86. DEWAN JENDRAL PUNK said, on Oktober 3, 2007 at 11:18 am

    BANGGA KEPADA TEMAN-TEMAN MARJINAL YANG SUDAH MEMPERJUANGKAN PUNK UNTUK DAPAT DITERIMA DENGAN BAIK OLEH MASYARAKAT
    DENGAN MENGHAPUS NILAI-NILAI YANG SELAMA INI DIANGGAP NEGATIF OLEH MASYARAKAT.
    BUAT ELO-ELO YANG GA PUNYA POLA FIKIR KESITU JANGAN MARAH KALO GUE BILANG ELO “GUUUOOOBBLLOOOOKK BUUAANGEET”
    JANGAN PERSOALKAN MASUK TV DENGAN ALASAN D.I.Y
    KATAKAN SAJA BAHWA ELO GA MAMPU MELAKUKAN APA YANG DILAKUKAN OLEH MARJINAL,
    KALO MAU LAKUKAN BAHKAN BUKTIKAN
    AYO…SAMA-SAMA KITA PERJUANGKAN…!!! JANGAN BISANYA CUMA DOAK-DOAK GA PUNYA DASAR PEMIKIRAN YANG JELAS
    SATU HAL YANG SUDAH JELAS “EKO KR DARI BUNGA HITAM ADALAH ORANG YANG JELAS-JELAS MENGHISAP DARAH D.I.Y DENGAN MELAKUKAN KORUPSI DANA TIKET JAKARTA BERSATU DAN DENGAN SIKAP PREMANISMENYA MENANTANG SEMUA ORANG UNTUK DIAJAK BERANTEM” APAKAH ITU PUNK SEJATI…? TAI…
    MENDINGAN ELO JAGA TOILET DI TERMINAL
    BERTEMAN DENGAN SEGALA MACAM BAU-BAU’AN BAHKAN SEMUA YANG SUDAH MEMBUSUK. SESUAI DENGAN APA YANG ADA DI OTAK LO EKO

  87. ruli said, on Oktober 6, 2007 at 5:02 am

    aaaahhhhh GIla pada komentar miring semua…..!!!!!! gak ada apa yg gak saling ejek….???

    PUNK menuRUT GUA adalah SUATU POLA PIKIR…!!!
    YG ADA DI MASYARAKAT CAMPUR BAUR DIMASYARAKAT (ORANG BIASA),,,,PUNK GAK MAU DISAMAKAN DALAM BERPIKIR, KARENA cara MEMANDANG KRITIS DARI SETIAP APA YG DITERIMA,DIDENGAR,DIRASA,DIRABA…!!! DAN LEWAT MEDIA LAH MEREKA menyuarakan dari yg ada…..!!!LEWAT MuSIK,LEWAT temPAT MEREka berkumpul,LEWAT GAmbAR2X,LEWAT demoNSTRASI,LEWAT TIVI sekalipun….!!!!demi MENYUARAKAN DARI APA yg TERMARJINALKAN… itu yg SAMPAI SEKARANG GUA KALO BERPIKIR KAYAK GITU DI MASYARAKAT DI LINGKUNGAN GUA SENDIRI DIMANAPUN GUA BAKAL TIMBULKAN *PEMBRONTAKAN* MAU DI SEKOLAH,KAMPUS,KERJAAN…. (apalagi sampe bikin maraH gua….gua gak bakal maapin KALO LOM SAMpe gua memBALASNYA….!!!! kok jauh banget ya kesitu jadinya maap-maap…. jangan di ambil pikiran ini yak iseng aja ngomong bual gua…!!!!) *GUA KENAL PUNK BARU DARI TAHUN 2001 SETELAH LULUS STM. JADI BARU SEDIKIT KAN PENGALAMNYA JAM TERBANGNYA…!! yang penting tetaP MEMANDANG KRITIS KEHIDUPAN,APA YG KAU SEKARANG JALANI,BERONTAKLAH WALAUPUN SEDIKIT….!!!INGAT NEGERI INI SUDAH TERLALU BANYAK KORBAN….APA KALIAN MAU JADI KORBAN PUNK-PUNK DI SELURUH INDONESIA DI ADU DOMBA…!!

  88. ruli [LAKNAT] said, on Oktober 6, 2007 at 5:28 am

    aaaahhhhh GIla pada komentar miring semua…..!!!!!! gak ada apa yg gak saling ejek….???

    PUNK menuRUT GUA adalah SUATU POLA PIKIR…!!!
    YG ADA DI MASYARAKAT CAMPUR BAUR DIMASYARAKAT (ORANG BIASA),,,,PUNK GAK MAU DISAMAKAN DALAM BERPIKIR, KARENA cara MEMANDANG KRITIS DARI SETIAP APA YG DITERIMA,DIDENGAR,DIRASA,DIRABA…!!! DAN LEWAT MEDIA LAH MEREKA menyuarakan dari yg ada…..!!!LEWAT MuSIK,LEWAT temPAT MEREka berkumpul,LEWAT GAmbAR2X,LEWAT demoNSTRASI,LEWAT TIVI sekalipun….!!!!demi MENYUARAKAN DARI APA yg TERMARJINALKAN… itu yg SAMPAI SEKARANG GUA KALO BERPIKIR KAYAK GITU DI MASYARAKAT DI LINGKUNGAN GUA SENDIRI DIMANAPUN GUA BAKAL TIMBULKAN *PEMBRONTAKAN* MAU DI SEKOLAH,KAMPUS,KERJAAN…. (apalagi sampe bikin maraH gua….gua gak bakal maapin KALO LOM SAMpe gua memBALASNYA….!!!! kok jauh banget ya kesitu jadinya maap-maap…. jangan di ambil pikiran ini yak iseng aja ngomong bual gua…!!!!) *GUA KENAL PUNK BARU DARI TAHUN 2001 SETELAH LULUS STM. JADI BARU SEDIKIT KAN PENGALAMNYA JAM TERBANGNYA…!! yang penting tetaP MEMANDANG KRITIS KEHIDUPAN,APA YG KAU SEKARANG JALANI,BERONTAKLAH WALAUPUN SEDIKIT….!!!INGAT NEGERI INI SUDAH TERLALU BANYAK KORBAN….APA KALIAN MAU JADI KORBAN PUNK-PUNK DI SELURUH INDONESIA DI ADU DOMBA…!!
    ini LIRIK LAGU MARJINAL YG SELAU WA PEGANG SELALU KATA2XNYA
    *SADARLAH WAHAI KAU PEMUDA BAHWA JIWA KITA TERPENJARA
    DI BAWAH KAKI PENGUASA YG SELALU MENINDAS KITA SEMUA
    PENGANGGURAN,KRIMINALITAS DAN KESENJANGAN SOSIAL PENGEKANGAN PEMBANTAIAN LAHIR DARI PENGUASA.
    LAWAN DIKTATOR
    LAWAN PENJILAT
    LAWAN PEMERAS
    LAWAN PERAMPAS…LAWAN
    SADARLAH WAHAI KAU PEMUDA JANGAN LAGI DI BODOHI PENGUASA
    KOBARKAN SEMANGAT PERLAWANAN DEMI CITA-CITA MULIA PEMBEBASAN RAKYAT TERTINDAS DARI BELENGGU PENGUASA,
    KEPALKAN TANGAN RAPATKAN BARISAN DEMI SATU TUJUAN….
    LAWAN DIKTATOR
    LAWAN PENJILAT
    LAWAN PEMERAS
    LAWAN PERAMPAS…LAWAN*

  89. tadjoel said, on Oktober 15, 2007 at 10:47 am

    OTAK SAMA DENGAN PAYUNG, GAK DIBUKA GAK ADA GUNANYA!!!KALO KESEHARIAN KALIAN MENDENGARKAN LAGU2 PUNK, BACA LAGI BAIK2…MAKA KALIAN AKAN TERBIASA UNTUK MEMBUKA PIKIRAN AKAN HAL2 SEPERTI INI, TIDAK AKAN ASAL JUDGE SANA…JUDGE SINI…PUNK YANG BAIM ADALAH PUNK YANG BERPIKIR!!!SEBAB PUNK ADALAH CARA HIDUP BUKAN LOMBA MEMASANG SPIKE DI JAKET!!!

  90. bowwow_caem said, on Oktober 15, 2007 at 12:12 pm

    kan looohhh,,,
    mane lirik2nya nie,pada KANCUT SMUANYA looo,,!!

  91. Repy said, on Oktober 19, 2007 at 8:14 am

    Gw anak punk street depok gw pengen banget marjinal manggung di depok gw tunggu kedatangan loe

  92. Repy said, on Oktober 19, 2007 at 3:04 pm

    tolong dong gw minta lagu marjinal yang judulnya inilah negri kita,siap gerak sama cinta pembodohan kirim ke mail gw pahlawan.bertopeng1@yahoo.ie gw tunggu yah…thx yah

  93. bambu runcing street crew said, on Oktober 26, 2007 at 6:07 pm

    uadahlah gak usah pada ribut………. mending benahin diri lo sendiri!!!

  94. bambu runcing street crew said, on Oktober 26, 2007 at 6:08 pm

    uadah gak usah pada ribut!benerin tu diri kalian sendiri……. kita semua sama….

  95. Ipang Enjoy Oi! said, on Oktober 29, 2007 at 1:19 am

    Buat marjinal gue percaya kalian kagak bakalan jadi pelacur-pelacur yang ninggalin dunia Indi Label sekali Indi tetap Indie. Toh kita semua udah janji pada diri kita sendiri buat ngejauhin yang namanya “MAPAN” toeh.

  96. Jawir said, on Oktober 29, 2007 at 3:19 am

    EH NGENTOD U SEMUA yang nGinA MARJINAL…Gw Jawir(andree jawir) aLumNi bonser3 Jakarta…
    gw tRun dari nErakA…buaT nuLis nicH kata bwt..
    gW mati di tembAk poLisi..taHun 1997an..kLo gAg pRcaya u Liat di KORAN/tanya bapak u yg tgl di jakarta…
    NGENTOD YG BENCI MARJINAL…u tau gA seehh….mArjinaL udah susah2 ngebela kita rakyat yang termarjinalkan…u malah ngebencinya…SN u rIbut aJ ma gw klo gag suka…dateng ke makam gw…pondok kopi…FUCKS!!!
    u kLo bukAn jiwa punk ga usah ikut2an punk…KONTOL…
    sebenernya yang ngerusak punk tuh u ndiri yang katrok2,,ga usah bawa2 nama punk dLm hidup u…NGENTOD…
    marjinal capek2 bikin lagu,dikejar2,nge bela lo pada…bALesannya BEGINI….gAg bisa ngargain orang apa LOE….
    U sEmua yang ngina marjinal,,CUMAN PUNK MUSIMAN..PunK KatRo..TAIIII…
    u tAu kNp gw bEnci MILITAR….U PIKIR NDIRI TU GIMANA TUH MILITER GMN…STPDN??KONTOL…
    —ku tak peduli ku dan kau siapa,,yang penting kusuka
    —ku tak peduli walau kau tak suka itu sudah biasa…
    u dengerin Lirik Marjinal..kLo u bner2 puNk..
    u benci np??tV..eH bego!!!emang tuh tv acara apaan…marjinal ke situ juga buat nge beLa Loe…ngeLawan miLiter…u bisa gag ngelakuin apa yang udah dilakuin marjinal…u KATROK…
    gw TUNGGU di MAKAM gw,, bwt orang YANG bEnci MarJinaL….
    KONTOL..saLam buAt r0mie Jahat…tatto nya keren…sendok ma garpu…mau makan??thx bos…w mAu tdR lagi..

  97. JAWAT said, on Oktober 29, 2007 at 3:21 am

    EH NGENTOD U SEMUA yang nGinA MARJINAL…Gw Jawir(andree jawat) aLumNi bonser3 Jakarta…
    gw tRun dari nErakA…buaT nuLis nicH kata bwt..
    gW mati di tembAk poLisi..taHun 1997an..kLo gAg pRcaya u Liat di KORAN/tanya bapak u yg tgl di jakarta…
    NGENTOD YG BENCI MARJINAL…u tau gA seehh….mArjinaL udah susah2 ngebela kita rakyat yang termarjinalkan…u malah ngebencinya…SN u rIbut aJ ma gw klo gag suka…dateng ke makam gw…pondok kopi…FUCKS!!!
    u kLo bukAn jiwa punk ga usah ikut2an punk…KONTOL…
    sebenernya yang ngerusak punk tuh u ndiri yang katrok2,,ga usah bawa2 nama punk dLm hidup u…NGENTOD…
    marjinal capek2 bikin lagu,dikejar2,nge bela lo pada…bALesannya BEGINI….gAg bisa ngargain orang apa LOE….
    U sEmua yang ngina marjinal,,CUMAN PUNK MUSIMAN..PunK KatRo..TAIIII…
    u tAu kNp gw bEnci MILITAR….U PIKIR NDIRI TU GIMANA TUH MILITER GMN…STPDN??KONTOL…
    —ku tak peduli ku dan kau siapa,,yang penting kusuka
    —ku tak peduli walau kau tak suka itu sudah biasa…
    u dengerin Lirik Marjinal..kLo u bner2 puNk..
    u benci np??tV..eH bego!!!emang tuh tv acara apaan…marjinal ke situ juga buat nge beLa Loe…ngeLawan miLiter…u bisa gag ngelakuin apa yang udah dilakuin marjinal…u KATROK…
    gw TUNGGU di MAKAM gw,, bwt orang YANG bEnci MarJinaL….
    KONTOL..saLam buAt r0mie Jahat…tatto nya keren…sendok ma garpu…mau makan??thx bos…w mAu tdR lagi..

  98. JAWAT said, on Oktober 29, 2007 at 3:22 am

    EH NGENTOD U SEMUA yang nGinA MARJINAL…Gw Jawat(andree jawat) aLumNi bonser3 Jakarta…
    gw tRun dari nErakA…buaT nuLis nicH kata bwt..
    gW mati di tembAk poLisi..taHun 1997an..kLo gAg pRcaya u Liat di KORAN/tanya bapak u yg tgl di jakarta…
    NGENTOD YG BENCI MARJINAL…u tau gA seehh….mArjinaL udah susah2 ngebela kita rakyat yang termarjinalkan…u malah ngebencinya…SN u rIbut aJ ma gw klo gag suka…dateng ke makam gw…pondok kopi…FUCKS!!!
    u kLo bukAn jiwa punk ga usah ikut2an punk…KONTOL…
    sebenernya yang ngerusak punk tuh u ndiri yang katrok2,,ga usah bawa2 nama punk dLm hidup u…NGENTOD…
    marjinal capek2 bikin lagu,dikejar2,nge bela lo pada…bALesannya BEGINI….gAg bisa ngargain orang apa LOE….
    U sEmua yang ngina marjinal,,CUMAN PUNK MUSIMAN..PunK KatRo..TAIIII…
    u tAu kNp gw bEnci MILITAR….U PIKIR NDIRI TU GIMANA TUH MILITER GMN…STPDN??KONTOL…
    —ku tak peduli ku dan kau siapa,,yang penting kusuka
    —ku tak peduli walau kau tak suka itu sudah biasa…
    u dengerin Lirik Marjinal..kLo u bner2 puNk..
    u benci np??tV..eH bego!!!emang tuh tv acara apaan…marjinal ke situ juga buat nge beLa Loe…ngeLawan miLiter…u bisa gag ngelakuin apa yang udah dilakuin marjinal…u KATROK…
    gw TUNGGU di MAKAM gw,, bwt orang YANG bEnci MarJinaL….
    KONTOL..saLam buAt r0mie Jahat…tatto nya keren…sendok ma garpu…mau makan??thx bos…w mAu tdR lagi..
    anjing gw salah nulis mulu…kbnyakan minum dineraka…gag suka lo!!!!???

  99. - said, on Oktober 29, 2007 at 3:24 am

    u gag seharusnya ngebenci marjinal..

  100. APARAT KEPARAT,POLISI BANGSAD,MILITER ANJING TAI KUCING.... said, on Oktober 29, 2007 at 3:33 am

    u gag seharusnya ngebenci marjinal..yang seharusnya di benci itu LOE…PUNK KATROK,MUSIMAN,IKUT2AN,,,kLo BUKAN JIWA LOE GA USAH IKUT….INI YANG DI SEBUT PUNK KEBERSAMAAN….YANG MEMBUNUH TEMENNYA SENDIRI….DAH LOE PUNK KATROK GAG BAKAL TAU ARTI KEBERSAMAAN….

  101. mavia412 said, on Oktober 29, 2007 at 6:42 am

    brengsex lo smua nya yg benci marjinal..ngajakin ribut gwe aja loe gwe klo bnci marjinal. slm gwe dari mavia_crew…om Bob minta lirik kaum pekerja donk…slm dari Q fans marjinal

  102. Randt Boreel said, on Oktober 30, 2007 at 1:04 pm

    kalian semua kenapa sih pada ribut2 soal Marjinal masuk TV mulu? Gw gak habis pikir kenapa lo2 gak mau ngebela sesama kamu. Satu perjuangan dengan kamu2 semua! Ya tentu Marjinal juga dulunya hidup dari streetpunk ato semacam itu. Berarti jelas mereka mengerti bagaimana hidup seperti itu. Marjinal memang sudah dikenal banyak orang. Tapi tidak berarti lantas mereka sombong kok. kenapa Superman is Dead adem ayem bawa2 label Punk, trus masuk Tv malah dibilang keren. Trus Marjinal yang membela kalian, masuk TV untuk mengangkat imej Punk biar gak katro dan salah tafsir di masyarakat malah dibilang goblog. Yang goblog itu kalian berani ngomongin sesuatu yang kalian sendiri belum tentu paham. Gw sempet juga gak suka ama mereka dari semenjak gw singgah di Taring Babi. Gw pergi dari situ pun ada rasa kebencian yang mendalam. Tapi akhirnya semua ini patut direnungkan. Yang salah itu gw waktu dulu dateng ke mereka cuma pengen bersenang2! Dan gw salah. Gw menyadari itu. Setiap kata yang terlontar dari mereka adalah sesuatu yang gak absurd. Gak kayak Green Day bisanya cuma jual2an lagu. Band2 mainstream pada manggung lalu rencana duit manggung buat donasi yayasan bohong2an yang dimanipulasi. Apa gunanya jadi terkenal kalo di akhir malah membodohi banyak orang. Sedangkan Marjinal masuk TV adalah untuk menyadarkan para intelek2 sok pinter padahal bego untuk membuktikan keeksistensian Punk bukanlah pembodohan, tapi realita. Karena realita dan untuk realita yang sudah ada. Biar mata kita melek. Bangun dari tidur lelap di kuburan akibat mabok2an dan pembunuhan karakter. Supaya kita bangkit berkreasi, menghargai sesama dan diri sendiri. Respek terhadap lingkungan sekitar dan tetangga juga keluarga sendiri. itu adalah bukti mereka menyelamatkan hidup gw sebetulnya. Yang asalnya bodoh, mabok2an, otak dodol berubah menjadi pemberontak yang mau mikir!
    Soal masuk TV, ya biarkan saja lha. Mereka punya hak untuk itu. Gw melihatnya dari kebaikan kita juga. Lagian mereka gak bikin berepisode2 kemudian kayak sinetron Samsul Badriah kan? so, apa masalahnya? Karena gw heran, sebelum Marjinal gw pernah nonton di suatu acara TV menampilkan suguhan dokumentasi Punk Indonesia. Ada beberapa yang diwawancara. Tapi kok adem2 aja, kagak bacot2 kayak kalian bacot Marjinal?
    Sudahlah. Kita semua bersaudara. Siapapun lo, dimanapun lo, semua berhak berbicara menurut kehendak masing2. Ini hanya sekilas tentang pengalaman gw kenal ama Marjinal. Mereka tidak seperti yang kalian kira.
    Ayolah maju indonesia. kalian bisa berkreasi masing2. Kreatif sajalah, gak usah kreatif cari kata2 sampah buat maen bacot orang lain. Toh, lo sendiri belum tentu bener di mata orang lain. Aing ge nyaho, sia hirup sorangan! Aing ge sorangan! matak tong loba2 ceta, loba2 omong mun teu nyaho nu diomongkeun naon!

  103. Randt Boreel said, on Oktober 30, 2007 at 1:09 pm

    satu kata lagi.. kalo memang mau bacot seseorang, menghujat seseorang ato suatu komunitas lalu merasa hebat, kenapa dong komennya kebanyakan pada anonim? pake dong nama asli, ato seenggaknya naman panggilan lo yang asli. Apa lo2 aja gak berani ya? mentang2 internet, bebas aja jadi siapapun juga. Mungkin juga ada orang bacot Marjinal, tapi kalo lagi ama mereka lo2 senyum2, bisa2, menyambut senang, alias bermuka dua? Who Knows?

  104. iezam said, on November 1, 2007 at 7:42 am

    hlo marjinal w nak wonosobo yang suka bngt ma marjinal.knapa ya w tu sulit bngt ntuk ngedapetin kaset asli marjinal. pokoknya u mang anak punk sejati i love u marjinal bsa kagk manggung diwonosobo jateng

  105. anbres_Mavia said, on November 2, 2007 at 10:20 am

    om bob, manggung di daerah gw donk,ciracas jak-tim,om yg laen bleh ke rmh om gak, pengen maen waktu itu tapi gak tw alamatnya,om bleh taw waktu itu emank manggung pa di fatmawati ? kata tmen gwe sich ada,mank bner ya? klo ada sorry gak nonton tadi sich pingin nonton Ngeri gak ada om.. pliiz om manggung di daerah gwe…Fuck bunga hitam!!sorry bercanda…slm dari mavia412……oi…oi..oi…..

  106. mavia412 said, on November 2, 2007 at 10:27 am

    om bob, manggung di daerah gw donk,ciracas jak-tim,om yg laen bleh ke rmh om gak, pengen maen waktu itu tapi gak tw alamatnya,om bleh taw waktu itu emank manggung pa di fatmawati ? kata tmen gwe sich ada,mank bner ya? klo ada sorry gak nonton tadi sich pingin nonton Ngeri gak ada om.. !!sorry bercanda…oi……oi…oi..oi…..

  107. mavia412 said, on November 2, 2007 at 10:27 am

    om bob, manggung di daerah gw donk,ciracas jak-tim,om yg laen bleh ke rmh om gak, pengen maen waktu itu tapi gak tw alamatnya,om bleh taw waktu itu emank manggung pa di fatmawati ? kata tmen gwe sich ada,mank bner ya? klo ada sorry gak nonton tadi sich pingin nonton Ngeri gak ada om.. oi……oi…oi..oi…..

  108. O! said, on November 3, 2007 at 1:31 pm

    BANGSAT lw semua yang udah ngihina marjinal inget donk kita itu semua bersaudara jangan bisanya cuma ngehina,marjinal masuk tivi toh untuk membela kita semua untuk menunjukan kpd masyarakat bahwa punk bukanlah SAMPAH toh masih banyak masalah yang harus diselesaikan di negri ini selain ngehina marjinal !!!! maju terus marjinal tetep DIY yah

  109. THE PROTESKERAS said, on November 3, 2007 at 1:58 pm

    bebaskan sajalah………

  110. THE PROTESKERAS said, on November 3, 2007 at 1:59 pm

    kan itu yg sering kita suarakan…..
    DILARANG MELARANG !!

  111. RASCAL said, on November 4, 2007 at 4:37 am

    JANHCOXXXXXXXX!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    KABEH SING NGILOKNO MARJINAL?????????
    ANCENE KOEN KABEH ISO NGILOKNO TOK!!!!!!!
    LEK G’ ISO NGELOKONI G’ USAH KAKEAN NYOCT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

  112. ragi_tape said, on November 5, 2007 at 8:22 am

    gw salut ama abang2 marjinal. abang2 smua patut diacungi jempooooll.walopun bnyak yg ngina marjinal jgn dianggep,ok? kayak waktu di bali abang2 kan maen gw gak sempet nonton abang trus dnger2 dr tmen yg nonton ktnya pas abang maen abang2 marjinal disambitin batu ya?
    wah itu namanya kekerasan.yang nyambitin abang2 gak pantes dsebut punk. mrk itu cuma anak2 mami yg baru terjun ke punk tp masih bawa2 budaya manjanya. pokoknya buat abang2 marjinal salam sejahtera dan tetep eksis di jalannya abang2,ok?

  113. SKDZINX_SATH said, on November 6, 2007 at 3:45 am

    Punk adalah pemikiran, Punk adalah idealisme, so buat “MARJINAL” jangan pernah berhenti buat lirik, jangan pernah berhenti untuk publikasi, gunakan semua media untuk menyampaikan “PERLAWANAN” terhadap ketidakadilan, kalo ada ANZINX MENGGONGGONG KITA TIMPUK AJA

  114. Al_bob_kemayoran said, on November 6, 2007 at 4:34 am

    sorry cuma mau bilang sorry……..

    sampe mana tadi ngebahas tentang marjinal….

    oia sampe dmn marjinal masuk tv…
    kok gtu aja repot, disini ternyata banyak yang sirik cuy, kayaknya ada yang mermuka dua bermulut lima,

    satu pembahasan yang ga abis2 tentang masalah masuknya marjinal di tv… smua dah diatur ama manusia bermuka dua tersebut.

    buktinya merka ga berani menyebutkan nama asli.

    sekarang begini aja kalo emang masalah ini ga kelar2 juga gmn klo kta diskusikan dalam jalur debat antara yang pro dan kontra tentang marjinal masuk tv……

    ada baiknya taring babi membuat suatu diskusi massal tentang arti kebebasan di kalangan Funx tersebut….

  115. Al_bob_kemayoran said, on November 6, 2007 at 4:46 am

    satu lagi

    buat yang pro n kontra tolong kalo nulis comment pake nama asli dong…

    biar semua tau siapa sie sebenernya yang kontra tersebut…

    jangan2 cuma satu nama dong lagi……

    sorry bukan pitnah, dsn kebebasan berbicara sangat di agungkan ,,,,,

    kalo bener emang lu ga suka marjinal masuk tv nah loe coba datang ke taring babi, setu babakan
    mereka pasti bakal nerima kedatangan kalian dengan baik ko.. abis itu kalian diskusikan apa masalah yang sbenernya terjadi…

    jangan kaya gni… cuma bisa menjilat, menghasut, menfitnah, memperkosa hak seseorang…………..

  116. Emo Scene said, on November 6, 2007 at 7:41 am

    Kita gak usah munafik toh smua orang pasti juga butuh duwit,kita liat aja Green Day yang gak diterima komunitasnya karna masuk rekaman orang kapitalis btw kita ambil manfaatnya aja
    Bwat Marjinal tetep Exist dan lebih banyak ngeluarin album anti Kapitalis karna Kapital adalah cara orang barat menjajah kita secara halus
    bwat kalian para pejabat yang gak mikirin kaum kecil kalian adalah Bangs*t ,F*ck<
    Dasar Politik BEjAt

  117. MaVe said, on November 9, 2007 at 5:16 am

    MArsinah di hati Marjinal di nanti wat gomloh nie g nyablon discount donks hei bagai mana kabar mu disana

  118. manjoe said, on November 10, 2007 at 2:22 am

    buat smua anak punk ngecengin marjinal gw rasa lo salah banget kalo terus maojokin marjinal soal marjinal masuk tv cuman pengen nunjukin bahwa kehidupan punk di indonesia itu kaya gitu

  119. manjoe bintaro said, on November 10, 2007 at 2:29 am

    buat bang bob,and bang mike bpoleh ga kita maen ke situ babakanlagi sambil bakar sate biawak, kita nyanyi lagu bareng bareng tenang perlawanan kita yang nga akan pernah putus, salam bwat umam ,ableh dan smua anak”tongkrongan marjinal dari nak punk bintaro

  120. AL_bob_kemayoran said, on November 10, 2007 at 7:41 am

    hai bang prof sang penggebuk drum…….

    BTW kapan bikin acara di kemayoran niee..

    oia waktu main di depan kecamatan kemayoran itu pake gitar band gw prof……

    kataiin fuck buat mereka yang sirik prof”

  121. B0dEt celeng said, on November 10, 2007 at 1:03 pm

    Oi! salam sodara Marjinal dr scene BHS bersatu
    lawang malang Qta2 dsini mo tnya kpn mo maen lg dsni? ktnya Marjinal ad konflik ya ama bunga hitam? c0z Qta2 dsini pnasaran koq ssama sodara ad konflik. pokoke Qta dsini ngedukung pergrakan marjinal nglawan penindasan n ktidakadilan di negri yg ngeri ini.salam B0Det CeleNG!!!

  122. Gojali_Riot said, on November 11, 2007 at 4:02 am

    JANGAN DENGAR OMONGAN MEREKA YANG TAK MENGERTI ARTI SOCIAL.
    MEREKA HANYA IRI DAN TAK BISA APA-APA.
    MAJULAH TERUS ”YANG PENTING KU SUKA”

  123. fanaticanz said, on November 13, 2007 at 4:46 am

    eh anjign asnjign semua.. ga usah sok anti media deh.. ga usah sok anti komersialisasi. Liat dulu dong tempatnya dimana.
    Tentang marjinal yang diliput team URABn, gua rasa bukan masalahg besar. Justru itu jadi langkah awal komunitas punk untuk nujukin punk itu sebenernya.
    Masalah kosmersialiasi mah ga ada tempatnya dalam kasus Marjinal masuk TV.
    Jelas banget kalo team dari URBAN negliat ada sisi yang harus orang tau. Liat aja kan sekarang, di mata masyarakat punk itu hanayalah berandal jalanan yang selelu mabuk dan aneh. Dan setelah ngeliat Marjinal, mereka kan bisa negliat denger + liat langsung apa arti punk dalam hati marjinal.
    Lagian gua juga salut ko ama marjinal, mereka tetep eksis dalam dunia punk dan tetep maju.
    Ga kayak poser poser punk yang ga bisa berkreasi bisa nya cum amohawk-mohakwan doang, belaga gembel tanpa kualitas.

    KEPP STRUGLE BRO…. KAPITALISM MUST DIE !

  124. Heroe street punk said, on November 14, 2007 at 5:10 am

    alow,gue street punk lampung,bandarjaya.
    bwt marjinal,mju trs bae!!!g usah dengerin ocehan anjink-anjink bangsat yg g tw tntang punk!!!!

  125. mentix's_oi said, on November 14, 2007 at 1:18 pm

    D.I.Y or die … ???

    Makan, Tidur, Minum Kopi, Alcohol, Nikotin, and Sex …

    Badas United te2p United, Equal Respect …

  126. Goplo_137 said, on November 14, 2007 at 1:25 pm

    Kapan keluarin album baru lagi ? …

    di tunggu temen2 badcowboy BADAS UNITED

    salam kenal dr temen2 OTAK BUSUK

  127. YUDIT GOSSUM said, on November 15, 2007 at 3:14 pm

    MARJINAL!!!!

    KAPaN maen k lombok????,,,,

    oRang lombok tuggu kdatangan mu????..

    Pemuda Urakan Nan Kreatif….

    tooooooooooP BBBBBBBBBGGT!!!

  128. zales said, on November 16, 2007 at 12:00 pm

    salam from anak2 cikarang I mizz u kita tunggu album barumu…. terus berkarya cuekin suara2 sumbang….

  129. black street said, on November 17, 2007 at 3:33 am

    tatatatatai tai tai u smua yg hina marjinal

    bwt marjinal maju terus jngan dngrn kt orng!!!!!
    mrekatu sirik atas k tnaran mu!!! kami black strit slalu mendukung mu!!! kpan marjinal manggung d bekasi???? kmi pngin dngrn lngsung sura marjinal

    gmana cranya kami bli kset slai marjinal,tp lgu lamanya? tlng krm cra ya ke mail w ya ni mail w {yul_nchexs@yahoo.co.id} kpn-kpn klo ke bks jngn lpa mpir ke smkn1 bks kranji karna bnyak kekersan disini

  130. Loetvy said, on November 17, 2007 at 6:52 am

    gw suka bgt ma marjinaL huuuuuu

    iLuphu

    paLagi ma Lgunya cinta pembodohan gw setuju bgt

    yg ngatain marjinaL gw doain semoga cepat mati dan masuk neraka

  131. NDENK PUNK_STREET OI said, on November 17, 2007 at 9:01 am

    W SETUJU MA LO SEMUA HIDUP MARJINAL!!!!!!!!!!! JANGAN DENGERIN ORANG-ORANG YANG GAK TAU ARTINYA PUNK!!!!! KAPAN MANGGUNG DI BEKASI W TGU YA????? YOI,JROTT!!!!!!!!!!!! W PENGEN BANGET MAEN KE MARKAS LOH YANG NAMANYA TARING BABI… POKOKNYA DARI HATI W YANG PALING DALEM W NYATAKAN ANTI KEKERASAN,PENINDASAN DI MUKA BUMI PERTIWI!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! MAJU TERUS PANTANG MUNDUR KAWAN TERIAKAN TERUS SUARA REALITY MU………… HIDUP PUNK/ PUNK NOT DEAD!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  132. PSYCHO FUCK said, on November 17, 2007 at 9:12 am

    WOOY PA KABAR LO SEMUA!!!!!!!1
    W TIDAK SETUJU DENGAN KEKERASAN PA LAGI MA ORANG-ORANG YANG KAYA JAGOAN NEON,,,,,KAMI SELALUU MENDUKUNG MU KOMUNITAS MARJINAL IKUTI KATA HATIMU BIARIN ORANG ORANG JELEK-JELEKIN LOH TAP W TETEP SETIA MA LO SAMPE TITIK DARAH PENGHABISAN!!!!!!!!!

  133. siraja tega said, on November 17, 2007 at 5:04 pm

    hahahaha…lu pada knapa yah? koq marah2 dan hasut sana sini?hehehe…gue aja gak knapa2….huahahahaha

  134. rascal crew said, on November 18, 2007 at 5:38 am

    halo abang2 kapan ke malang lagi????????

  135. fery & ryjan said, on November 19, 2007 at 4:59 am

    kalo gw pikir..
    lo semua yang menghina marjinal masih kayak anak ingusan yang bisa ngebacot doang tanpa pembuktian..
    dari pada lo cuma bisa ngbacot menghina dan menghujat mending kita semua menyatukan visi..
    kita tunjukan pada masyarakat dan orang orang awam di luar sana apa arti “PUNK” itu sbenarnya..
    gak cape ap lo semua satu komunitas pake ngeributin hal yang gak pantes di ributin??
    loe menghina marjinal seakan loe udh berbuat sesuatu yang lebih dari marjinal..
    otak kita gak ada yang sama jadi rayakanlah segala perbedaan..

    jangan berpikiran dengki dan negativ..
    coba lo pikir apa yang udah lo lakuin buat komunitas??
    apa yang udah lo lakuin buat orang terdekat lo??

    ini adalah salah satu jalan dengan menggunakan media dengan kreatif bukan menggunakan media demi promosi diri…

    apa waktu di tv marjinal meneriakan sesuatu yang berbau komersil??

    jangan mencari kesalahan mari kita cari kebenaran..
    indahnya jika kita bersatu kembali dan meneriakan suara-suara kita yang tertutup oleh berita-berita korup bangsa ini…

    SATUKSN ARAH & TUJUAN

    -BRSK-

  136. fery & ryjan said, on November 19, 2007 at 5:03 am

    kalo gw pikir..
    lo semua yang menghina marjinal masih kayak anak ingusan yang bisa ngebacot doang tanpa pembuktian..
    dari pada lo cuma bisa ngbacot menghina dan menghujat mending kita semua menyatukan visi..
    kita tunjukan pada masyarakat dan orang orang awam di luar sana apa arti “PUNK” itu sbenarnya..

    loe menghina marjinal seakan loe udh berbuat sesuatu yang lebih dari marjinal..
    otak kita gak ada yang sama jadi rayakanlah segala perbedaan..

    jangan berpikiran dengki dan negativ..
    coba lo pikir apa yang udah lo lakuin buat komunitas??
    apa yang udah lo lakuin buat orang terdekat lo??

    ini adalah salah satu jalan dengan menggunakan media dengan kreatif bukan menggunakan media demi promosi diri…

    apa waktu di tv marjinal meneriakan sesuatu yang berbau komersil??

    jangan mencari kesalahan mari kita cari kebenaran..
    indahnya jika kita bersatu kembali dan meneriakan suara-suara kita yang tertutup oleh berita-berita korup bangsa ini…

    SATUKSN ARAH & TUJUAN

    -BRSK-

  137. wakek said, on November 19, 2007 at 7:09 am

    MONYET NYEMOT MONYET NYEMOT MONKEY POP STAR ANJINK

  138. wakek said, on November 19, 2007 at 7:18 am

    GW wakek nak bangka,,gw trmsk orang yang sk marjinal,,gw plng g sk sm rang yang cm ngkikut ngepunk tapi g tw artinya…………………………

  139. Chitoes said, on November 19, 2007 at 7:26 am

    ANJINK LO SMUA yg jelek-jelekin marjinal Padahal lo cuma ikut ikutan doang padahal sesama punk kan harus saling kerja sama,mendingan lo gantunk diri aj di pohon jengkol klo ga minum racun SERANGGA

  140. mami ompong&B'DUL said, on November 20, 2007 at 3:31 am

    Buuat yg ngatain marjinal mungkin mereka belum merasakan kehidupan yang nyata….mungkin banyak yang nyebut punk itu anti media anti kemapanan.nah sekarang ente pade liat dweh band punk rock di luar sana…gak ad tuch yg merasa keusik ma kehadiran punk di media….coba dweh sekali2 lw maen ke taring babi atw bisa d bilang kontrakan lw liat tuch kehidupannya mereka baru lw ngomong….ju7stru malah bagus ada generasi punk nongol di tv…itu membuktikan perjuangan mereka gak sia2…gara2 marjinal msk tv emak w jadi tau kalo punk itu gak semua nya bejad….makanya jangan liat buku dr sampulnya…ga cm mabok2kan…nenggak INTISARI se krat….ga cuma itu tapi marjinal itu berkarya….makanya lw pada yang ngatein marjinal baca dulu dweh koran marjinal……

    BUAT MIKE….ANAK LW NIKITA KY KEPONAKAN W

    BUAT BOBY….BIKIN TATTO MA LW KIRA2 BUGGET NA BRAPA…W TW LW GA NARIFIN HARGA….

    WAT UMAM&BOBY….AJARIN GAMBAR DONX……..KLO GA CR BIKIN WOOD CUT…

    WAT BANG BOPAK DAH PNYA BINI PA BLM…..

    HORMAT DWEH PADA PRESIDEN GOMBLOH YANG AD D TARBI….KAPAN KAWIN MA YULI

  141. mami ompong&B'DUL said, on November 20, 2007 at 3:34 am

    oi…umam klo bikin baju gambar kita sendiri kena nya brapa………

  142. bety said, on November 22, 2007 at 12:44 pm

    anda semua emang brengsex….

    blm tentu anda sebagai manusia dpt menjadi spt marjinal yg dpt menyuarakan isi hati mereka….

    ……….

    cheers

  143. Nunu Id said, on November 23, 2007 at 2:31 am

    MARJINAL……
    Kapan kita konser di TV lagi????

    Swerr…..
    Nenek w aj yang udah berumur 60 taonan bilang
    lu semua KATROX…………

    Sampai jupa di Negeri Ngeri….
    (lagu murahan….)

    KONTOL….NGENTOT…..ASSHOLE….

    mendingan masuk NERAKA aja deh lu semua….

  144. gang Setia budi said, on November 24, 2007 at 4:02 am

    om bob…..
    lam knal???..
    ne qt dr lombok!!

    gk uSAH peduli Ma Semua Kritikan Dri anjing-anjing Penjilad yang ngaku Punk tp gk ngerti Apa Ceah itu punk …
    qt tau Mksd om bob Baik untuk menyebarkan Punk

    Mereka gk ngerti Apa itu Soul OF Punk…
    Sbenernya Mereka lah yg Anjing….
    anjing tempatmu d pasar ja…
    hanya menjilad dan menjilad…………….

    om bob kapan ne MARjinal maen k lombok?????

    Qt tunggu……!!!
    oi!oi!oi!….

    …..SOECIPTO CHAOS…..

  145. prakoso anak imo nih said, on November 26, 2007 at 9:23 am

    eh marjinal norak lo baru ngetop! aja nih kenalin gue anak imo dari komunitas kiling me inside blok m mo ngajakin lo ribut. lagi emang malamminggu yg lalu w jebol ntar lo bakalan gue balas
    *marjinal keparat*
    *marjinal bangsat*
    *marjinal anjing tai kucing*
    MARJINAL FUCK
    marjinal lo ga sa itung 1+1+8 dasar bego lo mo SEKOLAH GRATIS NTAR JAMAN GLOBALISASI

  146. prakoso said, on November 26, 2007 at 9:29 am

    oke w suka banget ama pemberontak marjinal mudah mudah an lo mati lagi konser
    PEMBERONTAK MARJINAL
    DARI PADA MARJINAL MENDINGAN GUE DENGERIN LAGU RADJA
    KONTOL KONTOL KONTOL KONTOL KONTOL KONTOL KONTOL KONTOL KONTOL KONTOL KONTOL KONTOL KONTOL KONTOL KONTOL
    NIH KATA KATA KHUSUS BUAT MARJINAL

  147. Punk_Muts said, on November 30, 2007 at 3:53 am

    marjinal tu kerenz bis tapi w cari lagu anti abri n anti military susah bgd yg pny plis ya hub 085695853805 tapi yg gratis

  148. fajar said, on November 30, 2007 at 8:02 am

    marjinal ngentot kontol jamban
    gue anak reggae nih norak lo kontol eh anjing marjinal brengsek w ga s ka ama marjinal gue anak reggae nih tar k lo lo konser w bakal rusuhin tuh konser lo, salam anak reggae
    kontol anjing memek lo

  149. tanpa_nama said, on Desember 4, 2007 at 12:14 am

    hi…kawan(marjinal.red), kita sudah lama tak sua….AFRA _PRD….kmu masih saja tidak mengerti. Kawan…ingat…ingat…, ini dunia nyata. tak mengenal sistem komunal. siapa saja, apa bentuk, & tindakan penguasa akan berakhir pada tindakan tirani….kmu ingat saat kmu naik bis untuk nongkrong trus kita di temeni iwang adenya “Uman”…kita ga pernah bayar….itu yang kita sebut persamaan hak? …… mereka takut untuk minta bayaran ma kita…. mereka takut kita berbuat kasar…. itu yang kamu sebut persamaan hak? tanpa sadar kita telah bersikap menjadi tirani kecil….tanpa sadar kita telah menjadi penindas kecil….ingat kawan aku akan tetap menjadi belati dalam merahmu…hingga nanti kudapati kau dapat mengerti. hingga kau sadari makna society yang sesungguhnya… sebelum kmu dapat menghargai nasi… kmu tak akan pernah tahu arti keluarga, saudara, lingkungan, dan negara…..

  150. indra said, on Desember 4, 2007 at 8:44 am

    w penggemar marjinal nih bagi lo yang suka ngatain marjinal lotuh yang keparat dan bangsat kaloberani datengin gw nih anak punk pondok kopi kontol losemua

  151. indra said, on Desember 4, 2007 at 8:47 am

    anjing lo anak imo kontol lo semua ribut aja lo sini siapa yang berani ngatain marjinal mati aja lo sono .demi marsinah ku aku rela bekorban.majulah ke depan lawan kemiskinan.

  152. indra said, on Desember 4, 2007 at 8:48 am

    punk pondok kopi hallo semuanya ini w beler kita bantai yuk anak imo

  153. FUCKING MARJINAL said, on Desember 6, 2007 at 9:41 am

    MARJINAL KONTOL LOE CUMA ARTIS YANG LAGI NAEK DAUN !!!, KATANYA LOE SEORANG PUNK TAPI KENAPA LOE BISA MASUK TIPI ?!,APA LOE CARI POPULARITAS ATAU PENGEN JADI ARTIS YANG SELALU MUNCUL DI TIPI.
    ANJINK BUAT LOE SEMUA……………………….!!!!!

    FUCK OF YUOR SELF !!!!

  154. IMO said said, on Desember 6, 2007 at 9:45 am

    HEY LOE INDRA LOE NAK MANA LOE MO RIBUT MA GW ?!!!,
    GW ANAK IMO YANG LOE KATA KONTOL ITU.GW IMO GAK KAYA LOE PUNK GEMBEL N’ SAMPAH MASYARAKAT.GW ANAK THE JAK PRIOK

  155. IMO said said, on Desember 6, 2007 at 9:46 am

    PUNK GOBLOK GW IMO. ANAK THE JAK PRIOK

  156. beler said, on Desember 6, 2007 at 9:49 am

    sama lo semua ngentot 2x w anak marjinal nih lo jangan ngatain marjinal kaya begitu donk kalo berani lo ribut aja ama w sini w tungguin di pondok kopi …………………

  157. Banting tulang malang said, on Desember 8, 2007 at 2:26 am

    bwat marjinal…
    qt anak2 street punk malang,akn trus ndukung smua tindakan perlawananmu trhadap penindasan dll….
    biarin aj,byk orang yang bacot apapun terserah…
    mreka hanya anak ingusan yg g tw apa itu punk.mreka hanya bisa komentar g jelas n g bertanggung jawab…
    buat bang bob n mike,slam satu jiwa dari Punk Arema Malang…
    N’ buat smua anak punk smuanya,slam smuanya..
    Jangan pernah menyerah dan diam melihat tindakan kesewenang-wenangan…
    PUNK NEVER DIE,TOGETHER….

  158. Banting tulang malang said, on Desember 8, 2007 at 2:36 am

    hey,para ank emo!!!
    low jgan cm bisa ngonmong doang…
    low g tw ap itu punk.lo cm bisa BACOT doang!!!
    Qt disini para punk,memiliki k’stuan visi dan misi yg sma.low g tw ya,ada visi dr punk yg bertuliskan ANTI RASIS??
    GOBLOK LO SEMUA KLO G TAU…
    Lo emang sampah masyarakat yg bisanya cmn bacot doang..
    marjinal masuk tivi,kreatif man!!!
    mreka bisa memanfaatkan media untuk mempresentasikan APA ITU PUNK n MARJINAL.
    mreka pgn membuka mata masyarakat bahwa Punk itu g seperti yg orang2 kira.jd lo smua g usah banyak bacot deh!!klo emg lo g tw apa sbenernya..
    KEPARAT lo SMUA… yang nganggep MARJINAL ntu negatiFF!!!
    Banting Tulang… street punk Malang!!

  159. BULE_DENPASAR ERROR said, on Desember 10, 2007 at 1:37 pm

    MARJINAL………..buat aku itu sih ga masalah kalo sebuah band punk untuk masuk tivi…MARJINAL telah memperkenalkan PUNK kepada masyarakat bahwa PUNK bukan sampah,perusak,pembuat onar,ato yg cuman bergaya di dalam aliran PUNK…….bangkitlah kawan…
    jangan saling mencaci ato menilai buruk orang…
    melainkan bangkit melawan penindasan……

    from Denpasar street punk

    salam wat smua street punk yang menjunjung tinggi KEBERSAMAAN

    BULE NGERI

  160. tokenz said, on Desember 11, 2007 at 3:29 am

    gw anak underground tapi gw suka dengan lirik2 marjinal…..

  161. tokenz said, on Desember 11, 2007 at 3:31 am

    masa lw semua 1 saudara saling menghina, mencaci memaki…….SUPPORT DONG…….bego lw pada yang menghina marjinal…………..

  162. Leftist said, on Desember 12, 2007 at 10:10 am

    HIDUP MARJINAL.. DI MALAYSIA MARJINAL POPULAR BANGAT…

  163. azir said, on Desember 15, 2007 at 1:42 am

    Marjinal!!! kapan nih mau maen di malang??
    Reuni akbar kmaren rncnanya mau maen,tp gag jadi…
    Qt semua street punk malang rindu kamu maen lagi di malang.
    Qt smua pgen ndengerin lirik2nya marjinal yang sheeep bgt..
    Marjinal!!!
    biarin mreka2 yang gag tau apa itu punk,teruz komentar yang gak mndukung.
    yang penting Qt ank2 yang ngerti apa itu punk,akan teruz ngedukung kalian semua.

    SATUKAN VISI DAN TUJUAN,RAPATKAN BARISAN,KEPALKAN TANGAN TUK MELAWAN SEMUA TINDAKAN KETIDAKADILAN DAN SEWENANG-WENANGAN!!!!

  164. azir said, on Desember 15, 2007 at 2:37 am

    Setelah gue pikir2,ternyata emang bener.
    ngapain kita saling hina dan mencela.katanya kita “UNITED WE STAND,DEVIDED WE FALL”.
    KITA smua emang gag seharusnya saling menghina dengan mengatasnamakan scene atau grup musik.
    KITA harus slalu bersatu tuk melawan penindasan yang ada.
    klo kita terus2an saling nyela,malah nambah2in musuh aj.
    kita kan punya kesamaan satu visi dan tujuan,apakah seharusnya kita saling cela jika ada perbedaan yang ada???
    ayo kawan!! kita bersatu demi perubahan!!!
    and sekali lagi….
    UNITED WE STAND,DEVIDED WE FALL.
    Bwat marjinal:
    TERUZ HASILKAN LIRIK2 DENGAN SEMANGAT PERLAWANAN.

    Dan buat kawan2:
    perbedaan diantara kita,tidak ada maslah.sekarang bagaimana kita menyatukan perbedaan tersebut menjadi indah dan bermakna.

  165. riot_88 said, on Desember 15, 2007 at 5:20 am

    cuma mo sedikit coment…

    begitu banyak people punk merespon di blogs ini…
    ada yang pro ….
    n banyak juga yang kontra…

    cuman satu yang aq tanyain…

    mana nich tanggapan langsung dari marjinal’s band…

    aq gag memihak sapa2…

    yang aq mau negri ini butuh kalian2 smua….

    satukan tekad kalian…
    pakai street lo…
    angkat boot lo…

    n let’z go to say ‘oi…..

  166. TREZZJAVA said, on Desember 15, 2007 at 6:10 pm

    MARJINAL BAND
    Buat aku
    Marjinal inspirasiku
    Marjinal ide pikiranku
    Marjinal penyemangatku
    Marjinal darah dalam tubuhku
    Marjinal ………. my best punx band

    MAJU TERUS WALAU KAU DICACI MAKI
    WUJUDKAN DUNIA INI TANPA ADANYA PEMBODOHAN
    Marjinal memang untuk kaum tersisihkan
    (Masuk TV why not ? marjinal menjelaskan apa itu punx bukan cari sensasi)

    KU TAK PEDULI WALAU KAU TAK SUKA ITU SUDAH BIASA

    bwt marjinal kapan ke malang ?

  167. goFFar_STRO'S said, on Desember 16, 2007 at 2:34 am

    oioio………………

    punk bersatu takkan bisa di kalah kan
    punk lahir dari kebersamaan???!!!!
    mengapa qta sesama punk saling menghina dan menggugat satu sama lain, alangkah baiknya jika kita bersatu menentang sistem negara ini, dan tindas kaum penindan….!!!!

  168. mahendra said, on Desember 16, 2007 at 3:30 pm

    oioi.

    bwat elo2 yg ngaku punker!

    punk bukan sekedar musik!

    klo u mengkotak2kan punk dengan dengan suatu pemahaman sebagai genre ato aliran musik!

    berartu lo ud dijebak ama pemikiran kapitalisme yang menuntut money orientation dan persaingan tidak sehat!!

    punk itu sebuah pemikiran!

    ingat itu!

    buat u yg cuma trendy wankers ato apapunlah namanya mending tanggalin aj semua atribut lu!

    cukur mohawk lu!!

    lepasin boot lu!!

    bakar jaket kulit lu!!

    dan tinggalkanlah punk untuk selamanya!!

    lo tuh cuman menodai esensi idari punk!!

  169. ade said, on Desember 20, 2007 at 1:20 am

    gw salut ma marjina..
    klo msuk tv bkan brarti mreka tu cm nmpang doang..
    tetapi juga mendklerasikan bahwa kaum punk itu ada.. jangan menganggap tv itu musuh kita..
    sex pistols ma band laennya di luar sono juga masuk tv.. karna mereka ingin memperjuanggkan bahwa mereka itu ada.. bukan semata-mata untuk komersil belaka..
    salut bwt MARJINAL
    youll never walk alone..

  170. sarah said, on Desember 21, 2007 at 4:00 am

    hy nama w sarah…
    sebenerna w gx tau apa arti punk’s sebenerna…
    yg w tau punk’s ntu adlah suatu kebersamaan…
    end than 1 gi,dr awal w dagh baca semua komen tentng nih semua…
    menurut w bener,ngapain seh pd ribut,mencemoohkan,kan sm”punya masing”….
    sarah suka bad sm marjinal,bunga hitam….
    tp gx da salahna dunk’s kl smua ntu masuk tv…
    kan biar orng liat gimana kehidupan ank punk’s…
    tp yg w sayank kan kenapa waktu konser marjinal d’blok M rusuk bad seh….
    sampe kulit w lecet…
    w gx mo kejadian ntu terulang gi…
    buat u semua yg ngaku sebagai punk’s gx usah dech saling gitu…
    dagh gitu ja dech….

  171. sarah said, on Desember 21, 2007 at 4:04 am

    btw kl w kasih saran mending semua bersatu ja dech,melawan tindak anarkris d’indonesia…
    u semua tuh ank penerus bangsa,walaupun bangsana begitu…
    okey,,,,
    salam buat semua ank”

    ladys_cutepinky@plasa.com

  172. Heroe street punk said, on Desember 21, 2007 at 8:29 am

    woy!!!!
    buat yg ngaku ank Reggae+imo tdi,gw ada coment dikit neh!!!lo smua pada iri ma marjinal!!!!gw yakin bgt,lo pada jga pengen msuk TV!!!dasar MUNAFIK!!!!FUCK OFF!!!!
    Lo lbih bae’ urusin tuh scene lo masing2,udah bener smua pa blom???!!!!!ga usah banyak omong deh!!!!BRISICK NGENTOT!!!!!!!!!

  173. trojok sejati said, on Desember 21, 2007 at 11:18 pm

    oi oi … sebenarnya saya agak terlambat membaca tulisan ini karena saya memang bukan manusia computer yang setiap saat betah didepan computer.. surfing…milis,loading dll. Lagian saya ga punya akses ke internet selain merental kesalah satu warnet yang ada didaerah saya di radio dalam. Dan ada baiknya saya terlambat membaca tulisan kang mas Yanuar sholeh ini,karena saya lihat tanggal tulisan nya adalah tgl 12 bulan april 2007,sedangkan saya baru membacanya pada tanggal 13 Desember 2007…sudah terlewat 7 bulan lamanya,tapi tampaknya saya harus tetap merespon tulisan kang mas Yanuar,karena tampaknya dia sangat sayang kepada saya,sampai-sampai urusan masuk tipi dibawa-bawa keurusan Jakarta bersatu,kenapa ga sekalian aja masalah saya sunat dulu bagaimana…ngomong-ngomong saya memang benar-benar sudah sunat loh,mau coba?? Monggo njengking…Begitu berartikah saya di komunitas ini? atau begitu menakutkan? sampai2 nama dan band2nan saya nangkring disitu…atau ini salah satu cara pembunuhan karakter dikomunitas?? Sekali lagi monggo…silakan saja…bebas!!! Seperti kata pembesar2 punk disini bahwa punk itu bebas…bebaskan dirimu tanpa aturan, tanpa batas sampai dirimu bertindak seperti hewan!!! Terserah!!! Bukan begitu bukan?? Bukan !!! Ga ada yang perlu ditutupi atau ditakuti disini,bagi gw komunitas ini adalah keluarga terbaik yang gw punya dan gw percaya…kalau gw harus telanjang disini ga masalah, ga perlu malu,kita ga melakukan hal yang membawa kepentingan pribadi koq…okeh ceerrr…lanjut

    Pertama

    Yah saya benar-benar Eko kr yang disebut oleh kang mas yanuar, kalo mau cari saya…insya Allah saya bisa ditemui dimana aja kalian mau, bisa di markas kami di Antimusic Jl.gandaria 1 no.8 atau mau ketemuan di Movement rec, atau di Daily life/sekre/48 tempatnya kawan meruya,atau di proklamasi/markipat tempat kawan2 depok,atau diciputat ditempat kawan sexy pig,atau dilapak blok m,diwarrior tempat kawan2 manggarai, cipulir, cileduk, ps.minggu, mampang, bintaro, cirendeu, kedoya, tj.duren…bekasi,tangerang,bogor scene/komunitas/kawan-kawan dimana di Jakarta kalian mau atau di taring babi sekalian saya akan dengan senang hati datang…kalau diluar Jakarta juga bisa aja terserah..tapi masak iya gw tinggal dijakarta lu ngajak ketemuan di ambon ceeerrr…yang bener aje. Okeh

    Kedua

    Huahahahahhaha masalah cluster bomb unit, untuk masalah ini kami sudah membacanya dari sekitar bulan tulisan itu dikeluarkan,waduh2 saya melihat tulisannya koq kayak anak TK atau anak kecil yang melakukan kesalahah dan ga mau disalahkan sendiri. Kenapa kalau kalian yakin masuk TV adalah tindakan sadar dan benar kenapa kalian ga pertahankan itu sampai titik darah penghabisan kalian!! Kenapa kalian malah berbicara “siy itu juga masuk TV tuh” dan bla-bla-bla. Sbelum kalian melakukan hal itu, kalian tentunya sudah tau konsekwensi yang akan kalian hadapi di depan, Walau sakit yang kalian dapatkan hadapilah secara jumawa,secara tegak kepala…kalau memang kalian jujur apa yang kalian lakukan ini untuk kepentingan orang banyak bukan untuk kepentingan pribadi atau golongan, pasti kebenarannya lambat laun akan terlihat…ingat kawan sesuatu yang buruk itu datangnya membabibuta langsung kelihatan dimana-mana, tetapi sesuatu yang baik dan benar datang nya pelan..pelan..tapi pasti dan yakin. Kalau pada akhirnya semua ini adalah benar,kenapa kita semua tidak mengikutinya. Maksudnya kalau masuk TV pada akhirnya adalah benar dan sudah relevan dengan apa yang kita perjuangkan selama ini…yuk kita sama-sama MASUK TV. Berpeganganlah pada akar atau dahan yang kuat ketika kita ingin mencapai puncak,jangan berpegangan pada sehelai rumput yang jelas2 tidak bisa menopang berat tubuh kita…dan lihat lawan dengan jelas walaupun kita dalam keadaan terpojok,arahkan tinjumu kesasaran yang benar jangan membuang2 tenaga terus2an dengan hanya memukul angin.

    Kembali lagi kemasalah CBU,saya sudah mengenal Oliver (drummer CBU) secara langsung sejak saya ikut mengorganize acara ABC PARTISAN GIGS pada tahun 2003, dimana diacara tersebut Oliver bermain sebagai additional drum di band POWER OF IDEA,kemudian pada tahun 2005 Oliver datang kembali dengan band aslinya dia yaitu

    Cluster Bomb Unit yang disingkat CBU bersama dengan beberapa crewnya. Disini saya ikut mengorganize acara dari awal sampai kepulangan mereka. Secara pribadi saya dan beberapa kawan di antimusic malahan lebih dekat dengan kakak beradik yang ada di CBU yaitu Julia ‘vocal’ dan adiknya si Moritz ‘bass’. Ketika para personil lainnya sibuk jalan-jalan,mereka lebih memilih ngobrol2 dengan kami di Antimusic. Saya juga yang membawa mereka untuk mengenal komunitas-komunitas lainya dijakarta,termasuk mengenalkannya ke taring babi. Pada tahun 2006 mereka kembali lagi untuk tour di Indonesia,tetapi kali ini saya tidak ikut mengorganizenya, karena kerjaan saya sedang padat saat itu. Yang saya tahu sehari sebelum kedatangan mereka kawan saya ARI dan ANDRASH yang mengorganize acaranya menelpon mengabarkan bahwa mereka/CBU ingin berkunjung ke Antimusic…saya bilang oke ga masalah,siapapun boleh datang ketempat kami,apalagi mereka yang jelas-jelas setahun sebelumnya pernah berkunjung dan datang jauh-jauh dari benua yang berbeda. Kami hanya berusaha untuk menjadi tuan rumah yang baik. Ketika CBU dan crew nya sampai di tanah air mereka langsung menuju hotel,dan yang membuat kami sedikit bingung beberapa dari mereka langsung ingin ke Antimusic,wah wah segitu kangennya kah mereka kepada kami?? Sekitar jam 12 siang Ari menelpon dan mengabarkan mreka ingin ke Antimusic, tapi saya sedang diluar..lagi ngurus kerjaan cetakan…saya bilang “sore aja ri ke Antimusic nya” dan akhirnya mereka ke Movement dulu sebelum akhirnya ke tempat kami Antimusic pada sore harinya. Yang datang pertama kali adalah Andreas geiger (andy), Bernadette, dan si keriting Patrick Veigel , saya juga sudah kenal dengan Andy pada tahun kedatangan pertama mereka. Pokoknya mereka langsung mengeluarkan semua atribut Media mereka seperti Kamera DV, recorder,microphone dll. Yang saya tahu mereka adalah kawan lama kami yang datang untuk mendokumentasikan segala sesuatunya yang berbau tour CBU di Indonesia.

    Dan sebelumnya kami pernah dikirimi VCD documentary karya Andreas Geiger yang berjudul HEAVY METAL AUF DEM LANDE, yang berisi tentang Documentary Scene Heavy metal disana. Dan yang kami tahu bahwa mereka ingin membuat proyek yang sama tentang Documentary Scene Punk disini dan akan dibuat kedalam format VCD sama dengan karya sebelumnya. Woiiiii kalau memang pada akhirnya film documentary itu dimasukan ke salah satu stasiun televisi di Jerman sana itu benar2 di luar sepengetahuan kami di Antimusic. Waktu pertama kali melihat trailernya/cuplikannya lewat U-tube (salah satu media download gratis di internet), saya kaget dan langsung bertanya kepada salah satu kawan disini,apakah ini benar?? Lalu saya coba Tanya kepada beberapa kawan di Jakarta dan sebagian juga saya coba cari info kepada kawan yang ada di kota Liepzig dan Hannover (kebetulan kami juga punya koneksi kesana). Yah betul.memang tayangan itu dikeluarkan oleh EIKON (semacam production home disana) yang bermarkas di Stuttgart yang bekerja sama denga ARTE tivi yang di sinyalir sebagai tivi pemerintah yang mempunyai program khusus menayangkan masalah seni dan budaya. Yang mempunyai jangkauan se Eropa dan juga mempunyai kerjasama dengan Televisi Australia. Singkat cerita hub kami dengan tim Stuttgart saat ini masih belum kondusif, karena mereka sekarang banyak dikecam oleh kawan mereka dari Jerman sendiri sehubungan dengan ketidak terbukaaan mereka kepada kami di Indonesia. Kami adalah MANUSIA!!! Bukan monyet yang ingin menjadi manusia…terakhir pada poin ini kami benar-benar tertawa ketika ada tulisan saya dan kawan-kawan dibilang munafik dengan dikatakan membawakan tripod dan menenteng-nenteng alat2 mereka. Yah saya ingat kejadian itu…ketika acara konser CBU dibulungan yang kedua (2006 show) sudah selesai, kami semua sudah capek dan timbulah ide2 konyol kami,dengan meminjam semua property media mereka seperti kamera DV,tripod dan alat perekam suara nya untuk kami pakai mewawancarai mereka kembali (gantian mereka yang kami tanya macam-macam, semau kami), kami juga keliling2 membawa property itu dan menanyakan keadaan2 panitia yang saat itu sudah kelelahan. Yang jelas saat itu apa yang kami lakukan mengundang banyak tawa orang-orang yang ada disekitar situ,termasuk si bule-bule itu yang mengatakan kami gila, disamping bahwa mungkin sebenarnya mereka takut propertynya rusak oleh kami. Oooohhh mungkin dari kejauhan ada yang melihat kelakuan kami,dan kami dibilang seperti yang dikatakan kang mas yanuar atau kang mas haskha. Byoh byoh byoh apa kang mas yanuar benar2 melihat kejadian itu dengan mata kepala sendiri?? Kalau tidak…seimbangkah porsi yang dikeluarkan disini??

    Ketiga

    Masalah SMS!!! Saya secara pribadi kenal dekat dengan Mike guitarisnya marjinal,maaf kenapa saya sebut nama Mike saja walaupun saya juga kenal dekat dengan semua yang ada di taring babi seperti “Dodidislike” (kawan lama sejak sebelum krisis ekonomi sebelum saya kenal dengan kawan taringbabi lainnya),juga kenal “Bob oi” orang yang selalu tersenyum dan selalu mau membantu ketika banyak kawan memerlukan bantuannya, “Ableh kuda” walau tidak terlalu menonjol diantara yang lain…tapi ingat air tenang menghanyutkan bleh, juga “Romi Jahat” wah-wah kalau bapak yang satu ini Mantaaaaap deh!! Selalu lucu,rendah hati dan selalu mantap dilihat baik dipanggung ataupun diluar panggung…oke lanjut. Ketika pertama kali dengar marjinal akan masuk TV (baru iklannya doang ceeerr). Gw langsung mengirim SMS ke Mike pake no gw pribadi yang Mike juga menyimpannya. Dan itu juga hanya satu kali, Bunyinya seperti ini “Mike gw ga mau masuk lubang tai seperti lu” dan mike membalas “kebebasan berpendapat bagi setiap orang” mantaaap itulah mike yang gw kenal selama ini selalu bisa menjawab setiap pertanyaan secara diplomatis. Selesai sampai situ kami ngga ada contack lagi. Yang ada beberapa hari setelah acara tersebut tayang, saya pribadi jujur banyak sekali mendapat SMS dari kawan2 di Jakarta dan daerah yang menanyakan perihal kejadian tersebut…dan saya jawab “tanyakan saja langsung kepada yang bersangkutan” kalau saya sebagai Pribadi masih percaya dengan apa yang kami yakini selama ini. Nah disini niy yang bikin saya bingung, koq ga lama setelah itu beredar rumor kalo perbedaan ini seakan-akan menjadi sebuah perang antara komunitas dengan komunitas bahkan sampai membawa2 persaingan nama besar band. Bussettttt deh segitu amat bikin isunya…ga salah tuh?? Kalo mau nama besar bukan disini tempatnya,ini komunitas jalanan bung…Cuma ketulusan daya tahan dan keikhlasan yang dapat membuat kita bertahan disini. Belum lagi saya banyak kedatangan orang2 yang tidak suka dengan Taring Babi atau mungkin pernah merasa sakit hati oleh Taring Babi yang istilahnya mengajak bersekutu,menjilat,atau apalah…loh apa-apa an ini?? Ini adalah masalah perbedaan prinsip,bukan masalah pribadi !!! dari jaman kuda makan emping ampe sekarang Kami paling tidak suka dijilat !!! jelek kami bilang jelek,bagus kami bilang bagus!!! Baik kami bilang baik,buruk kami bilang buruk!!! Kadang memang menyakitkan…tapi itu kenyataan. Satu lagi yang bikin kami bingung adalah ketika dipermasalahkannya sesuatu yang sudah kami yakini sejak lama. Kenapa ketika kami ingin tetap menjadi diri kami sendiri seperti yang memang kami jalani selama ini…kenapa dipertanyakan?? Lah dari dulu kan kami memang menolak media,ketika kami tetap menolak media kenapa dipertanyakan. Kalau ada pertanyaan “kata siapa punk ga boleh masuk tivi??” akan ada pertanyaan “kata siapa juga punk harus masuk tivi??”

    Kami ga pernah menganggap ini sebagai masalah…bebas aja…silakan aja lu mau masuk tivi atau masuk apapun, tapi kalian juga mesti menghargai bahwa ada juga loh yang benar-benar masih menolak media mainstream. Kalau ada perlawanan2 seperti slogan melawan media,bukan kah memang sudah kami lakukan sejak dulu!…jauh sebelum era reformasi kami sudah melakukannya dan masih melakukannya. Teman sejalan atau teman sejati tahu apa yang harus mereka lakukan terhadap keberadaan temanya sendiri…ketika iya tahu dan mengerti bahwa temannya tersebut misal: akan muntah bila melihat sesuatu berwarna ungu, iya akan berusaha untuk memperingati temannya tersebut ketika ada sesuatu yang berwarna ungu atau minimal membantu mengobatinya…kalau pada akhirnya ia malah memakai baju berwarna ungu…bagaimana mungkin Teman sejalan bisa berjalan beriringan…yang ada malah muntah terus2an. Wacana ini masih terlalu muda untuk diputuskan kawan, kalau dilanjutkan banyak sekali yang akan menjadi korban. Maaf kalau akhirnya begini…mudah2an esok akan ada solusi yang lebih baik lagi.

    Tambahan Buat kang mas yanuar, bagaimana mungkin bunga hitam ingin melenggang/menguasai BLANTIKA musik underground Indonesia kalau masuk phamflet aja bunga hitam ga mau…maen ada sponsor mainstream seperti rokok dll bunga hitam juga ga mau…datang jauh-jauh kesemarang sampai disana ternyata acaranya didukung oleh sponsor radio prambors,bunga hitam ambil langkah pulang…sampai kami harus rela muka kami di cemong-cemongin agar tidak terlihat wajah kami semuanya…agar semua orang bisa bilang ya kami bunga hitam! … yang mana sebenarnya yang ingin menguasai atau ingin lebih terkenal sendirian ?????? yang masuk tv atau yang menolak tv? Yang ikut sponsor atau yang menolak sponsor? Yang minta bayaran/tarif atau yang datang dengan sukarela???

    Yang maaannnaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ?????????????????????????

    Lagi pula kami bukan band underground, tapi band basement !!! Oke..Lanjut

    Keempat

    Kalau kang mas yanuar sampai membawa-bawa nama acara Jakarta Bersatu,sepertinya kang mas yanuar ini tahu banyak tentang apa yang terjadi dengan komunitas Jakarta ya??

    Yang jadi masalah gw ga kenal dengan yang namanya kang mas yanuar sholeh ini,apakah dia orang jakarta? Luar Jakarta? Atau orang planet mana niy?? Atau jangan2 setan yang menjelma menjadi manusia? Atau jangan2 orang2 dari dalam taring babi itu sendiri?? Atau malah dari keluarga saya sendiri?? Hehehe…kang mas yanuar kalo mau membicarakan Jakarta Bersatu ayo monggo,tapi jangan sama saya sendiri,tapi dengan seluruh panitia yang terlibat didalam kepengurusan acara tersebut…saya dengan amat senang hati akan membicarakan hal tersebut. Semuanya sudah jelas koq dan tercatat…ayo dibicarakan jangan asal ngomong dan menghakimi secara sepihak. Kalau ngga berani, berarti yang sebenarnya PECUNDANG dan Tai itu siapa?? Apakah kang mas yanuar ada ketika dulu komunitas ini dalam masa2 kritis orde baru, apakah kang mas yanuar ada ketika dulu banyak terjadi baku hantam antar komunitas, apakah kang mas yanuar ada ketika dulu pake sepatu boot aja dikejar2 preman atau apakah kang mas yanuar nanti akan tetap ada ketika komunitas ini dianggap sebagai musuh public,apakah kang mas yanuar nanti akan tetap ada ketika komunitas ini mendapatkan banyak rintangan…apakah kang mas yanuar akan ada digaris depan??? Atau di garis belakang??

    Atau kang mas yanuar ada dimana??? Dan apakah-apakah yang lainnya…Ada ?????????

    Kelima

    Lagi2 kalau kang mas Yanuar mengatakan saya seperti Jagoan menantang orang2 ditengah panggung seperti jagoan…ehmmm ini patut dicermati secara detail,kalau ngomong tuh yang jelas jangan menilai sesuatu hanya dari satu sudut pandang saja atau dari satu sumber saja. Oke kita kilas balik kemasa lalu, seingat saya lebih dari 5 kali saya ikut serta bareng2 anak Jakarta mensupport scene di cirebon. Dan tidak pernah sekalipun acara atau gigs di cirebon tidak terjadi keributan selama saya mengunjungi kota tersebut. Selalu terjadi keributan disetiap saatnya,kebanyakan siy terjadi karena banyak orang atau masyarakat awam (yg tidak mengerti jenis musik ini) atau bahkan preman ga jelas masuk kedalam acara yang akhirnya memicu keributan ditengah2 acara. Terkecuali ketika terakhir saya kesana pada bulan juli 2007 ketika saya membantu mengantar band dari singapura yaitu BLINDED HUMANITY maen dikota cirebon ini…asli panitianya si Dedy “Total Riot” dan kawan2nya sukses membuat acara musik di cirebon tanpa terjadi keributan sedikitpun…salut Dedy…teruskan perjuangan!!! Oke kembali ke Laptop…ya betul saya akui saya pernah terlibat 2 kali keributan secara langsung ataupun tidak langsung pada acara dan waktu yang berbeda di cirebon.

    Yang pertama ketika saya dengan band saya kira2 tahu 2003 datang kecirebon melihat sepanjang acara berlangsung,setiap ada band yang sedang show maka penonton akan berlari dari tribun menuju panggung sambil membawa benda apa saja,entah itu batu,botol,sandal atau apa saja yg mereka temui dan melemparkannya kearah panggung lalu kemudian berjoget/berpogo ah. Begitu juga ketika band yang bareng kami dari Jakarta yaitu RELATION SHIT sedang show merekapun melakukan hal serupa sehingga show mereka sering berhenti karena terus terjadi pelemparan. Puncaknya ketika band saya show penonton masih bertingkah seperti itu dan panitia tampaknya tidak sanggup mencegahnya,maka pecahlah keributan ditengah2 penonton yang terjadi antara audiens cirebon (entah itu siapa) dengan kawan GARPUTALA dari bekasi,berimbas ke kami yang di panggung…dan saya bilang kemereka “kalau berani lempar diri kalian ke panggung sini jangan cuma botol atau bangku” tak lama keributan selesai dan acara terus berlanjut sampai selesai. Adakah yang salah dengan kata2 saya?? Apakah saya harus ngumpet dibelakang sound ketika kejadian itu berlangsung?? Apakah saya harus diam ketika melihat komunitas dari kota kecil yang sedang membangun dirusak oleh orang2 yang tidak bertanggung jawab?? Apakah saya salah??? Siapa yang pecundang?? Saya…preman cirebon…atau orang2 yang ada disitu tapi diam saja???

    Yang kedua adalah ketika kira2 akhir 2005 kami mencoba melakukan tour keliling jawa dengan biaya dari kami sendiri yang kami dapatkan dari profit hasil penjualan kaset kami. Tanpa kami meminta sepeserpun ongkos kepada panitia. (sekedar catatan kalian boleh bertanya keseluruh panitia yang pernah mengorganize show bunga hitam di Jakarta ataupun luar Jakarta,apakah kami pernah meminta bayaran ataupun ongkos kepada mereka) Mohon maaf tanpa ada niat untuk menggurui, kami sampai ke tahap pemikiran bahwa apa yang dikerjakan oleh punk akan kembali lagi pada esensi punk itu sendiri “ punk for punk it’s self “ atau “ punk buat punk itu sendiri “ bisa diartikan “ dari komunitas untuk komunitas “ missal : kami membuat rekaman kaset dengan biaya Rp.5000,yang kemudian kami jual dengan harga Rp.10.000,berarti kami mendapatkan profit atau keuntungan sebesar Rp.5000 yang kemudian kami coba kumpulkan dan kami pergunakan sebagai ongkos kami untuk mendatangi kawan kawan-kawan diluar sana. Dan itu kami lakukan semampu kami,kalau mampunya hanya sampai 2 kota ya jangan dipaksakan,kalau mampunya sampai 10 kota,ya harus disyukuri. Kalau akhirnya kami masih mendapatkan ongkos ala kadarnya dari hasil kolektifan/patungan panitia…kembali lagi ke kita apakah keikhlasan rejeki dari panitia itu harus kita tolak? Atau mungkin mau disumbangkan ke yang lebih membutuhkan…terserah!!!

    Kembali lagi…Saat itu cirebon adalah kota kedua yang kami datangi dari rencana rangkaian 13 kota yang akan kami kunjungi. Kami berangkat hari sabtu habis magrib dari Jakarta dengan menyetir kendaraan/mobil sendiri yang keadaan lampu depannya hidup…mati…hidup…mati, sampai indramayu sekitar jam 10 malam dan belum lagi kami beristirahat, panitia mengatakan bahwa kami harus segera show karena ijin hanya sampai jam 11 malam dan kebetulan waktu itu hujan rintik2 sudah mulai turun. Maka kami pun memulai show di indramayu sampai selesai dan terus beristirahat melanjutkan dengan diskusi kecil bersama kawan panitia sampai pagi…oowww sudah hari minggu,kami keasikan ngobrol dan lupa istirahat, kami lupa bahwa masih banyak kawan2 dikota lain yang juga harus kami kunjungi dengan porsi yang seimbang. Akhirnya kami melanjutkan perjalan sekitar jam 11 siang hari minggu menuju kota cirebon yang kurang lebih memakan waktu 3-4 jam dari tempat kamis singgah di indramyu. Lampu kami sudah benar-benar mati dan ga ada waktu untuk kebengkel…ga masalah kita jalannya siang hari ini…laanjuut…brangkat. Sampai cirebon pukul 4 sore kami langsung menuju acara,wah badan rasanya benar2 mau patah,perut kosong belum keisi apa2…belum istirahat ceerrrr. Dan ketika kami sedang menunggu diluar tiba2 datang seseorang “punk” dari cirebon menghampiri kami dengan mabuk dan mulut bau gaur’…”woi apakabar niy?” …kami bilang “kabar baik”…dan orang ini terus nyorocos ga karuan ngomongin masalah,”kapan niy kita turun kejalan lagi”… “gimana niy keadaan Negara sedang gawat”..dan nyerocos terus…waduh gawat niy emangnye kite nyang punya Negara… Ngga lama kemudian pihak panitia menghampiri kita dan bilang bahwa kita harus show saat itu juga karena sudah waktunya (saat itu sudah jam 5 sore) dan lagi2 kata panitia ijin penggunaan gedung hanya sampai jam 5 sore. Maka kami pun bergegas untuk segera melakukan persiapan kebelakang panggung, tetapi kawan kita yang tadi niy,yang nyerocos bau gaur’ga karuan menghadang kita dan bilang dengan logat cirebon yang udah cadel karena mabuk “alah udah disini aja,nyantai dulu,panggung mah nomor dua”

    Saya pun menjawab dengan kondisi yang sudah capek “woi panggung tuh bukan nomor dua tapi nomor sepuluh,bahkan tak bernomor bagi kami” maka barulah kami mendapatkan “jalan” dari orang tersebut yang disela2 pembicaraannya terus menerus mengucapkan bahwa ia sering nongkrong di taring babi. Semua ini ada buktinya dan ada saksinya. Dan ketika kami show baru pertengahan lagu pertama,suasana gedung dan panggung sudah sangat kacau,tampaknya kapasitas gedung tidak sanggup memenuhi lonjakan penonton yang memang saat itu sangat membludak,kaca-kaca pecah,pintu masuk sudah terbuka lebar,para preman pasarpun masuk ikut berpogo dengan gaya dangdut sampai keatas panggung,yang akhirnya berbuntut dengan dipukulinya/dikeroyok teman kami yang bernama SEAL vokalisnya band SOSIAL-SOSIAL diatas panggung,karena SEAL berinisiatif mendorong mereka kebawah…lalu kami serempak membantunya dengan menyerang balik para preman tersebut dengan semua benda-benda yang kami pegang,yang megang gitar…yah pake gitar,yang megang bass…yah pake bass…yang megang mic…yah terpaksa pake stand mic. Mereka mundur turun kebawah,dan setelah dengan negosiasi bahasa ikan antara kami dengan para preman tersebut maka acara pun berlanjut…tapi ternyata orang yang tadi kami ceritakan (yang mabuk mulut bau gaur’) mencoba memancing di air keruh,dengan licik ngumpet dibalik kerumunan pogo melempar sandal atau botol mineral kearah kami di panggung…posisi saya ada didepan berdempetan langsung dengan penonton,saya sangat melihat siapa orang yang melempar benda tersebut,karena lebih dari satu kali dan yang terakhir mengenai badan saya…kalau kemudian saya membalasnya dengan melempar benda pula kearahnya, apakah saya salah??? Apakah kami salah ketika kami membela diri kami sendiri ketika panitia sudah tidak mampu mengendalikan keadaan??? Kami cuma tujuh orang dari Jakarta ditengah2 ribuan penonton yang datang keacara memenuhi tempat dengan bermacam2 motivasi, kami juga bukan band yang mempunyai bodyguard ataupun security panggung yang siap mengawal kami. Lagi2 siapa yang salah?? Simulut bau gaur?? Preman2?? Panitia yang kurang siap?? Polisi yg ada ditempat tapi bengong aja ???

    Atau mungkin kalian yang ada ditempat tapi diam saja?? Atau atau kami kah yang salah?? Yah sudahlah kalo ga ada yang mau ngaku salah…biar kami yang mengaku salah,mungkin kami kurang sabar…yah lain kali mungkin kami harus menyewa manajer untuk ngurus yang kayak gitu-gitu,kami minta istirahat dihotel yang mewah biar ga capek,minta sediain bodyguard,makanan yang enak2 biar ga lapar dan transportasi pake pesawat kali yak,biar maantaapppp !!! Ehmmmm komunitasku…komunitasku. Ampe kapan ya kayak gini terus??… Gimana kang mas Yanuar?? Sopo sing pecundang?? Kowe opo aku?? Siapa yang pengecut?? Siapa yang berambisi?? …………………………………

    Akhir kata,siapa pun kamu kang mas Yanuar…saya berterimakasih dengan adanya tulisan dari kamu,karena akhirnya membangkit kan semangat saya untuk kembali menulis,setelah hampir 7 tahun berhenti menulis. Karena memang ternyata banyak yang harus kita bagi kepada sesama walaupun itu hanya sekedar tulisan, apalagi kalau tulisan tersebut berguna bagi kepentingan orang banyak dan dapat merubah pola pikir seseorang menjadi lebih baik atau positif. Mudah2an ini awal perkenalan kita yang baik!!!

    PESAN: Setelah saya cermati, tulisan-tulisan yang ada di beberapa situs yang membahas tentang penampakan marjinal di TV , ternyata dua tulisan yang mengarah kepada saya pribadi yaitu dari yanuar soleh di situs: http://anarchoi.gudbug.com/stats/?stats_author=Yanuar+Soleh

    dan dari haska di situs : http://scrapman.wordpress.com/2007/01/06/marjinal-aka-anti-military/

    bermuara pada satu situs yaitu : http://punkyreggae.wordpress.com/

    yang secara urutan kasus setelah penampakan marjinal di TV , pernah terjadi benturan propaganda idealisme, dimana saat itu banyak terjadi atou terlihatnya individual PUNK jakarta yang mengaku dirinya exist di jalur DIY , tetapi mereka sering terlihat lebih exist di dunia gemerlap (DUGEM GITCHU LOOOCH!!!!!) yang dipadu dengan aksesories reggae. Yang akhirnya mencuat istilah punk “merah kuning ijo” (icon reggae) banci d.i.y !!!

    sekali lagi kita cermati, saat ini dengan berkembangnya kemajuan zaman, dengan adanya media internet (alam maya) sangat mempermudah setiap orang untuk membuat dan membuka suatu wacana, baik itu yang sifatnya pribadi atou yang sifatnya membawa kepentingan golongan. dan sangat memungkinkan sekali dibuatnya segala macam bentuk kepalsuan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan sama sekali kebenarannya/keabsahannya. Apalagi tindakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang notabene hanya ingin membuat perpecahan didalam komunitas !!! cobalah naik keatas atap rumah kita, dan lihatlah begitu banyak realita atou kenyataan yang harus kita hadapi dan kita selesaikan.

    Ket : Tulisan diatas hanyalah penggalan-penggalan kalimat kecil dari apa yang ada di kepala saya. Masih banyak yang tidak bisa saya sampaikan secara gamblang dan menyeluruh disini. Jika ingin berbicara lebih panjang dan lebar silakan langsung datang kealamat kami yang ada di atas, Jangan lewat email atau lainnya ya…saya agak jarang ke warnet. Dan apa yang saya tulis adalah benar adanya,bukan karangan atau rekaan semata. Semua saksi dan bukti bisa dimajukan jika kawan2 ada yang ingin lebih jelas dan detail.

    TERIMAKASIH – UP THE PUNX

  174. sarah said, on Desember 22, 2007 at 12:48 am

    eh w mank ngfans berat sama marjinal,palagi sama lagu cinta pembodohanna….
    tp kl w bilang seh gx usah paada ngatain gitu deh…
    mank kenapa kl marjinal masuk TV???
    kl seandainya mereka masuk TV ntu juga membantu qta,mereka membuat kl punk itu ada..
    dan punk itu gx akan pernah terpecah belah…
    bahwa punk itu ada…

    ………………………………———————………………………..

    buat marjinal :

    kenapa gx dari dulu ngeluari albumna di pasaran,malah didistro…
    tp w salut sama kalian semua…..
    u bisa paada bertahan walaupun banyak yang mengganggu kalian….
    sukss ya buat marjinal…..

    i luph majinal is the bast always………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  175. ladys sarah said, on Desember 22, 2007 at 12:57 am

    eh w mank ngfans berat sama marjinal,palagi sama lagu cinta pembodohanna….
    tp kl w bilang seh gx usah paada ngatain gitu deh…
    mank kenapa kl marjinal masuk TV???
    kl seandainya mereka masuk TV ntu juga membantu qta,mereka membuat kl punk itu ada..
    dan punk itu gx akan pernah terpecah belah…
    bahwa punk itu ada…

    ………………………………———————………………………..

    buat marjinal :

    kenapa gx dari dulu ngeluari albumna di pasaran,malah didistro…
    tp w salut sama kalian semua…..
    u bisa paada bertahan walaupun banyak yang mengganggu kalian….
    sukss ya buat marjinal…..

    i luph majinal is the bast always…………………………..

  176. donbos said, on Desember 26, 2007 at 4:01 am

    bwt marjinal tetao exiss ajja dah

  177. donbos said, on Desember 26, 2007 at 4:02 am

    bwt marjinal tetap exiss ajja dah

  178. Ipunk (GAPERI) said, on Desember 26, 2007 at 11:05 am

    DON’T LOOK BEHIND BRO…STAY REFUSE N RESIST

  179. rizal-sotset said, on Desember 26, 2007 at 3:39 pm

    ada salam dari om endi si tukang mabo….? katanya….! mari torang mabo sama2,rayakan kemenanganmu di atas idialismu…….,
    (sotset-manado punk”n”skin)

  180. ladys sarah said, on Desember 27, 2007 at 2:45 am

    kontak jodoh……

  181. kaleka dimalang said, on Desember 27, 2007 at 5:56 am

    MARJINAL q dari malang gimana nich kapan ke malang ?
    disini penuh dgn korupsi .seperti di lagumu yang ber judul negri ngeri!!! salah satu lirik yang bagus bwt malang adalah
    “PENGANGGURAN MEREBAK LUAS KEMISKINAN MERAJALELA”…. MARJINAL KLO KEMALANG CARI AKU DI SMPN 4 MALANG CARI YANG NAMANYA KALEKA KLS 7F(PD THN 2007-2008) ——-SALAM SATU JIWA PUNK!!!!! ANTI MILITARY ANTI ABRI!!!!—-SALAM AREMANIA—-

  182. rizal-sotset- said, on Desember 27, 2007 at 6:30 am

    kapan balik ‘mnado’…??? ada yg menantimu!!! :”CAPTIKUS oi!”

  183. pendo....!!!, said, on Desember 28, 2007 at 4:49 am

    ”pendo deng gnoni samua, yang nya trima pa dorang……., torang rasa! ngoni pe idialis so sama deng= ”katak”……, viva la PUNK!!!!!!

  184. yusnay.. said, on Desember 29, 2007 at 4:26 pm

    EH………………….
    LO LO LO SEMUA YANG NGHINA MARJINAL ITU ADALAH PUNK KATRO!!!!

    YANG CUMA BISA GAYA DOANK PKE RAMBUT MOHAWK,,JAKET KULIT PKE SPTU BOOTH,,,,,,,,,,,,,,,

    ASAL LUH TAU MARJINAL UDAH MINTA MAAF SAMA BUNGA HITAM WKTU KONSER DI UNAS,,,,,,,,,,,,,,,,,

    ROMI JAHAT DATENG PAS ACARA……………..TRUS SI K,R VOKALIS BUNGA HITAM NERIMA MAAFNYA DIA………….

    DAN AKHIRNYA MARJINAL IS COME BACK !!!!!!!!!!!!!!!!!!

    UDAH JGN PDE RIBUT PEACE AJA KITA TUNJUKAN KEBERSAMAAN DAN SOLIDARITAS KITA OK JROTT !!!!!!

  185. mahendra said, on Desember 30, 2007 at 5:46 am

    haha. tdinya gw g mao ngomong gini.

    cuman berhubung anak yg sok ngaku2 IMO blagak ikut2an. gw kasih tau aj.

    EMO tuh cuman produk cacat dari sistem kapitalisme yg mulai mencoba merambah Industri musik.

    mereka(pihak2 label yg udh major) mencoba membuat “punk” versi mereka sendiri yang mereka sadur dari beberapa influence seperti: rufio,Fugazi,dan sedikit sentuhan Melodic yg dipakai oleh punk2 LA belakangan ini.

    menciptakan trend baru yang dikatakan sebagai “EMO”.

    dengan ciri khas rambut belah samping lurus, celana jeans ketat,kemeja flanel, dan membawakan apa yg mereka sebut “Emotional rock” mulai menancapkan pengaruh mereka seiring dgn ikon mereka “my chemical romance” yang menciptakan sebuah subkultur yang duisebut “generasi putus asa, terbuang n cengeng

    Budaya ini kemudian berkembang menjadi sebuah trend, menjadi sebuah jati diri.

    yang memprihatinkan
    remaja Indonesia meniru tanpa tau esensi dari budaya ini.

    Emo bukan sekedar gaya, emo bukan tentang potongan rambut berponi dan sepatu converse. Lebih dari semua itu. Emo adalah tentang emosi diri yang coba berani untuk dikeluarkan.

    DID YA ‘NOW??
    Di amerika, emo disindir sebagai biseks, penyuka sesama dan lain jenis. Namun di Indonesia lagi-lagi, dijadikan sebuah gaya, sebuah outfit, sebuah bukti bahwa mereka adalah anak gaul.

    coba liat skarang di mal2 kota besar.
    di kampus2 atau sekolahan.

    banyak remaja yg menjadi “korban” mode yg lagi trend
    yg gw rasa ga begitu tau makna sebenernya dari model influens yg mereka bawakan.
    coba kita tanyain apa maksudnya dari poni belah samping dan apa sebenernya esensi dari musik EMO??
    (disadur dari beberapa sumber di internet dan pengetahuan gw sendiri berdasarkan pengalaman hidup)

    saran dri gw.

    GA USAH BELAGA EMO DAH.
    KLO EMANG BANGGA JDI ANAK EMO LO MESTINYA TOTAL DLM MENGERTI ESENSI DARI ALIRAN LO ITU TANPA CUMAN JADI PENGIKUT DOANK!
    DAN KLO EMANG OTAK LU BERISI PASTI LO BAKAL NGEHARGAIN ORANG LAIN!

    GA BKAL NGEHINA APA YG DIANUT ORANG LAIN!

  186. DIAN PRASTAI said, on Januari 3, 2008 at 8:07 pm

    HAYA ADA SATU KATA UNTUK PENINDASAN LAWAAAAAAAAAAAAANNNNNNNNNNNN ..,.,.,.,.,.,.,.,..aku bukan punk tapi aku pikir klo punk cuma musik sama gaya-gayaan sayang banget kalian itu besar dan punya posisi tawar yang jelas.klo cuma masuk tv dan semangat DIY harusnya kalian sadar kenapa kalian kalah sama sesuatu yang kalian bilan cengeng,jawab karena kalian ga bisa berdialektika.harus kalian bangga ada band punk kaya marjinal mereka tidak idealis tapi idiologis.buat yang bilang marjinal cuma mau numpang netop lewat punk coba pikir kalo marjinal mau ngetop kenapa mereka gak jadi politikus aja pasti jd lebih hebat dari pada SBY-jk,tapi karena mengabdi sama kaum yang TERTINDAS jd mereka memilih berpolitik lewat jalur alternatif seprti ini.kalo ada isu mereka dibayar itu bego bgt,nyatanya kaum kiri disini mau makan aja sulit apa lagi buat bayar marjinal.TAK AKAN BERUBAH BEGITU SAJA TANPA KITA MAU BERUSAHA.

  187. DIAN PRASTIA said, on Januari 3, 2008 at 8:14 pm

    HAYA ADA SATU KATA UNTUK PENINDASAN LAWAAAAAAAAAAAAANNNNNNNNNNNN ..,.,.,.,.,.,.,.,..aku bukan punk tapi aku pikir klo punk cuma musik sama gaya-gayaan sayang banget kalian itu besar dan punya posisi tawar yang jelas.klo cuma masuk tv dan semangat DIY harusnya kalian sadar kenapa kalian kalah sama sesuatu yang kalian bilan cengeng,jawab karena kalian ga bisa berdialektika.harus kalian bangga ada band punk kaya marjinal mereka tidak idealis tapi idiologis.buat yang bilang marjinal cuma mau numpang netop lewat punk coba pikir kalo marjinal mau ngetop kenapa mereka gak jadi politikus aja pasti jd lebih hebat dari pada SBY-jk,tapi karena mengabdi sama kaum yang TERTINDAS jd mereka memilih berpolitik lewat jalur alternatif seprti ini.kalo ada isu mereka dibayar itu bego bgt,nyatanya kaum kiri disini mau makan aja sulit apa lagi buat bayar marjinal.TAK AKAN BERUBAH BEGITU SAJA TANPA KITA MAU BERUSAHA…

  188. DIAN PRASTIA said, on Januari 3, 2008 at 8:32 pm

    oh cinta adalah pembodohan aku gak sepakat karena yang kalian[red; marjinal]lakukan sekarang adalah cinta;cinta pada kolektifitas masing2 atau cinta terhadap budaya pembebasan coba jangan pikir cinta sbg sesuatu parsial….tp itulah kebebasan berpikir semua timbul dari kesadaran. yang masih norak artinya blom sadar.jayalah kaum ANARKO[red;anarki] dimanapun

  189. nax boekit d0eri said, on Januari 4, 2008 at 8:24 am

    9uU snn9 bgd dn9r l9u” marjinal
    ap l9i klo tmn” 9uu l9i pda nyanyi”l9u marjinal

    klo ad iank n9jlx”n marjinal….

    sni smprin 9uu

    _SUCK lU smUA_

  190. nax boekit d0eri said, on Januari 4, 2008 at 8:27 am

    dunia pnya crita..crita tntn9 cinta
    cinta cinta pembodohan

    cnta tu cma bqn qta STrEz
    bsa” mTi kRn cnTa

    9uu slut am marjial dac mMprtahan kn
    negri qta……..

    sLAm nAX b0eKit d0eri

    i l0ve you mARjinAL 9uu ska 9aya lu

  191. muizemo said, on Januari 6, 2008 at 6:40 am

    marjinal
    aku anak surabaya
    kapan main di surabaya

    aku suka banget ma lagu-lagumu
    punk surabaya menantimu disini

  192. heroe street punk said, on Januari 6, 2008 at 2:20 pm

    U KNOW, PUNK IS NOT DEAD!!!!!!NEVER!!!!
    SO……..
    DON’T MAKE ANGRY PEOPELS PUNK!!!!
    Oi,gue ank Punk Lampung,Qta-Qta mo pada nye_treet neh ke base_nya marjinal.
    jalanan bukan sandaran!jalanan adalah kehidupan!!!!!

  193. heroe street punk said, on Januari 6, 2008 at 2:23 pm

    U KNOW, PUNK IS NOT DEAD!!!!!!NEVER!!!!
    SO……..
    DON’T MAKE ANGRY PEOPELS PUNK!!!!
    Oi,gue ank Punk Lampung,Qta-Qta mo pada nye_treet neh ke base_nya marjinal.
    jalanan bukan sandaran!jalanan adalah kehidupan!!

  194. akbar said, on Januari 6, 2008 at 10:31 pm

    konyol
    sempit
    kotak
    childist
    lucu
    gk nyadar
    lupa diri
    egois
    pemimpi
    anak muda
    fanatik
    sok
    masih ijo
    pamer
    hilang
    ..
    musuh, diri sendiri, bukan sapa2.

    ….
    haha… hidup ini indah, salut ma semangat dan pikiran kalian.

    ….
    komunitas
    bahasa
    religi
    budaya
    hidup
    pikir
    hati
    jiwa
    RAS
    paham
    idealisme
    hukum
    aturan
    adat
    tatacara
    …… di dunia ne ad jutaan, bukan 1.

    jangan ngurung diri,
    nikmati aj selagi hidup,
    smw yg tak pasti,
    jutaan itu,

    bebasin aj,
    ….
    hahaha, hidup ne memang indah.

    smw org beda,
    gk identik,
    …..
    wa bukan ank aliran manapun,
    wa bebas,
    ..
    selama masih hidup,
    diri wa masih idup,,
    musuh w pun bgitu,

    musuh, diri wa sendiri,
    ….
    …,,
    trus mengalir,
    sementara,
    mampir k pemikiran ni,
    pergi lagi,
    tuk mengalir,
    tak terikat,

    ……..
    …….
    ………..
    ……..

    trus caci sodara lo,
    yg dicaci balas maki,
    ampe tercipta 1kesepahaman,
    ……
    smpai akhirna tiba
    menerima perbedaan.
    dan menyadari,

    lo smw saudara,
    ……….
    dan

    paham persaudaraan
    bukan cuma disini.
    ….
    jutaan





    ….
    ..

    ….
    klw klian gk membual
    punk sbuah pemikiran
    …..
    akhir,

    karena dunia masing2 berbeda..

    gw bebas
    ..
    gk terikat..
    gk mengikat..

    trus mengalir..
    ampe singgahan trkhir.
    ……….,,.,.,.,.,.,.,……….,.,.,,,,,,,,,,,,.,.,………….,.,.,……….,.,,,,.,.,.,,.,.,.,,.,

  195. THE s0tset said, on Januari 7, 2008 at 6:34 am

    hei…,bagaimana kabar kawan2? apakah baik kondisimu di sana, kami disini sedang bernyanyi kawan,angkat senandung rindu tentang kamu,yg ada di timur bagaimana kabarmu?,yg di selatan bagaimana kabarmu?,yg di utara bagaimana kabarmu?,yg ada di barat bagaimana kabarmu?,yg di desa2,yg dikota2,gunung2,sebrang lautan,yg di balik tembok,yg tersapu badai,bagimana kabarmu…….? rencong marencong rencong marencong222222.

  196. lukman said, on Januari 7, 2008 at 1:53 pm

    INDONESIA NEGRI YANG KAYA TAPI KINI SMUANYA MUSNAH KARNA DIJAJAH NEGRI SEBELAH MASYARAKAT JADIBURUHNYA
    ……….
    …………..
    ………..
    YANG DIBUTUHKAN TENAGANYA KARNA MEREKA TERGILA HARTA
    TERDIAMNYA KITA D NEGRI INI HANYA MEMBUAT NEGRI NI MATI
    ,,,,,,,,,…………..,,,,,,,,,,,,,,……..
    ……………………

    AKU BUKAN PUNK,,,,,,,
    GRUNGE,,
    BLACK METAL,,,,,
    HARDCORE,,,,,,,
    UNDERGROUND,,,,,,,,,,,
    GRINDCORE,,,,,
    SKA,,,,,,,
    HIP-HOP,,,,,,,,
    EMO,,,,,,,,,,,,,,

    TP-I AQ TUH ORANGNA BEBAS
    GAK MAKSAIN KEHENDAK SEORANG

    AQ PLING BNCI KLO AKU D PAKSA

    AKU GAG SUKA MBEDA2KAN

    WALAUPUN TUH AKU

    ORANGNYA AGAG “TAI” KATA TMAN2KU ……..

    YA CKUP DEH AMPEK DISINI ….

    DO IT YOUR SELF

  197. erick ningrat said, on Januari 12, 2008 at 7:40 am

    jangan kita terlalu meksklusifkan diri dengan atas nama kebebasan,yang ga mw masuk tipi silahkan,yang mau silahkan ga ada yang ngelarang kok,punk bukan paksaan tapi way of life bagi yang memilihnya,mari kita berpikir dari berbagai sudut pandang,hilangkan egoisme,mari kita bantu walopun sebatas doa,kepada saudara2 kita yang terkena musibah di seberang pulao nusantara,
    punk untuk kita semua!!!
    punk untuk pahlawan2 kita
    punk untuk punkers
    punk untuk way of life
    punk untuk pemberontak
    punk untuk cinta damai
    punk untuk kemerdekaan
    punk untuk marjinal punk untuk bunga hitam
    punk untuk sodara setanah air
    punk untuk bagi yang membutuhkan
    punk untuk kita semua…………….

  198. Bie Ramone said, on Januari 14, 2008 at 12:06 pm

    intinya mereka semua SIRIK….!!!! Ga usah munafik…!!!!! Biar masuk TV kek…,masuk koran kek….,masuk neraka kek…. ampe masuk angin juga terserah…!!!! kenapa kita harus terus sembunyi ?????,biar semua orang tahu…!!!jangan2 yang menghujat Marjinal dari dulu ga keturutan masuk TV kali yeeee….????? VIVA LA REVOLUTION…..!!!!!!!

  199. MarkOChy said, on Januari 16, 2008 at 11:02 am

    hmm…gini, esensi dari punk sendiri adalah kebersamaan dan saling menghargai. tapi kalo kalian semua menyuarakan PUNK PUNK PUNK…..tapi mental kalian masih mental ‘merendahkan’ orang lain dan komunitas lain buat apa kalian berteriak punk???!?!…semua seperti omong kosong…kalo kalian menyuarakan kebebasan,anti penindasan, anti kemapanan dan lain sebagainya kenapa kalian masih ribut buat saling ejek???kenapa ga nyoba ngelakuin sesuatu yang lebih berguna buat dirimu sendiri dan keluargamu??paling nggak kamu bisa jalanin konsep DIY mu dalam kehidupanmu sendiri dengan tanpa mengolok – olok yang lainnya. berfikirlah cerdas. liat sesuatu lebih dekat….tangkaplah dengan bijak dan bertindaklah…
    jangan asal judge!!lakukan aktivitasmu sendiri…..!!!

    gini kok katanya punk?bukankah kita menekankan kesetaraan?

  200. MarkOChy said, on Januari 16, 2008 at 11:05 am

    yes…kalo mau diskusi.silahkan…hubungi saya ajah. kalo ada yang mau dibicarakan atau tidak terima atau keberatan…monggo…..

    ichie-surabaya.

  201. ibieng said, on Januari 18, 2008 at 7:43 am

    hey BOB gue dr OUTRIDER lo jangan diem aja klo dcaci maki berontak donk lawan mereka lebih baik mati dari pada d caci maki sebangsa

  202. darwin r said, on Januari 18, 2008 at 8:16 am

    sory nie om, tante,,bocah ingusan yg demen punk mo ikutan,,

    knapa ya qo kasus kaya gini jadi sesuatu yg heboh,, bukan seharusnya masalah kaya gini baiknya ga perlu mpe jadi satu masalah yg ruwet,,malah mnurut gw dengan saling hujat gini antara kubu yg satu ma kubu yg laen bikin punk smakin tenggelem,,boro2 mo nongol kpermukaan,,yg ada kelelep duluan,,om,tante, slalu triak punk kebebasan ato damai ato apalah,,tp pa kita ga malu kalo yg ada internal punk sendiri amburadul kaya gini,,qo bisa2nya sok ngajarin orang ttg arti punk,,tp kita sendiri ga pahamin punk itu apa,,ya gw sendiri juga lagi nyari,,pa sie sebenernya punk bwt gw,,
    cuma 1 yg gw tw n pahamin,,ga bakal orang simpatik ma kita2 yg ngaku punk,,kalo kita sendiri ga bisa nampilin punk yg bae bwt orang lain,,
    n gw juga pahamin,,kalo ini smua cuma pmainan oknum2 tertentu yg mo bikin punk smakin tenggelem,,mereka ga seneng liat punk maju,,n tanpa sadar kita pun kseret,,karna pada akhirnya kita dah jelas teradu domba,,
    gw ga bela marjinal ato pun bunga hitam dsini,,gw yakin lah mereka dah lebih dewasa dari gw n tw bagaimana cara slelesein ini tanpa otot,,
    coba pahamin lagu dari bunga hitam :

    (ketika semua tak perduli lagi)

    setelah semua yang kita lakukan
    setelah semua hinaan datang
    sudahkah kini tiba waktunya

    idealis berubah menjadi teror
    kebersamaan hilang menjadi arogansi
    semua telah musnah ditelan bumi

    akankah jalan kita berakhir disini
    mengulang semua masa2 lalu
    tak bisakah kita berharap lagi

    kalau hanya tinju akhir persoalan
    atau karena dendam jadi pertikaian
    mungkinkah semua akan berakhir

    ketika semua….
    ketika semua tak perduli lagi

    bukan brarti gw dukung bunga hitam ya,,tapi mnurut gw lirik lagu ini sangat pas ngegambarin kondisi punk saat ini,,

    kurang lebihnya gw minta maaf coz gw cuma bocah baru kemaren yg kenal punk,,

  203. buckx_lie said, on Januari 19, 2008 at 11:45 am

    gw ska marjinal dri gw smp….gw pling ska album guru marsinah.hidup marjinal smoga jaya trus…

  204. buckx_lie said, on Januari 19, 2008 at 11:48 am

    hidup slaloe marjinal….

  205. chaboyz said, on Januari 20, 2008 at 5:21 am

    marjinal cantumin donkzlagunye di wabe lw okeh……

    /(.Y.)\ mayanbwt coli

  206. .......... said, on Januari 22, 2008 at 6:41 am

    maap y,ane mau tanya,knp dari smw komen anak2,ga da yg di tanggepin ma marjinal???
    jgn gtu donk,jgn diem aja,seolah2 anak2 ni g da yg dihargain.
    maap neh y sebelumnya….
    (. ,(. , / )
    ) . ( \ \
    / v )
    / // /

  207. henda said, on Februari 2, 2008 at 5:35 pm

    weee

    yg bersangkutan(marjina,bunga hitam) aj adem ayem kok yg sok tau malah ribut2 sendiri?

    inget kawan, perkataan itu cerminan perilaku

  208. dagoel said, on Februari 5, 2008 at 9:53 am

    bangsaaaaaaaattttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt buat yang kaga suka sama marjinal anjing bisanya cuma ngehina doank babi

  209. rhino said, on Februari 6, 2008 at 5:20 am

    semua aliran musik aku sukai
    dari dangdut sampe campur sari
    dari hardcore sampe slow rock.

    siapapun orangnya, dia tidak pantas disebut orang yang mempunyai idealisme jika masih iri dengan orang lain.

    semua orang punya cara sendiri untuk menyuarakan fikirannya, baik melalui media cetak maupun elektronik atau ngomong langsung ke orang lain.

    yang salah adalah orang yang punya ide cemerlang yang hanya ditenggelamkan kedalam toilet, yang sok peduli dengan nasib bangsa ini.

  210. rhino said, on Februari 6, 2008 at 5:25 am

    buat marjinal itu hak kalian untuk menyuarakn fikiran kalian, selama kalian bukan koruptor aku suka kalian

  211. Proletariat said, on Februari 6, 2008 at 7:24 am

    “Lahir Untuk Bebas Bukan Untuk di Jajah dan di Tindas”

  212. MAMBLE said, on Februari 9, 2008 at 10:46 am

    punk bukanlah preman yg sok sok jagoan

    tapi punk adalah komunitas yg merdeka

    punk nggak suka bertindak kriminal

    tapi punk adalah komunitas yg membela rakjat jelata

    punk bukan sampah seperti pejabat

    karena punk adalah komunitas yg mau berbagi

    punk bukan tikus seperti koruptor

    karena punk adalah komunitas yg nggak suka mencuri

    hidup anak punk _ hidup anak punk _ hidup anak punk

    punk addalah komunitas yg merdeka

    selamanya…………………………..

  213. feBRy said, on Februari 9, 2008 at 10:54 am

    mARjiNAl kAPan koNSEr dI MalaNG…………?

    FeBRy kANGen BAngeT aMa mARjinAL………………?

    FebRY tuNGGu mARjiNAL dI MalaNG……………….?

  214. yOyOk said, on Februari 9, 2008 at 12:23 pm

    KEnapA PenDIDIkan dI NeGAra akU MahaL BangET..?

    paDAhaL PenDIdiKAn iTu PEntiNG AbiES……………

    KApaN NegaRA iNi bISa mAJu , kALau rAKJAt-NyA baNYak Yg tIDak sEKOlah……………?

    kATa-nYa uDAh mERdeKA………………

    Aq sETUju deNGAn LagU-Nya mARJinaL , Yg juDuL-nYa ( penDidiKAn )

    diSiNi pENdiDiKAn gAK peRNah bEruBAh
    sEPErti di eRA JAMan-NYa ParA PenJAjaH
    DimANa rAKjaT JelATa gAK BisA SEkolaH
    diManA RakJAt jELata gAK BisA SekolAH
    YanG BisA HanyALah yAng pEGAng kUAsA
    yANg BisA HAnyaLAh yANg bERduIT SajA

    he he he he he he peNDIDIkan
    BUkanLAH PeruSAHaaN YanG OreNtasiNYa uAng
    he he he he he he PEndidiKAN
    buKANLaH PErusaHAan YAng pENUh deNGAn kEKosONgaN………….?

  215. yOyOk said, on Februari 9, 2008 at 12:27 pm

    KEnapA PenDIDIkan dI NeGAra akU MahaL BangET..?

    paDAhaL PenDIdiKAn iTu PEntiNG AbiES……………

    KApaN NegaRA iNi bISa mAJu , kALau rAKJAt-NyA baNYak Yg tIDak sEKOlah……………?

    kATa-nYa uDAh mERdeKA………………

    Aq sETUju deNGAn LagU-Nya mARJinaL , Yg juDuL-nYa ( penDidiKAn )

    diSiNi pENdiDiKAn gAK peRNah bEruBAh
    sEPErti di eRA JAMan-NYa ParA PenJAjaH
    DimANa rAKjaT JelATa gAK BisA SEkolaH
    diManA RakJAt jELata gAK BisA SekolAH
    YanG BisA HanyALah yAng pEGAng kUAsA
    yANg BisA HAnyaLAh yANg bERduIT SajA

    he he he he he he peNDIDIkan
    BUkanLAH PeruSAHaaN YanG OreNtasiNYa uAng
    he he he he he he PEndidiKAN
    buKANLaH fORmaLitaS YAng pENUh deNGAn kEKosONgaN………….?

  216. budi n friends said, on Februari 11, 2008 at 9:07 am

    marjinal ya…ya…………..ya…..idealis yg BINGUNG. kata itu PASS bangetz untuk kita smua PUNK .coba kt semua berfikiran positif,jernih,dingin,apa sich akar masalahnya,apakah PUNK, tak mengenal DISKUSI,…..!!!!!!!????
    Mengapa….??? kita harus saling mencaci maki n saling menghujat ??? kerena masalah sepele padahal masih banyak
    hal yang harus kita kerjakan bersama-sama.
    AYO DONK KITA BERSATU……….
    DEMI TERCIPTA SATU TUJUAN………
    MEMBEBASKAN RAKYAT MINORITAS…….
    DARI BELENGGU PENGUASA RAKUSSSSSSSS !!!!!!!
    VIVA LA REVOLUTION
    my SCENE BENGKULU STREET PUNKS

  217. Y@2N L.A.S said, on Februari 11, 2008 at 9:15 am

    NGENTOOOOOOTTTT !!!!!!!! KITA SEMUA YANG SOK IDEALISME
    TAPI MASIH BERGELANTUNGAN DI JEMBUTNYA PEMERINTAH BANGSA

    NGENTOOOOOOTTT !!!!!!! KITA YANG MASIH MEMERAS KERINGAT AYAH DAN IBU KITA……….OK !! ITU SAJA

  218. IJAL said, on Februari 11, 2008 at 9:19 am

    KITA SEMUA
    SEBENARNYA
    ADALAH MUNAFIX……….!!!!!!!

  219. haNAfIe_er0uuRzzt said, on Februari 11, 2008 at 12:24 pm

    buAT kALiaN2 Yg gAg puX AtuRAn UntUK hIDuP…….?

    MarI TegaKkAn kEAdiLAn bUAt nEgarA InI…….?

    JangAN KayaK AnjINg yG BisA-NyA CumA Meng___GOng_-_GonG…………………………..?

  220. j0rdy said, on Februari 12, 2008 at 11:12 am

    hIdup MAJjiNaL…………!!!!!!!!!

    w sUka b9d m4 b4nd yG 1 ni……..!!!!!

    w rEsep b9d kLo bAnd w l9 mAnggUng pZti w bAwain l9u___mArjiNaL___krn mEl0dnyE y9 bKin kPLa w g0yan9………

    MARJINAL IS IS IS tHE BEST……….

  221. RusuH said, on Februari 12, 2008 at 4:14 pm

    IDONESIA PENUH DENGAN SAMPAH…………..?

    TAPI KENAPA KALIAN CUMA DIAM SAJA……………….?

    APA MUNGKIN…………………

    KALIAN INGIN NEGARA INI …………….?

    HANCUR KARENA SAMPAH…………….?

    KAWAN COBA RAPAT-KAN BARISAN >>>>>>>>>>>>>

    DEMI TEGAK-NYA DEMOKRASI…………………?

    KALAU KALIAN GAG INGIN DISEBUT……………..

    KORUPTOR……………………………….

  222. uyx said, on Februari 13, 2008 at 4:50 am

    aparat = keparat

    99x = bangsat

  223. Ryan GpX said, on Februari 15, 2008 at 7:27 am

    Oi!.. Oi!.. Btw gmn nech kbrX MARJINAL??? Msh Exist kn
    d dunia Underground, trutama Punk. Oh y kpn sech AlbumX
    MARJINAL yg bru kluar, yg tu.. tu.. ” Kt Spa Punk Kgk Blh Msuk
    Tv !!!. ” Oh y klau blh gw mnta E-Mail kalian dunk/MARJINAL,
    It jg klau kalian mau ksh??? Slm Aj Buat Bank Jahat,
    Bobbi/ Bob Oi, Dodislike Dkk. Thx, Ryan GpX

  224. Faredz Soleils said, on Februari 18, 2008 at 4:25 am

    Inilah dampaknya…!!!

    Kau tak boleh begini….
    Kau tak boleh begitu….
    Pening aku,…!!

  225. ken arok said, on Februari 18, 2008 at 6:53 pm

    hehehe…

    selamat buat kalian punker2 yang ada, yang sibuk saling menghina, sibuk berantem sama kawan kalian.
    selamat buat penguasa dan pemilik modal yang makin bisa memecah2 kaum miskin..
    punk kok berfilsafat idealist…
    idealisme itu berdasar pada ide dulu baru otak kalian yang bekerja..
    makanya kalian selalu ribut, padahal yang diributkan remeh temeh..
    yahhh… perbedaan itu biasa, bahkan dalam sebuah partai komunis faksi itu disahkan.
    tapi faksi ini saling menguji dan berdebat soal teori yang akan di uji (praktek) sejauh mana yang mendekati kebenaran…
    nah kalau perbedaan kalian cuma di isi saling menghujat dan menantang..
    oalahhhh…. makkk
    ketawa-ketawa tuh pemilik modal…
    marjinal masuk tivi kenapa ribut????
    bunga hitam menolak masuk tivi kenapa ribut????
    GOBLOKKK SEMUAA…
    meributkan yang ga penting..
    uji dan praktekan teori kalian semua..
    mana yang lebih bisa diterima massa dan yang bs menghantam apa yang kalian lawan..
    perdebatkan apa yang perlu di perdebatkann
    kalau masih gini2 aja, yah kapan punk indonesia akan merakyat..
    jangan-jangan punk ini ingin dinikmati sendiri sehingga akan menjadi komoditas karena keunikan dan minoritasnya.
    bukankah yang aneh2 itu selalu jadi perhatiann..
    oalahhh…
    kalau niatnya gitu, selamat buat bunga hitam, marjinal, dan kalian para punk yang ingin selalu mendapat perhatian..
    selamatt oii!!!!

  226. iRVaN said, on Februari 20, 2008 at 2:19 pm

    HuI TaU GaG ArTI ciNTa iTU ApA……………….?
    …n_n.. aPa Ya……………….?
    …u_u.. gAg tAu TUh……………….?

    ..@_@… GobLOk ARtiNYa cINTa aJa gAG TaU…………..?
    …Q_Q… Ni Aq kASiH TaU……………?
    …O_O… CinTA ItU = PEMbodoHAn

  227. ridwan said, on Februari 22, 2008 at 2:28 am

    nyantai aja pakai kata-kata tu yang baik dan benar lo tu warga indonesia

  228. RADEN MAS MINKE said, on Februari 24, 2008 at 5:40 am

    MARJINAL, MARJINAL gimana dah bisa merambah pensi belon? kemana ide2 dan cita2 yang tergurat di lyric-lyric kamu? masa cuman menang di lyric doang? street act nya mana? buat teman hamka. tolong jangan berbicara di ranah yang anda tidak kuasai? setelah lo bikin buku ngawur tentang bob marley terus lo mo ikut nimbrung di urusan ini…….udah gantung diri ajah lo ka!!!!

  229. almarhum SOEHARTO said, on Februari 26, 2008 at 3:15 pm

    “SLAMAT TINGGAL RAKYAT KU” da’daaaaaaaaaaaaaa…………………………..!!!???

  230. Fahri said, on Februari 27, 2008 at 10:09 am

    banK BOB kPn MarjinaL dTg Lg k SunTer???????

  231. RIFQI said, on Maret 1, 2008 at 7:58 am

    gue minta nomernya abank BOB BOLEH GAK..???

  232. ALVOUR said, on Maret 3, 2008 at 12:53 am

    BANK BOB GUE MINTA NOMERX DONK TOLONG YA!!!!!!!!

  233. ALVOUR said, on Maret 3, 2008 at 12:56 am

    ABANG BOB MINTA NOMORNYA DONK !!!!!!!!!!!!!!!!!!!PLIIIIIIIIIIIIIIZ

  234. ELLA said, on Maret 8, 2008 at 5:15 am

    MARJINAL KEREN ABIEZZZ…. W NAK MTR YG NGEFANZ BGT M MARJINAL

  235. RAKA said, on Maret 8, 2008 at 5:20 am

    W BANGGA BGT M MARJINAL CZ MARJINAL UD NGASIH SEMANGAT KPD ANK MUDA JAMANUNK SKRG TERUTAMA W N KWN2 MAJU TRS PANTANG MUNDUR W MSH DISINI BWAT MARJINAL CREATED BY;ANAK

  236. AK said, on Maret 10, 2008 at 6:05 pm

    Lam keNal r! gw Bwt aNk” mArJiNal,gw aK pEnDeNgEr mUsk sEt!a loE……………KpAn shE loE mU mAen k tAz!Ex gw tNgGu,,,,,,,,,,,gw baKaLn sMbut loE sMua tyUz qTa baNtei tCh aNk” imO yNg pD tAiiiiiiiiii sMua ky aNk” XTC(eXcAlt tO cUbBitUz)…………………………………….mGa aNk” BRIGEZ sLu sTu hAti m aNk” mArJIinAl………………………………………….loE gK uSah deNgEr pA yNg mReKa bLaNg teNtaNg cRa pEm!KrAn loE,krNa mReKa tk pRnAh tw pA aRti r! krEaTvTaz qTa…………..

  237. sarah said, on Maret 11, 2008 at 12:24 pm

    hy cemua….
    sarah blh minta kirimin lirik lagu marjinal gx???
    yang hukum…
    yang masih taring babi…
    kl ada yang mo bae hati sm sarah….
    kirim k’sarahchechant@plasa.com ya…
    please buat pecinta marjinal…
    sarah tunggu…………

  238. amee innocent said, on Maret 14, 2008 at 7:44 pm

    tobh baizz..idealis baizz..merakyat baizz..
    tolak terus kemapanan coz gw benci ma orang mapan karena kebanyakan dari orang tersebut sama sekali tidak mementingkan arti keprihatinan..yang gw alamin diSekitar gw sih gitu..

    mariLah kawan Tinju bersama..

  239. THE ARTILLERY said, on Maret 17, 2008 at 2:08 pm

    Oi oi oi
    salam damai
    oke punya lagu kalian
    sanpe kita manggung pake lagu kalian yg judulnya NEGRI

    let punk rock pokoke

  240. BEGUNDAL'Z said, on Maret 18, 2008 at 5:31 am

    indonesia butuh orang punk…
    tanpa orang punk indonesia bukan apa-apa
    orang punk adalah segalanya..
    Hidup orang punk….

  241. SLAM said, on Maret 18, 2008 at 5:36 am

    knalin smuanya name gue slam..
    gue anak trenggalek
    GUE SUKA BANGET AMA LAGUMU APALAGI YANG JUDULE “CINTA PEMBODOHAN”…
    LAGU ITU SERING GUE NYANYIIN SAAT MANGGUNG.
    KAPAN MARJINAL BIKIN ALBUM LAGI ..???
    GUE TUNGGU BOZ..
    SALAM BUAT BANG ROMY JAHAT…..

  242. punk kota malang said, on Maret 20, 2008 at 1:22 pm

    jangan cuma mengandalkan otot.
    karena tak smua orang bisa menang dengan otot.
    kita masih punya otak.
    pergunakanlah otaku dengan baik.
    fuck for aparat yang munapik.

  243. NAZIM PUNK MEDAN said, on Maret 22, 2008 at 2:45 pm

    MARJINAL !!!ANAK PUNK MEDAN MENDUKUNG KALIAN!KAMI MAU KALIAN BUAT ALBUM BARU!KAPAN NI MAEN DI MEDAN LAGI???MEDAN BERSATU!!OI….OI….

  244. pram said, on Maret 23, 2008 at 7:09 am

    marjinal,

    we love you !!

    maRi qta ganyang para anjink2 biadab ituw !!

  245. ucox tompul said, on Maret 23, 2008 at 11:50 am

    HORAS BAH…
    oi…oi…..
    salam erat jabat tangan kami dari medan
    buat MARJINAL maju terus!!!!
    gas trussss lae!

  246. adietzz said, on Maret 24, 2008 at 5:32 am

    pokok nya
    gwe mah setuju banget ma MARJINAL
    gwe juga mau bilang!!!
    mereka yang menghina MARJINAL ataw PUNK khusus nya.
    jangan penah menilai mereka dari sisi BURUK nya(MARJINAL)
    apakah anda_anda semua sudah merasa leih baek?
    gwe juga gak setuju MARJINAL sempet di bilang FUCK SUCK ANJING BANGSAT DLL.
    untuk MARJINAL khusus nya
    tetap SEMANGAT BERGERAK berantas semua bentuk
    ke tidak adilan
    salam dari gwe ADIETZ
    CIREBON PUNK SOCIETY

  247. adietzz said, on Maret 24, 2008 at 5:38 am

    minta alamat TARING BABI dong
    atawa no hp
    gwe mo cari KAOS.MAJALAH COMBRO.KASET
    dari album ANTI MILITARY.MARJINAL(marsinah).PREDATOR 1,2.
    ni no gwe
    02319150760
    please yah call me.
    muchas grachias punk rockers

  248. suara rakyat said, on Maret 27, 2008 at 5:58 pm

    “kita selalu ditandas dan dtekan,tak ada kebenaran dan kebebasan.
    kita selalu tersebelahmatakan dan trsisihkan ditengah kekuasaan.

    mari2lah qt kawan,brsatu melawan penindasan…
    mari2lah qt kwan,berjuang u/ perubhan…”

    assalamu’alaikum da slam sejahtera bwt kalian smua.
    lnl tad sdikit lgu yg menyadarkan kita.bahwa kita slama ini selalu ditindas,ditekan,dan disebelhmtakn oleh pra kaum kapitalis.
    mari kta lwn smua bntuk2 dominasi kapitalis brengsek!!!
    kita hrs bersatu,menggalang kekuatan u/ mlawan penidasn.
    krn dimana perstuan,disitulah ad kekuatan.karna punk adalah budaya perlawnan dan pemberontakan melalui landsan kbersmaan.
    okeh kwan????^_^

    slam dari kami smua.”suara rakyat n’ malank siti pank rok”.
    good bye… matur kasuwon,sekelangkong,tank yu,trim’s,maksi..
    wassalam mu’alaikum wr wb…..

  249. suara rakyat said, on Maret 27, 2008 at 6:24 pm

    “kita buakanlah sbuah musuh atau lwn,yg sllu mnygsrakan smwa org.
    kita bukanlh sebuah musuh atau lawn,krn qt slalu mgutmkan kbrsmaan..

    PUNK not ENEMY,PUNK not ENEMY.. oi,oi,oi!!!”
    hai kwn smua… kita buktikn bhwa kita bukan musuh,lwan,smph,dan bkan krminal.
    krna kita disni berdiri krna kita inginkn keadilan,kesetaraan.
    slam bwt smua kawan punk di slrh indnesia.PUNK NOT ENEMY OI,OI,OI!!!!!

  250. Kid's BHanDitzZ said, on Maret 28, 2008 at 5:09 am

    ” Kapan manggung di bekasi lgi ny….????
    w dah kangen ny ma MARJINAL,, apa lagi lagu cInTA pembOdOHan 2,, krENzZ abiz..!!!! w juga minta lirik predator dunkzZZ..??? yang menghina marjinal..??? persetan kau semuaaaaaaa….!!!!

  251. cvnavnk comunity marjinal said, on Maret 29, 2008 at 3:35 am

    marjinal

    i love u

    w cma pngn curhat,awal na cinta sneng kan…tp kLo pTuz ga kbyang skit na!!!ciiiiiiiiiiiiiinnnttttttttaaaaaaaaaa itttttuuuuuuuuuuu pemmmmmmmmmmmmmmmboooooooooooodoooooooooohaaaaaaaaaan

  252. c-v-nank comunity marjinal(aZeP) said, on Maret 29, 2008 at 3:42 am

    rumah sakit anjing,apa apan ga da duit ga bs masuk…
    gw blngin yech rmah sakit itu bwat ngbantu yg sakit,bkan ngasilin duit!!!

    ngeri Loe smua!!!

    oy marjinal gw mnta kset album apa artinya kbersamaan dunk…w k dpok g pnah da!!!

    w tnggu u marjinal d snayan!!!

    bwat ank upsters,u kan gaul…w tnya pa cih artinya gaul???
    yg w tw u u nak upsters pd d gaulin sblum kwin…

    ngentot Loe upsters!!!!!

    marjinal di dadaQu
    marjinal smngat hdupqu

  253. OI OI said, on April 11, 2008 at 5:14 pm

    ANGGUR SAJALAH AMBIL NIKMATNYA

  254. OI OI said, on April 11, 2008 at 5:19 pm

    percaya aja ma keyakinan lu pada seorang punk….g usah di perdebatkan,perbedaan bukan lah perang….

    salam oioioi

  255. Arief said, on April 12, 2008 at 5:43 am

    WAy MarjiNal Tlg Donk Beri Kami Foto Group mu

    Dgan Foto2 Yg Jelas

    KApn band u mau main d Surabaya

  256. Amri said, on April 15, 2008 at 1:42 am

    I Love Marjinal
    W suka karna Lagu’y Maknyos
    ^_^

  257. Amri said, on April 15, 2008 at 1:44 am

    Dan Kapan u mo maen di Bogor Maen y di bogor

  258. Alan said, on April 16, 2008 at 7:03 am

    Gw alan,,,

    Hei lw smua yg hina MARJINAL KLIAN SMUA BANGSAT KEPARAT,,,,,

    hei lw cb dengerin lgux Superman IS dead,,,,

    Penuh tato jg percing nyanyikan lagu cenggeng,,,,

    hei brow sebuah karya tu hars lw hargai,,,

    lw menghina karya org laen blm tentu lw bs bkin krya kyak mereka,,,,,

    g smua punk tu brengsek,,,
    g smua punk tu keparat,,,
    g smua punk tu anarkis,,,
    g smua punk tu bangsat,,,
    g smua punk tu g bermoral,,,
    g smua punk tu kotor,,,

    emg gw akuin klo gw punk anarkis tp gw jg punya rasa kemanusian,,,

    smua tmen gw blng klo gw bangsat,keparat,tai,apalah kt mereka terserah,,,

    pokokx g nyaman lakuin smua tu g lakuin,,,

    terserah orng laen mo ngomong pa,,,

    jd sblum lw smua ngejek karya orang ngaca dlu brow,,,

    lo emo lw smua cm bs ikut2an ja,,,

    PUNK NOT DEAD,,,

    bt marjinal gw tggu d malang,,,

    klo ke malang kbrin gw,,,

    d anti_kentes@yahoo.co.id,,,

    gw tggu album bru dr MARJINAL,,,

    ngehek’z,,,

  259. BangsatMalam said, on April 16, 2008 at 1:34 pm

    taek lu smua…ngentot sok tau…sok ngerti…penjilat lu pade tuh yang begini begitu…punks macam apa lu smua..ketaker dari bahasa2 penjilat kalian….punk bukan milik marjina…bukan milik bunga hitam ato siapa2pun…itu milik lu2 sendiri…gag ada yang lebih berhak untuk ngejelasin ke publik taek anjing kalo inilah punk….dan gag ada yang berkewajiban untuk itu juga….jalani aja hidup lu smua kalo emang itu yang yang lu pilih….DIY gag butuh tipi….gag butuh propaganta taik babi….lebih gag butuh lagi penjilat2 macam lu smua yang komennya katro en menjijikan…malu oi sama boot….

    tambah satu lagi…..punk gag butuh pahlawan….taek smua yang belagak pahlawan di sini….gag butuh basa basi penjelasan kalian….kalian semua taeeeeek…….

    dan untuk haska…yanuar soleh…alaaaaah ketaker lu pade…

    kr…udeeeeeh biarin aja anjing pada ngonggong…..skali disalak….pada rabies ntar….

    ini masalah taek babi anjing sapi kucing dan kawan2….ngapain jadi begini…..muke2 lu smua taeeeek

  260. destrOi! sindikat black hammers said, on April 19, 2008 at 6:30 am

    ya mngkin marjinal punya alasan sendiri buat masuk TV.. dah yang penting bagaimana cara kita bersatu untuk mencari solusi bagaiman cara kita bertahan dlm menghadapi keadaan sosial yang smakin ngehe ini,,,,janngan ada lg permusuhan antar kawan
    ingat kita disini untuk saling menjaga bukan saling menyakiti,,,klo ni ttp terjadi yang terakir tersenyum adalh musuh kita yaitu kapitalisme,,,
    KENALI SIAPA MUSUH KITA SESUNGGUHNYA
    SALAM PEMBEBASAN,,,,

  261. zakky bin darman said, on April 19, 2008 at 8:07 am

    cinta.. adalah pembodohan….

    makanya jangan suka bercinta…

    thank marjinal;…

  262. zakky bin darman said, on April 19, 2008 at 8:14 am

    mas kapan marjinal datang ke trenggalek, jawa timur…..
    kita slalu menunggu kalian.

    salam pembebasan

    dari gue
    ZAKKY BIN DARMAN
    “KALENX BEKAZ” TRENGGALEK

  263. remoz oi....oi....oi said, on April 26, 2008 at 1:03 pm

    terserah lo semua mo mask tipi kek, msk kuburan, atau mo msk ke mn lah terserah. Yg penting lirik2 dlm lagu lo bener2 mencerminkan marjinal sejati pa nggk? kl iya gw tetep dukung lo semua, kl kagak amsiong lo semua dan gwe cap lo semua pelacur dari komunitas . Maju terus punk Indonesia……oi….oi….oi!!!!

  264. vancul kropost said, on Mei 2, 2008 at 8:51 am

    oi……………………………..
    bang Q nang punk rock

  265. muammar kadafi said, on Mei 3, 2008 at 4:02 am

    hai……… mike knal ga ma mas ari teknisi hand phone ? dia temen ku looooo
    kpn ni mau ke bali di denpasar ……..rencana aku mo ke jakarta bertemu kalian aku ngefans banget ma kalian…………..tungguin kedatanganku disana !!!!!!
    lagu kalian keren2 banget aku bawain lagu kalian pada saat manggung di acara kecil2lan ……NEGRI-NEGRI..

  266. doyox said, on Mei 6, 2008 at 11:26 am

    apa yang terjadi dengan para pemuda kita sekarang ini adalah salah satu keberhasilan retorika nekolim. bukan saatnya kalian saling beradu argumen, selamatkan generasi kita sebelum telambat. berfikir dan melawan dengan cara kalian masing2 bukan saling mencela…… perlawanan yang dibutuhkan kaum muda adalah melakukanya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  267. SOTSET said, on Mei 7, 2008 at 1:43 pm

    belajar dari kearifan,sesungguhnya banyak penggalan hikmah yang bertaburan.. mari belajar sama2,dan berkarya sama2!!! SEMUA ORANG ITU GURU, ALAM RAYA SEKOLAHKU..

  268. SOTSET said, on Mei 7, 2008 at 1:48 pm

    tak ada lawan kita semua sama,tersenyumlah kawan kita kan bercinta..??!!!???!!??!!??!!??!!??

  269. udin said, on Mei 9, 2008 at 7:59 am

    I LOVE U BEEIBE

  270. ieznanda oi! said, on Mei 13, 2008 at 5:59 am

    oi…….!!!!!!!!!!! kpn mawn dsurabaya aq tunggu cz surabaya lg haus acara prlawanan trhdp pnindasan aq dari (street sound)surabaya anti pnindas

  271. no name said, on Mei 14, 2008 at 2:48 am

    terserah mo ngomong ap, mo masuk TV, mo masuk neraka, ora urus seng penting aku bs hidup dgn damai, tenang dengan sebotol….,sebungkus….. yg slalu menemaniku

  272. oki said, on Mei 16, 2008 at 8:05 am

    mike di cariin ambe tuh

  273. Rockavodka said, on Mei 31, 2008 at 5:20 am

    anjing lw semua yang anggap punk itu sampah, lw semua yang sampah yang cinta akan keseragaman.
    anjing lw boy band and para pengkhianat punk yang lebih memilih ketenaran dengan menjual ideologi kalian.
    hidup punk.. punk rock never die.

  274. sony punk rock marjinal!!! said, on Juni 1, 2008 at 4:54 am

    saya sebagai saah satu anak band punk sangat mendukung dengan marjinal..hidup kebebasan!!!!!!

  275. ENGKIK SAPUTRO said, on Juni 1, 2008 at 9:04 am

    w kagum dengan lirik2 yang buat oleh marjinal,terus terang kebanyakan lirik sesuai dg kenyataan!!!elo2 pada yg g sk dg marjinal JANDUL bgd!!!!! marjinal terus berjuang…..!!!

  276. "DOGLOST" (bmy) said, on Juni 4, 2008 at 2:34 am

    oi……..oi………!!!! lam knl tux punker’s se_indonesia…smg tekad Xan tetep terjaga!!!

  277. iwiX francohita said, on Juni 4, 2008 at 7:38 am

    hidup…punkk..!!!
    PUNK NOT DEAD

    Thank’s
    MARJINAL YOU IS MY INSPIRATION

  278. rommy suprayogo said, on Juni 13, 2008 at 1:36 pm

    assalam???
    oi…oi….
    gua mendunkung apapun arti dalam lirik musik lu marjinal,,karena gu jg pengen bebas dari negara yg kayak gini…semakin sumpek,,PUNK bicara tentang KEBERSAMAAN,PUNK bicara tentang kEBEBASAN…tanpa NoRMA yg mENJeraT di leher kita….thank’s dah dikasih buat argument-nye..(marjinal-romy{sama ama nama gua,maaf}) maju terus….PUNK to a FReEdooM….

  279. rommy suprayogo said, on Juni 13, 2008 at 1:49 pm

    byk anak punk yg tiruan,cuma bisa niru2 yg model punk tapi kaga bisa pny JIWA punk,,ga pny kebebasan n kebesamaan kyk anak punk,,,BRANTAS kaum PUNK PALSU(cuma niru2 model n merusak kaum PUNk)

  280. rommy suprayogo said, on Juni 13, 2008 at 1:53 pm

    inilah cerita negara dunia ke-3,susah senang byk susahnya..
    kapan indonesia dapet ADIL,
    ADIL
    ADIL,,,
    kemana hati nurani orang yg pny pendudukan,,cuma DUIT,DUIT,DUIT………..& karena DUIT pada RAkUS,,
    inget LU DUIT kaga bisa buat BAYAR di AKHErAT,
    sadar…KAUM aTAs,,awas jatoh(mampus,fuck you)

    hank’s taring babi,,kapan kekota pati???kita JAGOgNAN rame2 dialun2..

  281. rommy suprayogo said, on Juni 13, 2008 at 1:56 pm

    oi…oi..

    PUNK….

    hidup punk
    JIWA PUNK(kebersamaan&kebebasan)

    thank’s n wassalam…

  282. mentix's_oi said, on Juni 19, 2008 at 11:04 am

    LIVE HARD…
    DIE HARD…
    REST IN PEACE BROTHER…
    WE’RE GONNA MISS U

    DO IT YOURSELF

    OI… OI… !!!

  283. PoNtoL said, on Juni 23, 2008 at 2:10 pm

    oi oi ,………………….ngentood lo babi punk apaan lo hina”
    kawan sendiri bangsat penghianat…………………
    klo lo brani sni dah ma gw…………..cibubur only………..
    (100% dukung marjinal………lawan penindasan……………………….di INDONESIA)

  284. PoNtoL said, on Juni 23, 2008 at 2:17 pm

    indonesia negri berdara……….berbagai macam peristiwa……….banyak rakyat yg di tembaki serta ganasnya demokrasi……ambon aceh dan timor leste serta tragedi yg lain nya sudah banyak sodara kita yg jadi korban demi harta………tragedi semanggi tragedi trisakti tragedi 27 july……pristiwa ambon pristiwa tanjung priok pristiwa malary banyuwangi…..sampai kapan ini terjadi di jajah bangsa sendiri mari kita rapatkan bariskan tuk melawan penindasan………..tentara keparat aparat bangsat militer…anjink tai kucing…..tentara keparat aparat bangsat militer….anjink tai kucing…………………..

  285. DoE said, on Juni 29, 2008 at 9:29 am

    HOiii MARJINAL Gw ni dr KEDIRI Brow…,gw tu udh pny lagu mu..gw bw komentar/…….eh albumny tlg di kbnykin duONK!!!.OK GW guitarisz band kediri C.RAK.Drumere Kinu BOs

  286. latif said, on Juli 14, 2008 at 3:29 pm

    slm knl wt marjinal, w pgn py tmn punk jkt, mkn mrjnl ja yg w tau, oa marjinal bs krm kst tw bj ga ke sini? ne almt nya, lam ateuk, kuta baro, aceh besar, tas nm latif, kde pos 23372, nti duit nya w trnsfer, ksh almt nya ma no hp,
    ne no w 085260114052

  287. YOyOFOD said, on Juli 19, 2008 at 2:30 am

    Masalah publikasi atau propaganda di media sah-sah ajah gak usah dilihat dari kulit tapi hati,.. elo pade mau kata FUCK,.. ngentot atau tai buat Marjinal tapi hati kecil gue tetep salut dan bangga akan keberanian mereka dimusik baik lirik atau arransemennya.

    Di Marjinal ini pernah terlintas gambaran cita-cita gue dulu bersama teman-teman ditahun 90an ketika bermusik bersama band FOD (fuckordie) sampai 10 tahun tapi maaf ,…..tekanan hidup dan keinginan orang yang gue cintai disekeliling gue merubah niatan itu ..

    Semoga tetap abadi impian dan harapan mulia buat anak-anak Marjinal,… OI OI OI

  288. st derry said, on Juli 24, 2008 at 9:57 am

    marjinal top bngt..
    bwt yg ga suka mati aj lo semua..
    itu c cma sirik aj …
    sukses bwt marjinal

  289. green_former said, on Juli 25, 2008 at 10:07 pm

    masuk tifi bukan berarti komersill..
    yang pada bilang tu cuma bacot…

    apa c perjuangannya marjinal???
    itu yang harus dipahami..
    itu bukan komersil..itu perjuangan..

    komersil tu artis artis sinetron tu..
    tai..
    bisanya kawin cerai, ngemut kontol, busuk…

    hidup marjinal

  290. godjien_slankers said, on Agustus 1, 2008 at 12:11 pm

    salam dua jari bwt anak2 punk street se-indonesia….
    piss….!!!

  291. genteng send bullet said, on Agustus 6, 2008 at 6:47 am

    mana IDEALISMU………….
    fuckin U’re IDEALIST

  292. trafficlight malang said, on Agustus 10, 2008 at 1:31 am

    halah… gak usah kakean cocot, jangan mempertanyakan eksistensi orang lain, tapi renungkan eksistensi mu sampai mana? tunjukkan!!!
    percuma pada ngumpat d sini, klo yg lagi musuhan, sekalian aja bakar2an pake molotop… kayaknya keren tuh, ntar klo udah pada saling membunuh, lha…. kalian jadi komersil juga, jadi tai juga… kn masuk koran, tipi lokal, tipi interlokal, tipi SLJJ dll, malah ntar ada tuh kaset CDnya, wui….. tewur…

    “ojo DUMEH je…. persaudaraan (saduluran) yg membuat kita mampu bertahan dan kuat”

    buat marjinal, mbois pak… jadi pingin mampir2 k sapi betina

  293. TroubLe said, on Agustus 13, 2008 at 5:05 am

    OI. . . . . . . . OI… . . . .. .

    GWE suka lagu n lirik-lirik e!!
    Nyata sangad!!!
    gag da yang salaa

    sukses buat kalean!!!

    PUNK NOT DIE!!!!!
    Fuck pemerintah…. BANKSADH!!!!

  294. TroubLe said, on Agustus 13, 2008 at 5:07 am

    SEKALEEEEEEEEEEEEEEEEE LAGEEEEEEEEEEE

    PEMERINTAH BANKSADH!!!!!

    d(^_^)b

  295. blind_812 said, on Agustus 19, 2008 at 8:04 am

    begini ya… sbg pengamat sosialis PUNK,.. gw menyarankan agar tidak memandang sebelah mata pada komunitas Marjinal, coba kita tilik kembali dari pandangan mereka.. sistem di Indonesia udah beda ma yg dulu.. skarang kita bebas ..menyuarakan apapun.. pada .. media apapun.. bukan kita ngga percaya pada media sendiri, toh kalo kita kita bisa “menyusupi” media komersil.. why not… kita kan bisa meneriakan apapun disana skarang !!! agar smua rakyat Indonesia tahu… bahwa PUNK slalu ada… Punk Not Dead… biar mereka tahu bahwa masih ada orang-2 yang tertindas oleh beberapa sistem…. thanks

  296. NO NAME said, on Agustus 26, 2008 at 1:09 am

    kenapa kita terpecah belah dengan paradigma maupun tindakan dan k egoisan pikiran dan landasan kita.bersau kawan bangun semangat baru masih banyak dan berharga kata2 kita untuk melakukan perlawanan terhadap negri ini yang terkacau balau dengan sikap2 otoriter petinggi2 negri dan pasar bebas serta globalisasi yang kita tidak menyangka bahwa kita dapat terbunuh perlahan2.

    jangan ssekali2 beranggapan diri kita benar dan sangar karena tuch adalah kata2 pecundang yang berorientasi, ideologi dan berargumentasi lalu pergf tanpa suatu bukti nyata. persetan dengan kebenaran . kepalkan tangan mu songsong dimensi indonesia baru

  297. Pungky_PUNKER_Jogja said, on September 2, 2008 at 3:30 am

    Jangan jadi pecundanng dalam menghadapi hidup,jadilah orang yang mempunyai prinsip……….!!!!!!!!!!!!!!
    O y bagi Anjing-Anjing yang suka menghina, NGACA dulu Donkzzzz…..!!!!!! Khususnya yg menghina MARJINAL……,mereka bicara d’TV tentang PUNK dan bicara tentang penindasan bukan bicara tentang ketenaran…….,ngerti gak NJING???????????????

  298. Pungky_PUNKER_Jogja said, on September 2, 2008 at 3:45 am

    MARJINAL jangan pernah menyerah………..!!!!!!!!
    Lanjutkan perjuangan mu,aq mendukung mu’…………………
    Hidup MARJINAL…………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

    Pemerintah ANJING,BANGSAD,BAJINGAN………,
    MATI AJ LO PARA KORUPTOR,and PARA PEMERINTAHAN yg MEMPERKOSA HAK-HAK RAKYAT,JUGA MILITER ANJING KALIYAN SMUA YANG MEMBUNUH BABGSA SENDIRI……………………,kaliyan hanya berlindung dibawah kepemerintahan!!!!!!!!!! Jangan jadikan tugas sbg ALASAN NJING…………..’,

  299. Cakung Is Dead said, on September 2, 2008 at 10:05 am

    Gw Punk Cakung ngefans bat ma MARJINAL……

    Kapan lo manggung di CAKUNG blzzzzzzzzzzzzzz

  300. bowo said, on September 9, 2008 at 10:25 am

    kapan marjinal main d semarang…….
    anak2 semarang menanti kedatangan MARJINAL….
    _cinta pembodohan
    _negeri kita
    _M.A.T.O
    _BOIKOT
    _DLL

    semarang menunggu MARJINAL

  301. Ky_PUNKER said, on September 11, 2008 at 9:02 am

    eh buat loe ANJING….!!!! Prakoso imo/komunitas killing inside blok M….,BAJINGAN,ANJING,KONTOL,BABI,MONYET loe smua……..,pengecut loe pade!!!!!!
    Beraninya cuma lewat e-mail klo berani langsung nantangin ketempat MARJINAL NJING…!!!!

  302. bags_murder said, on Oktober 13, 2008 at 8:22 pm

    hahahahaa…

    ayo kita dewasakan pikiran kita..

    ojo rame ae jancox..

    kalo koment jangan sambil mabox..

    jadinya gini..

    marjinal tetep termarjinalkan..

  303. sonic_pct said, on Oktober 17, 2008 at 11:27 am

    kontol marjinal
    punk tu budaya apa.
    jorok

    kumuh

    bunuh aja mereka

    ngotori dunia aja.

    hidup r n b hip hop bling2.

    tiru donk mereka

    udah bersih
    da cewek cantik
    hidup mewah.

    hidup cuman sekali
    kok di abisin di jalan

    so what gitu loh

  304. Riszkisick said, on Oktober 22, 2008 at 5:09 am

    marjinal itu punk yang bisa membangun kampung sampek jadi punk semua…..

    yang ndak suka marjinal berarti lho punk yang tolol…..

  305. the rockerz project said, on November 3, 2008 at 8:13 am

    MARJINAL = guru yg mengajarkan PUNK
    MARJINAL = bukan perusahaan yg orientasinya uang
    MARJINAL = bukan formalitas yg penuh kekosongan
    MARJINAL = semangat u/ hidup ini
    MARJINAL = pembela kaum marjinal
    MARJINAL = mencerdaskan PUNKERS yg bodoh
    MARJINAL = satu2nya & ga ada duanya!!
    MARJINAL = IS THE BEST PUNK IN INDONESIA

  306. BAYU BIANG KEROK said, on November 4, 2008 at 2:38 am

    WOUW… BAGUS TUH MARJINAL.. JARANG2 AD BAND YANG MAU MEMBAHAS MASALAH SOSIAL, EMANG BENER SEHARUSNYA LAGU ITU HARUS PUNYA MAKNA DAN SYARAT YANG DIDALAM HARUNG BANYAK MENGANDUNG UNSUR SOSIAL, BUKAN CUMA CINTA DAN MATERI SEMATA…
    DI JAMBI KAMI SELALU MEMBAWAKAN LAGU2 KALIAN AGAR SEMUA ORANG TAU BAHWA PUNK ITU ADA
    BUAT MARJINAL MARI KITA MAJU BERGERAK BERSAMA..TUNJUKAN KEBERSAMAANMU DAN TIGKATKAN KREATIVITASMU…
    SLAM DARI ANANK2 BIANG KEROK JAMBI

  307. the rockerz project said, on November 10, 2008 at 6:01 am

    wah.. wah.. gw setuju bgt tuh ma coment dr bayu biang kerok!!!!!

  308. Dana street said, on November 15, 2008 at 4:21 am

    oi,,,oi,,,oi,,,

    ini cerita tentang kawan sejalan yng membelok menjadi penghianat(marjianal),,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    punk paan tuh koq msuk TV klw mw terkenal gx usak jd punk indie,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  309. Dana street said, on November 15, 2008 at 4:27 am

    fuck,,,fuck,,,fuck,,, MARJINAL,,,,,,,,,,,,,,

    pecundang lw kawan,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    lucu gw punk koq msuk TV,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    hayah,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  310. AIK ROTTEN said, on November 15, 2008 at 12:40 pm

    sebenarnya gw nggak mempermasalahkan tentang kemunculan marjinal di media televisi, idialisme mereka berbeda dengan idealisme loe, klo mereka g mnghina lo trus ngapain lo mnghina mreka, mreka g ganggu loe ngapain loe gangguin mreka.

    pengusung musik punk gel. 1 aja masuk di label besar g ada yang mempermasalahkan. punk memang mempunyai semacam hukum tak tertulis yang melarang segala bentuk karya maupun idealismenya untuk kemudian menjadi bahan kekomersilan pihak yang bersangkutan, karna itu banyak band punk mengambil aliran kiri.

    mungkin yang dilakuin marjinal antara benar dan salah, benar karna menyuarakan suara suara kaum punk yang slama ini masih dianggap sampah ( kami mungkin g berarti tp kami punya harga diri ) dan salah karna masuk media yang udah punya nama besar, g salah jika banyak anak punk mengkritik kalian, tp gw peduli itu, itu urusan kalian (marjinal), jika itu g bertentangan dengan idealisme kalian jalanin aja.

    fuck off band2 melodic punk semuanya ( punk kok melodic )
    fuck off emo kalian emang serumpun dengan punk tp jangan bikin istilah punk emo…….brengsek

  311. J'Aligator said, on November 24, 2008 at 1:20 am

    marjinal is the best….
    yang menghina marjinal……
    {GO TO HELL WITH YOU AID}

  312. tai said, on Maret 12, 2009 at 1:27 am

    intinya orang mulai menghina marjinal setelah sianjing EKO KR (vokalis bunga hitam) mulai mempermasalahkan ketika marjinal masuk TV,lalu ketika wawancara di SHAM, NGENTOT LU KO….. MEMEk bini lu BAu tau ga” lu…..

  313. pler said, on Maret 12, 2009 at 1:32 am

    jakarta punk is dead…. ini terlihat ketika JAKBER 3, masa dimeruya juga ada acara, katanya bersatu…?,bersatu !!!!pler

  314. b0tak cha0s said, on Maret 13, 2009 at 6:12 am

    mohon maaf untuk semua pihak baik para street punk,,drunk punk,,punk idealis,,punk rock star. .

    ayolah kita galang KEBERSAMAAN DAN KESATUAN komunitas ini,,untuk kalian para punk idealis marilah kita semua berpikir jernih,,runding kan dr semua pihak agar tidak ada lg yg perlu kita gelisahkan.

    sekedar inormasi yg ingin tahu apakah D.I.Y itu :
    1. D.I.Y menolak Sponsorship
    2. D.I.Y menolak major label
    3. D.I.Y menolak mainstream media

    ayo kita pertahankan D.I.Y kita
    klo bukan D.I.Y apa lagi yg bisa kita banggakan????????
    Equality??? kemana equlity???
    Equality kita sudah hilang ditelan ke-ego-isan masing2 individu.

    Untuk yg cuma bisa denger lagu2 doank,,mohon jgn mengomentari dengan kata2 kasar. .!!

    COME ON PUNK…!!!
    WE BELEIVE WE CAN…!!

    b0tak cha0s cengkreng street punk crew.

  315. rottenanarchist said, on Juli 13, 2009 at 8:43 am

    hmmm…. kayaknya semua harus melihat punk sebagi sebuah filosofi bukan sekedar aliran musik…. saya 10 tahun lebih mencoba memahami punk dari a-z tapi saya pada akhirnya tidak lagi memandang itu sebagai aliran musik atau style semata… saya tidak lagi ber-dress up tipikal punk…. tetapi insya allah hati dan jiwa saya tetap hardcore….. satu pertanyaan penting bagi kita semua untuk direnungkan, masyarakat awan di indonesia masih belum bisa memahami punk… apakah kita harus menunggu mereka utk mengerti siapa kita, atau kita yg harus menjemput bola dengan meleburkan diri kedalam masyarakat tanpa harus meng-alienasi-kan diri? apa yg dilakukan teman2 marjinal hanya satu upaya kecil… saya ingat salah satu kalimat sebuah makan tua di inggris yg dinisannya bertuliskan : (klo gak salah) untuk merubah dunia harus dimulai dari diri kita sendiri, lalu orang2 terdekat …. gak peduli kamu kanan atau kiri… atas atau bawah… not left nor right but step forward… gak peduli kamu poseur atau real punk.. asal kamu bertindak nyata itu cukup… gak peduli kamu didalam atau diluar mainstream asal kita bersatu teguh sebagai sosok yg merdeka….. kamu.. saya… kita harus yakin bahwa “i’m a better person because of punk”… (azwar shockbreaker96 a.k.a rottenanarchist)

  316. pabrick noise people said, on September 24, 2009 at 2:33 am

    set dahh rame bner..btw masuk tipi aj ko’ jd masalah..??sampe kapan ne komunitas kya gini..maju terus marjinal..yuhhhhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuwwww….

    [ komunitas ohh komunitas...bgtu mudah nya terpecah belah..klo terbelah terus jd keliatan kya PANTAT..hahahaha..ga' bisa nempel..]

  317. syafiq said, on November 15, 2009 at 6:36 am

    aparat keparat aparat bangsat , maju truz marjinal

  318. online said, on Januari 4, 2010 at 10:53 pm

    awal yang baik

  319. dj.alang said, on Oktober 25, 2010 at 4:38 pm

    semua gk ubahnya spt para predator yg siap memangsa sesama
    komunitasQ. . .komunitasQ. . ,sangat menyedihkan

  320. Aimee said, on Oktober 16, 2012 at 3:21 am

    Howdy! I understand this is somewhat off-topic
    however I had to ask. Does managing a well-established
    blog such as yours require a large amount of work? I am brand new to blogging but I do write in my journal on a daily basis.
    I’d like to start a blog so I will be able to share my experience and thoughts online. Please let me know if you have any recommendations or tips for brand new aspiring bloggers. Thankyou!

  321. xxxx said, on November 26, 2012 at 11:40 pm

    marjinal is the best

  322. Jagaddhita said, on Desember 5, 2012 at 8:29 pm

    nice :D kalau ini –> http://prasgal.wordpress.com/2012/05/13/konsep-ke-aku-an-membuat-bangsa-ini-hancur/ ‘ngeriung’ breng sm Mike Marjinal soal egosentris orang2 nusantara. mampir yah :)

  323. Geschenke said, on Maret 31, 2013 at 8:39 pm

    Auf unserem Geschenke und Geschenkideen Blog präsentieren wir
    schöne Dinge und auch Wohnkamine. Wir ziehen umher und sehen kontinuierlich mal was uns gefällt und das präsentieren wir hier.
    Freilich können Sie viele Produkte auch sogleich kaufen, aber ausschließlich via
    amazon, damit der Einkauf sicher ist natürlich!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: